Semakin Mudah, Deteksi Kanker Payudara Melalui Aplikasi Smartphone

0

Seruni.id – Salah satu penyakit ganas yang banyak diderita oleh perempuan adalah kanker payudara. Oleh karena itu, sebagai perempuan, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk upaya pencegahan.

Alhamdulillah, deteksi dini kanker payudara kini semakin mudah dengan hadirnya aplikasi di smartphone. Di Indonesia, ada dua aplikasi di smartphone untuk memeriksakan kesehatan payudara, yakni Lovepink Breasties dan Pita Pink.

Nah ladies, kita dapat memanfaatkan kedua aplikasi tersebut untuk melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Aplikasi periksa payudara ini dapat menjadi sahabat terbaik kita untuk mencegah dan memeriksa sedini mungkin kemungkinan adanya kanker payudara dalam tubuh kita.

  1. Lovepink Breasties

Loveping Breasties adalah aplikasi yang dibuat oleh komunitas Lovepink Indonesia. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simple dan serba pink dengan iringan musik yang menghibur.

Avatar payudara yang dapat kamu modifikasi sesuai dengan fotomu, akan mengajak dan memandu kita melakukan langkah-langkah pemeriksaan payudara. Terdapat pula sejumlah info dan artikel tentang kanker payudara. Info dan artikel tersebut dapat memperluas wawasan kita soal penyakit mematikan bagi kaum hawa ini.

2. Pita Pink

Pita Pink adalah aplikasi yang dipersembahkan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). Dalam Pita Pink ada tiga menu utama yang ditawarkan, yakni tes diri, tes klinik, dan mammogram.

Pada menu tes diri, kita akan dipandu memeriksa payudara dan mengenali gejala-gejala kanker payudara. Untuk lakukan tes klinik dan mammogram, kita difasilitasi untuk membuat jadwal periksa di klinik rekomendasi terdekat dengan posisi kita. Terdapat pula informasi kanker payudara, seperti gejala, faktor pemicu, dan mitos ataupun fakta yang terkait dengan kanker payudara.

Ingat ya ladies, kanker payudara dapat dicegah dengan melakukan deteksi sedini mungkin. Mulailah lakukan SADARI dan peduli dengan kesehatan payudara kita sendiri dengan bantuan dua aplikasi tersebut.

 

-Arumadewi-

Sumber: Fimela

LEAVE A REPLY