3 Sumber Energi Bagi Tubuh Manusia Yang Harus Dipenuhi Setiap Hari

0
gambar via: enamsembilan.com

Makanan adalah sumber energi tubuh manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Makanan dapat menjadi sumber energi karena ada zat yang menjadi sumber kalori. Berikut adalah 3 zat makanan yang bertindak sebagai sumber energi:

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa kimia yang tersusun oleh unsur C, H, serta O. Bahan makanan yang kaya akan karbohidrat yaitu beras, jagung, serealia, kentang, tepung, gandum, gula, umbi-umbian, serta buah-buahan yang rasanya manis. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi sekitar 4 kkal (kilo kalori) per 1 gram karbohidrat. gambar via: JamieCullumFans.com

Karbohidrat adalah senyawa kimia yang tersusun oleh unsur C, H, serta O. Bahan makanan yang kaya akan karbohidrat yaitu beras, jagung, serealia, kentang, tepung, gandum, gula, umbi-umbian, serta buah-buahan yang rasanya manis. Karbohidrat berperan sebagai sumber energi sekitar 4 kkal (kilo kalori) per 1 gram karbohidrat. Ada tiga jenis karbohidrat yaitu:

  • Monosakarida seperti glukosa, fruktosa, serta galaktosa.
  • Disakarida seperti sukrosa, laktosa, serta maltosa.
  • Polisakarida seperti amilum, selulosa, serta glikogen.

Fungsi Karbohidrat

a. Sumber Energi Tubuh

Karbohidrat yang terbentuk dalam gula dan pati diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Seluruh kegiatan tubuh membutuhkan energi agar dapat berjalan dengan baik. Beberapa kegiatan yang tidak kita sadari seperti bernafas juga memerlukan energi. Glukosa yang diperoleh dari pati serta gula dari berbagai jenis makanan akan dipecah menjadi gula sederhana.

Proses ini memerlukan insulin yang telah diproduksi oleh pankreas. Kemudian glukosa akan masuk ke bagian dinding sel serta dapat menjadi sumber tenaga untuk tubuh.

b. Mengatur Berat Badan

Bila mempunyai bentuk tubuh yang gemuk maka jangan langsung menghindari karbohidrat. Pemilihan beberapa jenis karbohidrat yang benar dapat mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan. Bila mengkonsumsi beragam jenis karbohidrat yang berasal dari manfaat sayuran serta manfaat buah-buahan, maka dapat mengatur berat badan.

Makanan yang merupakan sumber karbohidrat, kaya akan serat serta akan sangat baik dalam mengatur sistem metabolisme tubuh.

c. Karbohidrat untuk Mencegah Penyakit

Bila banyak mengkonsumsi beragam jenis asupan makanan yang mempunyai kandungan serat tinggi maka itu merupakan upaya yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Makanan dengan kandungan serat tinggi akan mengurangi kemungkinan dan bahkan juga mencegah munculnya penyakit diabetes serta kegemukan. Serat dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol, pembakaran kalori, serta menurunkan resiko penyakit jantung.

d. Memelihara Kesehatan Jantung

Bila sering konsumsi makanan dengan lemak tinggi maka adakemungkinan arteri akan dipenuhi oleh kolesterol. Kolesterol merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Tetapi bila diseimbangkan dengan mengkonsumsi beragam jenis sayuran, buah segar serta makanan olahan gandum seperti oatmeal maka dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Seluruh jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat seperti serat akan membuat kesehatan jantung jadi lebih baik.

e. Mendukung Fungsi Pencernaan

Beragam jenis makanan yang kaya akan karbohidrat terutama serat sangat baik bagi tubuh. Jenis serat yang larut di air diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan dalam usus besar ataupun usus kecil. Beragam jenis makanan yang memiliki kandungan serat akan mengatasi sembelit serta beberapa masalah pencernaan lain.

f. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Salah satu jenis karbohidrat yang termasuk juga dalam jenis laktosa sangat baik bagi tubuh. Jenis laktosa yang paling baik umumnya diperoleh dari susu serta yoghurt. Jenis karbohidrat ini sangat baik untuk membuat tubuh merasa lebih berenergi dalam waktu yang lama. Selain itu laktosa juga berguna untuk membuat tubuh dapat menyerap nutrisi sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan.

g. Mencegah Rusaknya Jaringan Otot

Banyak kegiatan yang kita kerjakan memakai kekuatan fisik secara langsung. Langkah ini akan memakai cadangan glikogen atau gula yang disimpan dalam darah. Gula ini diperoleh dari karbohidrat yang masuk sebagai makanan. Proses aliran glikogen yang cukup akan mencegah rusaknya jaringan otot.

h. Mengatur Kenaikan Kadar Gula dalam Darah

Tanpa disadari kita sering mengkonsumsi karbohidrat tanpa melihat kategorinya. Karbohidrat yang kaya akan gula bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Bila hal semacam ini terjadi secara terus menerus maka dapat meningkatkan potensi diabetes. Tetapi bila bisa menyeimbangkan karbohidrat dari gula serta serat maka keadaan tubuh akan tetap sehat. Serat dapat mengurangi produksi kadar gula dalam darah.

i. Memenuhi Kebutuhan Fitonutrien

Fitonutrien merupakan salah satu jenis zat kimia yang digunakan oleh tubuh sebagai anti-oksidan alami. fitonutrien dapat mencegah beragam jenis radikal bebas yang dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kanker. Selain itu fitonutrien penting juga untuk mencegah beragam jenis penyakit yang diakibatkan oleh bakteri serta kuman. Karbohidrat merupakan salah satu bagian dari produksi fitonutrien yang penting bagi tubuh.

j. Mendukung Fungsi Otak

Karbohidrat mempunyai peran yang sangat penting untuk menentukan sikap mental serta akal yang sehat. Tanpa karbohidrat maka tubuh mungkin saja akan merasa kurang bertenaga, tak dapat berpikir dengan baik, masalah emosi, tertekan serta bahkan juga depresi. Beragam jenis makanan yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dari karbohidrat yaitu seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum serta beras merah.

k. Mengatasi Kecemasan

Karbohidrat yang masuk dalam kelompok karbohidrat kompleks mempunyai manfaat yang sangat penting untuk membuat perasaan jadi lebih baik. Karbohidrat akan diserap oleh tubuh untuk memberi efek menenangkan pada perasaan serta membuat keadaan mental jadi lebih stabil.

2. Protein

Protein adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan unsur C, H, O, N, serta terkadang juga memiliki kandungan unsur P serta S. 1 gram protein menghasilkan 4 kalori. Ada dua jenis protein berdasar pada sumbernya yaitu: Protein hewani, contohnya daging, ikan, telur, susu, serta keju. dan Protein nabati, contohnya kacang-kacangan, tahu, tempe, serta gandum. gambar via: enamsembilan.com

Protein adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan unsur C, H, O, N, serta terkadang juga memiliki kandungan unsur P serta S. 1 gram protein menghasilkan 4 kalori. Ada dua jenis protein berdasar pada sumbernya yaitu:

  • Protein hewani, contohnya daging, ikan, telur, susu, serta keju.
  • Protein nabati, contohnya kacang-kacangan, tahu, tempe, serta gandum.

Fungsi Protein

a. Pembentukan Janin

Protein bermanfaat sepanjang kehamilan untuk membantu membangun perkembangan beragam jenis organ seperti otak, sistem pernafasan, tulang, otot serta sistem pembentukan tubuh. Protein yang cukup selama kehamilan akan membantu ibu hamil dapat mempunyai bayi sehat serta tak kekurangan nutrisi. Keperluan protein untuk ibu hamil yaitu sekitar 75 gram per hari. Keperluan ini mesti terpenuhi dari beragam jenis makanan agar tubuh ibu hamil serta janin menjadi sehat.

b. Mengurangi Depresi

Selama kehamilan, tubuh ibu hamil memerlukan nutrisi yang sangat penting. Protein akan semakin diperlukan pada trimester akhir untuk mencegah depresi karena kelelahan atau kondisi kehamilan yang makin berat. Asupan protein harus juga seimbang dengan asam lemak omega 3 yang dapat mendukung kecerdasan otak serta fungsi syaraf.

c. Pemeliharaan Sel Tubuh

Protein juga sangat penting untuk memelihara sel-sel tubuh. Selama kehamilan maka ibu hamil memerlukan jumlah protein yang lebih tinggi dibanding wanita biasa. Protein menjadi asupan yang sangat baik untuk menghasilkan serta menggantikan sel-sel tubuh yang telah mati. Dengan protein yang cukup maka ibu hamil dapat tetap sehat selama kehamilan.

d. Mendukung Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme memerlukan dukungan yang kuat dari protein. Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat karena semua sistem pencernaan, penyerapan nutrisi serta pengolahan beragam zat yang masuk ke organ tubuh dapat dikerjakan dengan baik. Metabolisme akan mendukung proses fisiologis sehingga tubuh jadi lebih kuat.

e. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Protein menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem imunitas memperoleh dukungan dari beragam jenis organ tubuh yang sehat, tubuh dapat membuat perlindungan dari serangan kuman, bakteri serta parasit. Selain itu protein akan meningkatkan kekuatan sistem syaraf.

f. Menghasilkan Tenaga

Protein menjadi zat yang baik bagi tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat serta lemak dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi. Tetapi semua proses itu tak dapat dikerjakan tanpa ada protein. Protein membantu tubuh dalam mengolah energi dari kalori serta beragam jenis sumber makanan lain.

g. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Protein ternyata juga sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Protein dapat membentuk perlindungan khusus bagi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol pada tubuh yang diperoleh dari makanan. Protein dapat mengancam jenis kolesterol buruk yang dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung. Jadi, protein sangat penting untuk membuat kesehatan jantung ibu hamil serta janin menjadi lebih baik serta terbebas dari berbagai resiko penyakit jantung lain.

h. Meningkatkan Kesehatan Kulit, Rambut serta Otot

Ibu hamil banyak mengalami permasalahan yang terkait dengan keadaan kesehatan kulit, rambut serta otot yang mudah lelah. Protein akan membantu ibu hamil agar mempunyai kulit yang elastis serta sehat yang dapat membantu ibu dalam menghadapi persalinan. Protein juga meningkatkan pembangunan yang sangat penting terutama untuk sel – sel yang bekerja untuk rambut serta kulit. Bahkan juga protein meningkatkan zat yang baik untuk melakukan perbaikan kesehatan otot, masa otot serta kekuatan tulang.

i. Meningkatkan Energi

Protein diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang besar serta protein tak dapat diperoleh dari dalam tubuh. Asupan protein akan membuat tubuh mempunyai banyak energi yang dapat berperan untuk mendukung beragam jenis kegiatan harian. Protein berperan penting untuk meningkatkan daya ingat, memori serta beragam jenis kegiatan fisik.

3. Lemak

Lemak adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan unsur C, H, serta O. Lemak memberi energi sebesar 9 kilo kalori per gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, serta menyediakan asam lemak esensial untuk tubuh manusia. Lemak mulai dianggap berbahaya untuk kesehatan setelah ada yang menunjukkan hubungan pada kematian akibat penyakit jantung koroner dengan banyaknya konsumsi lemak serta kandungan lemak di dalam darah. gambar via: SehatFresh.Com

Lemak adalah senyawa kimia yang memiliki kandungan unsur C, H, serta O. Lemak memberi energi sebesar 9 kilo kalori per gram, melarutkan vitamin A, D, E, K, serta menyediakan asam lemak esensial untuk tubuh manusia. Lemak mulai dianggap berbahaya untuk kesehatan setelah ada yang menunjukkan hubungan pada kematian akibat penyakit jantung koroner dengan banyaknya konsumsi lemak serta kandungan lemak di dalam darah. Penyakit jantung koroner terjadi jika pembuluh darah itu tersumbat atau menyempit. Hal semacam ini karena endapan lemak yang secara bertahap menumpuk di dinding arteri. Ada dua jenis lemak menurut sumbernya yaitu:

  • Lemak hewani, misalnya keju, susu, daging, serta kuning telur.
  • Lemak nabati, contohnya kelapa, kemiri, kacang-kacangan, serta buah avocado.

Fungsi Lemak

a. Sumber Energi

Dalam setiap 1 gram lemak menyediakan kurang lebih 9 kalori untuk tubuh. Lemak yang baik nyatanya bermanfaat untuk menjadi sumber energi. Tubuh tidak akan dapat bergerak atau melakukan kegiatan tanpa ada energi. Bahkan juga bila kita kekurangan energi maka dapat membuat beberapa jenis penyakit yang menyerang kekebalan mudah muncul. Lemak melindungi kesehatan tubuh serta seluruh organ tubuh.

b. Sumber Pertumbuhan Sel

Tubuh kita terbagi dalam banyak sel yang tidak dapat terhitung secara menyeluruh. Setiap jenis sel dibutuhkan tubuh untuk membuat tubuh yang sehat. Sel-sel yang sehat akan membuat tubuh jadi lebih sehat. Lemak penting juga untuk memberi perlindungan pada lapisan luar sel atau membran sel. Bila kita tak mempunyai sel yang sehat maka tubuh serta organ tubuh akan terganggu atau terkena penyakit.

c. Menunjang Fungsi Otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Kesehatan otak banyak dipengaruhi oleh sel-sel pembangun yang sehat sehingga dapat mendukung hubungan sel motorik serta sel otak. Lemak membuat sel-sel dalam otak selalu berkembang serta membuat lapisan sel yang sehat. Secara khusus lemak juga membantu tubuh agar dapat berpikir cepat.

d. Membantu Penyerapan Vitamin

Ada beragam jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh, salah satu adalah vitamin yang mempunyai sifat larut dalam lemak. Jenis vitamin ini yaitu vitamin A, D, E serta vitamin K. Semua vitamin ini mempunyai peran yang khusus seperti vitamin A yang berperan untuk melindungi kesehatan mata, vitamin D yang membantu penyerapan kalsium serta menguatkan tulang dan gigi, vitamin E untuk membuat kesehatan kulit serta vitamin K yang bertindak untuk mendukung proses pembekuan darah. Tanpa ada lemak maka tubuh tidak akan dapat menyerap vitamin yang dihasilkan dari luar tubuh atau diperoleh dari makanan.

e. Mendukung Produksi Hormon

Hormon dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur sistem kerja organ tubuh serta sistem respon untuk tubuh. Lemak mempunyai peran untuk melindungi produksi hormon sehingga membantu melindungi kesehatan tubuh.

f. Membantu Kesehatan Kulit

Lemak juga mempunyai peran yang sangat penting untuk melindungi kesehatan kulit. Orang yang mengalami kekurangan lemak akan terlihat dengan tanda-tanda kulit yang bersisik serta kusam. Bahkan lemak dapat juga menjadi indikator pelindung pada perubahan cuaca.

g. Mendukung Kesehatan Organ Tubuh

Lemak merupakan salah satu zat utama untuk melindung kesehatan organ tubuh seperti ginjal, hati, jantung serta usus. Lemak akan melindungi organ tubuh itu agar tak mudah terluka atau cedera. Lemak akan digunakan oleh organ tubuh untuk memberi perlindungan khusus serta persediaan energi.

h. Mengontrol Berat Badan

Banyak orang yang berpikir kalau lemak hanya dapat meningkatkan berat badan. Tetapi ternyata lemak juga berperan untuk membantu tubuh dalam memperoleh berat badan ideal. Hal semacam ini dipengaruhi oleh pikiran kita sendiri kalau ketika tubuh terus menerus menerima lemak jahat, maka tubuh dapat memberi reaksi khusus seperti kesehatan yang kurang baik. Kemudian tubuh hanya memerlukan lemak sehat dari ikan atau beberapa jenis biji-bijian. Dengan langkah tersebut maka kita dapat mengontrol berat badan dari lemak.

i. Mengurangi Potensi Penyakit

Salah satu jenis lemak yang berperan untuk melindungi tubuh supaya tak terserang penyakit tertentu seperti penyakit jantung serta stroke yaitu jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak ini banyak ditemukan dalam beberapa jenis kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat serta biji-bijian. Lemak ini sangat berguna untuk melindungi kesehatan jantung, melindungi penyakit pembekuan darah serta mendukung perkembangan fungsi otak.

j. Meningkatkan Kesuburan

Lemak ternyata juga mempunyai peran untuk membantu menjaga kesuburan. Wanita atau remaja yang masuk dalam usia subur dapat memperoleh siklus menstruasi yang lebih teratur dari pada wanita yang mengalami permasalahan kekurangan lemak. Dengan langkah tersebut maka tubuh dapat juga mencukupi kebutuhan lemak serta menjadi sumber nutrisi yang penting.

Baca juga: 19 Film Superhero Terlaris

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY