Inilah 21 Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

0
377
gambar via: Reps Indonesia

Menjaga kesehatan adalah suatu hal yang penting. Cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memperkuat sistem imun yang ada di dalam tubuh. Memperkuat sistem imun bisa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

1. Air

Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga bila kita kekurangan cairan maka tubuh dapat mudah terkena penyakit. Dengan banyak minum air, dapat membantu tubuh untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Kekurangan air sampai dehidrasi dapat juga mengakibatkan kelelahan, sakit kepala, migrain, serta cepat stres.

Saat anda memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda pasti akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai bakteri serta virus. Jadi ketika anda beraktifitas keluar ruangan janganlah lupa selalu untuk membawa air putih dalam botol, sehingga saat anda merasa haus anda bisasegera minum air.

Jadikan kebiasaan membawa air putih ini menjadi keharusan untuk andalakukan, ketika sedang di rumah juga selalu sediakan air putih di dekat meja belajar maupun meja kerja anda sehingga kebutuhan cairan tubuh dapat selalu terjaga. Umumnya kita kan merasa malas mengambil minum saat kita sedang fokus, untuk itu persiapkan minum di dekat meja belajar atau kerja jadi jalan keluar yang terbaik.

2. Lemon

Mengapa lemon? Banyak manfaat yang dapat anda peroleh dari lemon ini, salah satunya karena lemon banyak mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh melawan beragam jenis bakteri berbahaya serta virus.

Dengan mengkosumsi lemon maka ketahanan tubuh akan bertambah dengan cepat serta mempercepat pengobatan bila anda sakit. Untuk anda yang memiliki asam lambung, anda bisa mengkonsumsi lemon dengan dicampur air hangat. Selain vitamin C, manfaat lain dari lemon yaitu sebagai detoksifikasi alami.

Jus lemon bisa meningkatkan tingkat buang air kecil dalam tubuh hingga secara tidak langsung bisa membantu membersihkan sebagian toksin dalam tubuh lewat urin. Membiasakan minum air hangat serta lemon pada pagi hari juga dapt membantu proses pencernaan.

3. Bawang Putih

Memakan bawang putih ini ampuh untuk mengusir flu dengan cepat. Bawang putih ternyata memiliki kandungan sejumlah anti-oksidan yang bermanfaat dalam sistem kekebalan tubuh yang dengan cepat membunuh virus penyebab flu.

Bawang putih juga memiliki kandungan allicin, yang bertindak sebagai antivirus serta anti bakteri. Bawang putih ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit. Kalaupun anda tak dapat menelan mentah-mentah, anda bisa mencampurkannya saat membuat mie instan atau di sup. Sesudah anda makan tentu tanda-tanda flu atau demam akan bekurang.

4. Cokelat

Hampir semua orang suka cokelat. Selain bisa menenangkan pikiran, ternyata cokelat merupakan salah satu makanan penambah kekebalan tubuh karena cokelat adalah anti-oksidan konsentrat. Cokelat ini akan menjadi sehat asalkan tetap menjaga kandungan gulanya dalam skala minimum, seperti cokelat pahit serta bubuk cokelat bisa bekerja untuk meningkatkan imunitas.

Riset menunjukkan kalau mengkonsumsi coklat bisa mengurangi resiko sakit jantung, membantu menjaga tingkat kolesterol, serta memperbaiki pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes. Penyajian paling sederhana bisa dengan secangkir cokelat, dengan susu rendah lemak serta gula kandungan rendah. Ketika anda mulai merasa tak enak badan atau merasa lelah segeralah mengkonsumsi cokelat hangat agar anda terasa segar kembali.

5. Bayam

Bayam juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Bayam mengandung folat yang tinggi yang bisa mencegah rusaknya DNA serta pembuluh darah sehingga kekebalan tubuh akan terjaga. Bayam dikenal juga sebagai makanan super karena kaya nutrisi. Karena bayam memiliki kandungan folat yang membantu tubuh anda menghasilkan sel baru.

Bayam juga memiliki kandungan serat, antiokidan, vitamin C, serta banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak di dapat ketika bayam dikonsumsi mentah atau dimasak sebentar karena memasak bayam yang sangat matang akan membuat anda kehilangan beragam macam manfaatnya.

6. Brokoli

Brokoli yang berwarna hijau segar akan membuat tubuh anda segar juga. Brokoli ini memiliki kandungan zat yang bisa meningkatkan kekebalan dasar tubuh. Sebuah riset menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Ditambah lagi nutrisi yang ada di dalamnya akan melindungi tubuh anda dari rusaknya sel. Vitamin A, vitamin C, serta glutathione juga banyak ada di dalam brokoli.

7. Semangka

Buah yang dagingnya berwarna merah, serta memiliki kandungan banyak air juga mempunyai kandunngan anti-oksidan serta glutathione yang tinggi. Glutathione bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa memerangi infeksi. Buah semangka berguna juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah semangka memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Walau kandungannya tak sebanyak vitamin C di dalam buah jeruk, tetapi vitamin C dalam buah semangka cukup untuk memenuhi keperluan vitamin C dalam tubuh manusia, selain itu juga untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah semangka memiliki kandungan anti-oksidan dengan jumlah yang sangat tinggi yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Anti-oksidan yang dikandung oleh buah semangka yaitu karotenoid.

8. Ikan

Ikan bukanlah hal yang asing lagi untuk kita. Apalagi negara kita terdapat banyak sekali perairan seperti laut serta danau. Ikan yang anda konsumsi seperti salmon, tuna serta mackerel memiliki kandungan Omega-3 asam lemak, kandungan ini berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu menjaga kebugaran.

Karenanya dianjurkan untuk makan ikan seperti salmon setidaknya dua kali seminggu, selain untuk melindungi ketahanan tubuh, kandungan penting yang ada di dalam ikan berperan untuk memberi perlindungan pada kerusakan yang dikarenakan infeksi.

9. Jahe

Jahe telah sejak jaman dulu digunakan sebagai obat tradisional yang bisa menghangatkan tubuh,selain itu jahe juga sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh kita dan menetralisir toksin yang ada pada tubuh. Pada umumnya jahe berperan sebagai alat pembersih dalam tubuh, seperti penyebab produksi lendir untuk membersihkan saluran paru serta pernapasan. Ketika lelah, makanlah jahe dengan diseduh menggunakan air hangat maka tubuh anda akan hangat serta terlepas dari lelah.

10. Madu

Madu memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang manis juga seringkali dicampurkan ke dalam makanan atau minuman sebagai pemanis. Manfaat madu selain sebagai antibiotik juga berfungsi sebagai antiseptik. Madu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu kandungan yang ada di dalam madu yang sangat beragam, Madu dapat juga mengatasi alergi, asma, serta sangat baik untuk melindungi kesehatan kulit.

Mengkonsumsi madu setiap hari bisa melindungi serta meningkatkan ketahanan tubuh anda agar tak mudah terkena penyakit. Bila anda sehat maka aktifitas juga akan menyenangkan.

11. Jamur

Jenis jamur yang banyak kita temui di pasar yaitu jamur tiram. Jamur tiram memiliki warna yang putih bersih serta dapat langsung dimasak. Saat ini telah banyak yang tahu bila jamur mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Jamur adalah sumber makanan yang kaya vitamin D.

Studi baru menunjukkan kalau penambahan jumlah vitamin D dalam tubuh bisa membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kanker prostat. Kalium dalam jamur juga menyehatkan jantung serta menurunkan tekanan darah. Jamur bukan hanya memberi anti bakteri dalam tubuh, jamur berguna juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu meningkatkan kandungan vitamin B-kompleks, vitamin A serta vitamin C. Anti-oksidan melindungi sel-sel serta mencegah rusaknya sel yang mengarah ke penyakit kanker, penuaan serta penyakit yang lain.

Selain itu Jamur bermanfaat meningkatkan ketahanan tubuh untuk melawan flu serta udara dingin bahkan juga riset menunjukkan kalau beberapa jenis jamur seperti shitake, maitake and reishi, memiliki kandungan antribakteri yang bisa berperan sebagai anti tumor.

12. Kacang tanah

Kacang tanah merupakan camilan yang paling sehat untuk nemani kegiatan anda. Selain rasanya yang gurih kacang tanah juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kacang telah lama diandalkan para vegetarian untuk menggantikan daging yang kaya protein. Kacang tanah adalah jenis kacang yang banyak digunakan untuk beragam olahan kue, makanan maupun sayuran.

Ternyata khasiatnya dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh karena juga memiliki kandungan anti-oksidan. Bahan makanan ini kaya akan vitamin serta mineral yang berperan sebagai anti-oksidan hebat, seperti omega 3, vitamin E, serta zick. Studi menunjukkan mengkonsumsi kacang bisa mengurangi kemungkinan terserang penyakit kronis. Kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari daging, telur serta kacang soya.

Selain itu kacang tanah juga kaya akan lemak, memiliki kandungan protein yang tinggi, zat besi, vitamin E serta kalsium, vitamin B kompleks serta Fosforus, vitamin A serta K, lesitin, kolin serta kalsium yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sehingga kacang tanah dikatakan bisa meningkatkan ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit.

13. Buah berry

Vitamin C serta bioflavonoid yang terdapat dalam buah berry itu sangat baik untuk anti-oksidan karena bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel dalam tubuh.

14. Yogurt

Minum yogurt secara teratur agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Yogurt yaitu minuman olahan hasil fermentasi susu ini memiliki kandungan lactobacillus yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh melawan kanker serta infeksi. Rasanya yang sedikit asam sangat segar diminum dalam kondisi dingin.

Manfaat lain dari yogurt yaitu meningkatkan jumlah sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi. Alhasil, orang yang konsumsi yogurt secara teratur cenderung mempunyai tingkat kekebalan tubuh yang lebih tinggi. Intinya, yoghurt bisa meningkatkan ketahanan tubuh anda terhadap berbagai serangan penyakit seperti demam, iritasi usus, dan lain-lain.

Probiotik atau strain hidup juga ditemukan dalam yogurt, yakni bakteri baik yang berguna untuk melindungi usus serta saluran usus bebas dari kuman penyebab penyakit. Sebuah riset dari University of Vienna di Austria menemukan kalau 7 ons yoghurt akan meningkatkan imunitas sama efektifnya dengan suplemen.

15. Daging

Daging kaya akan zink, elemen yang sangat penting dengan kemampuan untuk menghasilkan serta memperbanyak sel darah putih. Serta seperti yang kita ketahui, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.

16. Barley serta Oat

Gandum memiliki kandungan serat potensial yang disebut beta-glucan dengan anti-oksidan yang efeknya patut diacungi jempol serta mempunyai manfaat antimikroba. Barley serta oat, dan gandum pada umumnya merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

17. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur memiliki kandungan beberapa vitamin, yang utama yaitu vitamin D serta B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, serta memperlancar aliran darah dalam tubuh.

18. Ubi Jalar

Jangan salah, meskipun sering dilihat sebelah mata, ubi jalar (ubi manis) ternyata memiliki kandungan beta-karoten tinggi serta kaya vitamin A. Vitamin A yaitu vitamin yang penting untuk menghasilkan jaringan konektif yakni jaringan yang menghubungkan antar jaringan dalam tubuh.

Ubi jalar memiliki peran besar untuk kulit dalam mencegah bakteri serta kuman penyakit. Ingat, kulit Anda merupakan bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh Anda.

19. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin B1, C, A, serta mineral-mineral yang lain, yang membuatnya sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara alami.

Selain memiliki kandungan beta-carotene, alpukat juga memiliki kandungan glutation, suatu anti-oksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga serta mengurangi kemungkinan kanker.

20. Kelapa

Minyak kelapa serta kelapa mempunyai keunggulan yang berlimpah untuk kesehatan. Mereka mempunyai asam lauric yang berubah jadi monolaurin. Bila Anda belum tahu mengenai monolaurin, komponen ini ada pada air susu ibu serta secara alami memperkuat sistem imun bayi.

21. Kubis

Kubis kaya akan glutamin. Glutamin yaitu salah satu asam amino esensial, yakni asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh. Karena itu, kubis sangat penting sebagai ‘suplier’ glutamin untuk tubuh kita, yang pasti berperan dalam penguatan ketahanan tubuh.

Baca juga: 17 Tips Mendaki Gunung Untuk Para Pendaki Gunung Wanita

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY