Surat Kuasa Lengkap Untuk Berbagai Keperluan

0
surat kuasa

Surat kuasa dibutuhkan saat seorang tidak bisa melakukan secara langsung sebuah pekerjaan namun masih tetap menginginkan pekerjaan/suatu hal hal itu bisa tetaplah terwujud. Karenanya ia bisa memberi pelimpahan wewenang pada orang lain dengan dibuktikan dengan surat pelimpahan wewenang atau umum di kenal dengan surat kuasa.

Jadi kesimpulannya, surat kuasa bisa disimpulkan sebagai sebuah pemberian kuasa atau wewenang pada seorang yang bisa diakui untuk melakukan suatu hal tindakan atas nama orang yang berikan kuasa karena si pemberi kuasa tidak bisa mengerjakannya secara langsung. Pemberi kuasa bukan sekedar dapat dipakai untuk perorangan saja tetapi dapat pula mewakili sebuah grup atau instansi demikian halnya untuk penerima kuasa.

Dalam menuliskan surat ini anda mesti cermat lantaran nanti anda bakal memberi kuasa penuh pada orang yang terima surat kuasa dari anda serta jika anda bakal memberi kuasa atas suatu hal yang bernilai, sebaiknya anda harus juga cermat pilih orang yang bakal di beri kuasa atas hak anda.

Bisa saja mungkin anda bakal dirugikan lantaran memberi kuasa pada orang yang tidak bertanggungjawab. Serta yang butuh Anda ingat juga dalam menuliskan surat kuasa anda baiknya memakai bahasa yang lugas, singkat, efisien, serta mesti anda upayakan bahasa itu tak berbelit-belit

Pada saat ini, kita bakal memberi contoh surat kuasa, tetapi di awal sebaiknya kita sedikit membahas terlebih dulu mengenai apakah itu surat kuasa serta beberapa hal yang terkait dengan surat kuasa.

CONTOH SURAT KUASA DAN HAL-HAL PENTING DALAM PEMBUATAN SURAT KUASA

Beberapa Jenis Surat Kuasa

Surat kuasa menurut macamnya bisa dibagi jadi tiga jenis yaitu :

  1. Surat Kuasa Perorangan yakni surat kuasa yang didapatkan pada seorang yang bisa diakui untuk lakukan suatu hal untuk kebutuhan pribadi orang yang berikan kuasa.
  2. Surat Kuasa Kedinasan yaitu surat kuasa yang di keluarkan oleh petinggi atau pimpinan sebuah lembaga/instansi/perusahan pada bawahannya untuk lakukan suatu hal yang terkait dengan lembaga/instansi/perusahan itu.
  3. Surat Kuasa Istimewa, untuk surat ini sama seperti seperti surat kuasa yang lain tetapi sifatnya untuk suatu hal yang istimewa, sebagai contoh memberi kuasa hukum pada seseorang pengacara untuk menyelesaikan sebuah masalah atas diri pemberi kuasa.

Pembuatan Surat Kuasa

Beberapa hal utama yang semestinya anda cermati dalam bikin surat kuasa yaitu sebagai berikut ini :

  1. Surat kuasa yang memiliki bentuk perorangan di buat tanpa ada unsur paksaan sedikitpun daripihak manapun serta diberikan pada orang yang bisa dipercaya
  2. Jika surat kuasa untuk perorangan tak perlu memberikan nomor surat tetapi bila untuk kebutuhan kedinasan mesti mencantumkan nomor surat
  3. Jika pemberian surat kuasa untuk kepentingan keuangan seperti pengambilan upah atau honorarium baiknya memberi kuasa pada orang yang amat diakui seperti suami/isteri, anak, adik atau 4. beberapa orang paling dekat yang lain. Serta tak perlu memberikan materai atau kertas segel terkecuali bila ketetapan dari pihak berkaitan mesti memberikan materi/kertas segel bisa ditambahkan materai.
  4. Jati diri dari pemberi serta penerima kuasa mesti terang seperti nama, usia, pekerjaan, alamat serta lainnya
  5. Mesti mencantumkan maksud atau maksud dari pembuatan surat kuasa serta mesti memberikan tanggal dibuatnya surat kuasa.
  6. Surat kuasa dikira udah sah jika sudah di tandatangani oleh pemberi serta penerima kuasa
  7. Untuk surat kedinasan mesti ditambahkan stempel lembaga/instansi yang berkaitan

Dengan hal tersebut surat kuasa adalah bukti yang sah atas pengalihan kuasa itu. Berikut beberapa syarat yang harus ada dalam surat kuasa.

  1. Catat judul diatas yakni Surat Kuasa, dalam hukum dapat berbentuk Surat Kuasa Spesial ataupun Surat Kuasa Substitusi
  2. Lalu cantumkan pihak – pihak yang ikut serta dalam pengalihan kuasa. Pertama catat profil pemberi kuasa lalu catat juga profil penerima kuasa.
  3. Tentang surat kuasa, untuk surat kuasa yang umum di orang-orang dapat berbentuk apakah pelimpahan kuasa pengambilan upah, pengambilan teliti, pengambilan barang. atau lain sebagainya. Kemudian catat profil penerima kuasa.

Contoh surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Surat Kuasa Pengambilan BPKB
Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Contoh surat kuasa pengambilan bpkb duit ijazah. Pembaca yang budiman seperti kitga pahami kalau terkadang kita puinya banyhak aktivitas kesibukan. Aktivitas aktivitas ini terkadang bikin kita tak dapat lakukan suatu hal hal yang semestinya kita melakukannya sendiri. Karenanya terkadang kita mesti diwakilkan oleh orang lain atau orang yang kita percaya.

Dalam masalah ini pastinya kita bakal membuatkan surat kuasa. Surat kuasa akan memberikan kekuasaan pada orang yang kita yakin untuk melakukan suatu hal yang terbatas atas nama kita. Jadi orang yang kita tunjuk bakal melakukan seakan oleh kita yang berbuat atas suatu hal permasalahan atau tindakan.

Untuk anda yang menginginkan tahu lebih banyak mengenai surat kuasa di sini kami bakal hidangkan sebagian contohnya.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Surat Kuasa Pengambilan Gaji
Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Contoh Surat Kuasa untuk di ketahui pembaca yang budiman ada saatnya kita di haruskan bikin surat kuasa. Untuk mereka yang udah umum bikin surat seperti ini tentu tak jadi masalah. Nah untuk mereka yang belum pernah membuatnya jelas terasa sangat bingung mengenai bagaimana bikin surat kuasa yang benar.

Untuk bantu anda berikut ini kami berikanlah contoh surat kuasa. Mudah-mudahan dengan contoh surat kuasa berikut ini anda dapat mengetahuinya.

Contoh diatas merupakan contoh membuat surat kuasa untuk pengambilan gaji. Bisa saja ketika kamu sedang berada di luar kota, gaji mu sudah turun dan harus segera diambil. Maka untuk mengambilnya kamu bisa membuatkan surat kuasa.

Surat kuasa pengambilan gaji hanya bisa dilakukan jika gaji yang kamu terima dari perusahaan harus diambil secara cash. Karena hampir semua perusahaan saat ini memberikan gaji kepada pegawainya melalui transfer rekening. Namun jika perusahaan kamu masih menggunakan sistem manual dan kamu tidak bisa mengambil gajimu mungkin surat kuasa ini bisa menjadi salah satu cara kamu mengambil gaji.

Contoh Surat Kuasa untuk Berhenti Berlangganan

Surat Kuasa Berhenti Berlangganan
Surat Kuasa Berhenti Berlangganan

Surat kuasa jadi satu diantara bentuk surat yang cukup utama dalam merampungkan sebuah sistem administrasi.

Dalam tulisan di awal sudah di sampaikan contoh surat kuasa yang sifatnya umum. Untuk kesempatan ini bakal di sampaikan contoh surat kuasa untuk berhenti berlangganan service telkom speedy yang bukanlah punya sendiri.  Ini hanya sebagai contoh.

Surat kuasa bakal dibubuhi materai Rp 6.000 sebagai dasar hukum yang mengikat untuk sistem administrasi tersebut.

Format umum surat kuasa untuk berhenti berlangganan service telkom speedy diperlihatkan sebagaimana seperti diatas. Surat kuasa tersebut dapat menjadi acuan Anda ketika ingin membuat surat kuasa untuk berhenti berlangganan segala sesuatu. Tidak hanya telkom speedy, tetapi anda juga bisa menjadikan sebagai surat kuasa untuk berhenti berlangganan TV Kabel, PDAM, atau apapun.

Contoh Surat Kuasa Pembelian Tanah

Surat Kuasa Pembelian Tanah
Surat Kuasa Pembelian Tanah

Kali ini kami akan membagikan contoh surat kuasa menjual tanah, baik itu untuk pengurusan hal-hal yang terkait pada saat proses penjualan tanah.Harapan kami dengan adanya contoh ini, anda minimal sudah dapat memahami bagaimana cara membuat surat kuasa penjualan tanah yang lengkap baik dan benar.

Tanah adalah kekayaan atau sebuah aset yang mempunyai kecenderungan harga terus menanjak. Jarang ditemukan kondisi harga tanah mengalami penurunan. Ini pasti dipicu lantaran tanah adalah kekayaan yang tidak bisa di buat hingga jumlahnya akan makin mengalami penurunan bersamaan dengan pertambahan penduduk. Tidak heran bila harga tanah termasuk selalu mahal lantaran tanah tersebut akan dibutuhkan oleh setiap orang, baik itu untuk dianya ataupun anak cucu nantinya.

Lantaran vitalnya permasalahan ini, pemerintah juga mengatur permasalahan jual beli ini dengan cara cermat lantaran ada masalah sengketa tanah yang selalu berbuntut pada pertikaian bahkan juga pada banyak kita dengar ramai perihal pertikaian anak kandung dengan ibunya sendiri karena hak kepemilikan tanah.

Untuk itu, dalam sistem penjualan tanah sangatlah diwajibkan untuk di catat kedalam bukti resmi supaya satu waktu jika ada sengketa jadi kita mempunyai kemampuan hukum yang kuat. Satu diantara bukti hukum yaitu surat kuasa tanah.

Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah Baik dan Benar

Surat Kuasa Penjualan Tanah
Surat Kuasa Penjualan Tanah

Surat Kuasa tanah biasanya digunakan saat berlangsung sistem jual beli tanah. Lantaran satu alasan buat sang yang mempunyai tanah tidak bisa menjual tanahnya secara langsung kepada si customer sampai lantas mewakilkannya pada orang lain. Sebagai legalitas dari pihak penerima kuasa, jadi diperlukan surat kuasa tanah yang bakal menjelaskan kalau yang mempunyai tanah udah berikanlah kuasa atau wewenang untuk jual tanah miliknya.

Karena utamanya pemakaian surat kuasa ini, pada saat ini kami menginginkan memposting satu contoh surat kuasa penjualan tanah yang baik dan benar, yang mungkin di antara pembaca sekarang ada yang membutuhkannya.

Karena bisa saja Anda sedang tertarik untuk menjual suatu tanah di daerah lain. Tetapi ketika si pembeli ingin membayarnya Anda sedang tidak berada di kota tersebut, maka Anda bisa membuatkan surat kuasa kepada orang yang Anda percaya untuk memberi wewenang kepada orang tersebut.

Pemberian surat kuasa sebagai cara untuk menentukan kuasa yang dimiliki si pemilik tanah kepada seorang, dan cara seperti ini legal secara hukum.

Contoh Surat Kuasa Pembukaan Rekening Di Bank

Surat Kuasa Pembukaan Rekening Baru
Surat Kuasa Pembukaan Rekening Baru

Terkadang saking sibuknya Anda, hingga Anda pun tidak sempat untuk datang ke Bank. Padahal Anda harus membuka rekening baru di bank. Tapi Anda tak perlu khawatir jika Anda tidak bisa membuat sendiri rekening tersebut.

Anda bisa membuat rekening di Bank dengan meminta tolong kepada orang lain. Tetapi anda harus membuatkan surat kuasa kepada orang tersebut. Surat kuasa akan membantu Anda dalam membuka rekening baru melalui oraang lain.

Dan cara ini diperbolehkan oleh pihak bank. Surat kuasa dibuat sebagai ketetapan hukum bahwa Anda telah mengutus seseorang untuk membuka rekening. Kini yang menjadi pertanyaan Anda, bagaimana membuat surat kuasa untuk membuka rekening di Bank? Anda tidak perlu khawatir, contoh diatas bisa menjadi panduan Anda dalam membuat surat kuasa pembukaan rekening di Bank.

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris

Surat Kuasa Pembagian Warisan
Surat Kuasa Pembagian Warisan

Ahli waris yaitu orang yang memiliki hak terima harta peninggalan (warisan) orang yang wafat, baik lantaran jalinan keluarga sedarah ataupun lantaran pernikahan. Bukti sebagai penerima warisan yang sah diperlihatkan oleh surat dari ahli waris.

Untuk lakukan pengurusan pada harta warisan itu, pakar waris bisa melimpahkan kuasa pengurusan warisan melalui surat kuasa warisan. Atau dengan meminta sang pengacara keluarga untuk menguruskan pembagian hak waris di pengadilan.

Contoh Surat Kuasa Mewakili Perusahaan

Surat kausa mewakili perusahaan
Surat kausa mewakili perusahaan

Dengan Langkah umum, surat kuasa yakni surat yang dibutuhkan untuk memberi wewenang atau kuasa pada orang lain agar orang itu mampu mewakili si pemberi kuasa agar bisa melakukan satu buah kebutuhan khusus sesuai dengan yang dijelaskan dalam surat kuasa yang diterimanya.

Surat ini ada untuk mempermudah satu orang yang mempunyai kebutuhan mutlak, namun beliau tidak bisa buat melakukannya. Mungkin saja karena disibukkah oleh kesibukan yang sekian padat, sehingga ia kesulitan untuk mengerjakannya sendiri. Olehnya itu, mereka dapat memberi kewenangan pada orang lain buat lakukan masalah itu. Berbarengan catatan, ada kebenaran terdaftar yang harus dipegang oleh si penerima kewenangan sebagai pemberi tanda kalau dirinya memiliki wewenang untuk mengerjakannya.

Surat kuasa biasanya bisa bersifat pribadi dan juga bisa bersifat lembaga. Biasanya jika dalam kelembagaan surat kuasa bisa dilakukan oleh seorang atasan yang di undang untuk menghadiri suatu acara, namun atasan tersebut tidak bisa mendatangi acara tersebut. Dengan begitu ia berhak membuat surat kuasa untuk meminta diwakilkan dalam acara tersebut. Berikut contoh surat kuasa mewakili perusahaan.

Contoh Surat Kuasa Hukum Perdata

Surat Kuasa Perdata
Surat Kuasa Perdata

Sebuah sistem hukum jelas saja bakal jadi satu keharusan untuk terdakwa untuk membuat pembelaan. Mungkin saja Anda pernah mendengar dengan hukum acara perdata di mana jadi satu hukum resmi yang dibuat dengan maksud menjaga serta menjalani hukum perdata materiil. dari situ nampaklah satu Surat Kuasa Spesial Perdata.

Beragam contoh Surat Kuasa Spesial Perdata saat ini beredar di media hingga umum dapat tahu serta mengerti strukturnya serta manfaat dari surat itu. Seperti manfaat dari pengadilan yang perlu melakukan tindakan keduanya serta menjalani ketentuan hukum Perdata dibuatlah Surat Kuasa Spesial Perdata. Untuk memberi deskripsi pada Anda berikut ini contoh Surat Kuasa Spesial Perdata.

Surat Kuasa Untuk Pengambilan Akta Cerai

Surat kuasa pengambilan akta cerai
Surat kuasa pengambilan akta cerai

Untuk anda yang perkara perceraiannya sudah berkekuatan hukum tetaplah serta menginginkan mengambil akta cerai namun tak dapat dikerjakan oleh anda sendiri, agan sista dapat mewakilkannya pada orang lain dengan terlebih dulu bikin serta di tandatangani surat kuasa khusus pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama yang berkaitan.

Walau begitu anda harus pahami kalau terdapat banyak Pengadilan Agama yang tidak memperbolehkan orang lain untuk mengambil akta cerai anda. Walau dengan membawa surat kuasa sekalipun. Akta cerai itu cuma dapat di ambil oleh anda sebagai pihak yang bercarai sendiri. Serta/atau oleh pengacara anda yang mewakili. Tidak dengan orang lain walau orang lain itu yaitu keluarga atau kerabat anda sendiri.

Akan tetapi, ada juga Pengadilan Agama yang memperbolehkan pengambilan akta cerai diwakili oleh orang lain dengan menyerahkan surat kuasa khusus pengambilan dengan menggunakan surat kuasa pengambilan akta cerai bermaterai 6000 yang di ketahui oleh kepala desa atau kelurahan tempat Anda tinggal.

Selain itu ada juga Pengadilan Agama yang memperbolehkan akta cerai di ambil oleh keluarganya saja dengan prasyarat mesti menyerahkan surat kuasa khusus pengambilan akta cerai bermaterai 6000 dibarengi surat info dari Kelurahan/Desa yang menjelaskan jalinan kekeluargaan pada Pemberi Kuasa serta Penerima Kuasa.

Dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan kalau masing-masing Pengadilan Agama mempunyai sebagian ketentuan yang tidak sama sehubungan dengan bisa tidaknya akta cerai di ambil oleh orang lain dengan memakai surat kuasa. Sebagian Pengadilan Agama yang memperbolehkan akta cerai di ambil oleh orang lain atau keluarganya lewat surat kuasa salah satunya yaitu Pengadilan Agama Ciamis, Pengadilan Agama Semarang, Pengadilan Agama Pelaihari, Pengadilan Agama Malang Kabupaten, Pengadilan Agama Blambanganumpu serta Pengadilan Agama Kotabumi.

Untuk informasi lebih terang apakah Pengadilan Agama yang agan sista maksud memperbolehkan pengambilan akta cerai diwakili oleh orang lain atau tak, silakan agan sista tanyakan saja pada petugas di Pengadilan Agama itu. Agan sista bisa menanyakannya sewaktu agan sista mendaftarkan perkara perceraian di Pengadilan Agama itu, waktu bakal menghadiri persidangan atau dapatlah lewat cara menghubungi pihak Pengadilan Agama lewat telephone, e-mail atau situs Pengadilan Agama yang berkaitan.

Nah, untuk agan sista yang tengah memerlukan contoh surat kuasa pengambilan akta cerai, berikut ini kang asep berikanlah misalnya. Contoh berikut ini adalah contoh surat kuasa spesial untuk mengambil akta cerai di Pengadilan Agama Ciamis. Silakan agan sista cocokkan, bila pihak pengadilan agan sista memohon surat kuasa spesial pengambilan akta cerai yang di ketahui oleh kepala desa atau kelurahan.

Contoh Surat Kuasa Mengikuti Lelang

Surat kuasa Mengikuti Lelang
Surat kuasa Mengikuti Lelang

Biasanya suatu perusahaan mengikuti pelelangan. Pelelangan dilakukan untuk mendapat harga suatu barang jauh lebih murah atau barang yang di jual dibawah harga pasaran. Biasanya suatu lelang dilakukan oleh pihak tertentu dan akan diikuti oleh berbagai pihak.

Pelelangan biasanya dilakukan disuatu tempat, pemenang lelang adalah pihak yang memberi penawaran harga yang sesuai dengan keinginan dari pihak pengada lelang. Biasanya lelang dilakukan pada akhir tahun atau saat-saat tertentu.

Suatu perusahaan yang mengikuti lelang, sebenarnya tidak harus pemilik perusahaan atau direktur dari perusahaan tersebut. Peserta lelang bisa aja utusan perusahaan yang diminta untuk mengikuti lelang. Perusahaan biasanya akan mengirim perwakilannya, dan perwakilan dari perusahaan tersebut harus membawa surat kuasa dari perusahaan peserta lelang sebagai bukti bahwa utusan tersebut benar merupakan perwakilan perusahaan.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

surat kuasa pengambilan ijazah
surat kuasa pengambilan ijazah

Contoh surat kuasa pengambilan ijazah yang baik ini kita bagikan untuk Anda yang ingin mengambil ijazah di tempat sekolah Anda, namun Anda berhalangan untuk mengambil ijazah. Mengambil ijazah lewat cara yang legal secara hukum karena Anda sudah ada di luar kota untuk bekerja atau keperluan lain sebagainya.

Seperti dipahami kalau surat kuasa yakni surat yang diisi pelimpahan kuasa atau wewenang dari satu orang pada orang lain yang disadari agar dapat bertindak seperti orang yang memberikan kuasa yang disebut wakil dari pemberi kuasa, sebab pemberi kuasa tidak dapat melakukannya sendiri.

Surat kuasa pengambilan ijazah yaitu surat kuasa yang sifatnya individu atau perseorangan tidak menggunakan kop atau kepala surat termasuk nomor surat sama dengan jadi bidang atau bagian yang wajib untuk instansi, organisasi, perusahaan atau lembaga khusus dalam menerbitkan surat kuasa.

Surat kuasa pengambilan ijazah tidak jauh berbeda dengan surat kuasa pada umumnya. Pada dasarnya seseorang memberi kuasa pada orang lain buat mengerjakan tindakan hukum khusus baik karena beliau berhalangan ataupun tidak. Berarti apabila membuat surat kuasa seperti, surat kuasa pengambilan ijazah hingga Anda tidak perlu menuturkan alasan pelimpahan kuasa itu. Oleh karena itu, surat kuasa pengambilan ijazah ini sekurang-kurangnya harus berisi beberapa hal yang disebut tersebut :

1. Data diri kumplit pemberi & penerima kuasa.
2. Perbuatan hukum yang dikuasakan dalam aspek ini pengambilan ijazah & transkip nilai, termasuk foto copy yg telah dilegalisir juga kuasa buat di tandatangani kebenaran pengambilan.
3. Tempat & saat surat itu di tandatangani.
4. Tanda tangan oleh pemberi kuasa. Jadi sesungguhnya penerima kuasa tidak perlu menandatanganinya. Namun sebab sudah umumnya takutnya nantinya yang terima surat itu tidak memahami hukum perdata, hingga baiknya kedua iris pihak menandatangani surat pengambilan kuasa ijazah itu.

Surat Kuasa Pengambilan Uang

surat kuasa pengambilan uang di Bank
surat kuasa pengambilan uang di Bank

Terkadang saking sibuknya diri kita, dan keluarga di rumah memerlukan uang untuk diambil di Bank. Namun ia tidak bisa mengambilnya dan Anda tidak bisa men transfer uang tersebut ke rekening kerabat Anda yang membutuhkan uang itu. Maka Anda bisa membuatkan surat kuasa untuk kerabat Anda mengambilkan uang di bank Anda.

Surat kuasa akan bisa membantu Anda untuk mempermudah segala kesulitan yang dialami menjadi kemudahan. Dengan adanya surat kuasa, maka hal itu adanya ketetapan hukum, sehingga kedepannya tidak akan ada masalah jika Anda mengambil uang dari rekening Anda melalui orang lain.

LEAVE A REPLY