Ternyata Inilah Kebenaran Dari 5 Mitos Keselamatan Di Saat Darurat Yang Sering Beredar

0
gambar via: brightside.me

Di luar sana, banyak sekali tips-tips yang bisa dilakukan saat keadaan sedang darurat. Tapi tidak semua tips-tips itu benar lho. Malah bisa saja kalau kamu melakukannya malah akan lebih berbahaya. Berikut ini adalah beberapa tips yang sebenarnya hanyalah mitos, tidak berguna, bahkan malah berbahaya.

1. Pertolongan Pertama Untuk Gigitan Ular

gambar via: brightside.me
gambar via: brightside.me

Banyak yang mengatakan, jika ada seseorang yang digigit ular, maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghisap bisanya agar keluar dari bagian yang digigit. Namun sebenarnya itu tidak efektif. Karena bisa ular akan memasuki aliran darah dengan cepat. Jadi kalau dihisap hanya akan membuang waktu saja. Selain itu, ketika kamu meletakkan mulutmu pada bekas gigitan, hal tersebut malah akan membuat racun masuk ke dalam mulutmu. Maka cara terbaik untuk mencegah racun cepat menyebar adalah tetap tenang, jagalah luka di bawah tingkat jantung, minumlah banyak cairan, dan secepat mungkin bawalah korban yang digigit ke rumah sakit.

2. Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Tersesat di Hutan

gambar via: brightside.me
gambar via: brightside.me

Kamu mungkin sering mendengar, jika kamu tersesat, kamu harus segera menemukan makanan untuk mengisi perutmu. Namun ini tidak sepenuhnya benar lho. Karena sebenarnya orang yang sehat, bisa hidup sampai 6 minggu tanpa makanan. Yang seharusnya kamu lakukan ketika tersesat adalah menemukan sumber air dan membangun tempat penampungan di mana kamu bisa bersembunyi dari cuaca ekstrim.

 

3. Bertahan Hidup Dari Serangan Beruang

gambar via: brightside.me
gambar via: brightside.me

Sebenarnya beruang itu tidak ingin menyerang ataupun memakan kamu. Jadi kalau kamu mengalami kondisi dimana bertemu beruang, kamu hanya perlu mundur perlahan, dan jaga jarak kamu dari beruang tersebut. Hal tersebut akan membuat beruang melihatmu kalau kamu tidak sedang berada di wilayahnya.

4. Menemukan Arah Dengan Lumut

gambar via: brightside.me
gambar via: brightside.me

Lumut itu bisa tumbuh dimanapun, tergantung pada kondisi lingkungan. Tapi kamu jangan mengandalkan mitos populer seperti ini ketika ingin mencari jalan keluar dari hutan, karena kamu pasti akan tersesat. Kamu bisa mencari arah dengan menggunakan kompas, agar lebih akurat.

5. Menangani Hipotermia

gambar via: brightside.me
gambar via: brightside.me

Ketika hipotermia, jangan sampai kamu menggosok daerah yang membeku, karena akan menyebabkan kerusakan jaringan. Kamu juga tidak perlu menghangatkan diri dengan air panas atau lampu pemanas. Kamu bisa menghangatkan diri dengan cara menyelimuti tubuh dan meletakkan beberapa botol air hangat di bawah ketiak.

Baca juga: 10 Orang Terkenal Ini Ternyata Meninggal Tepat Di Tanggal Lahir Mereka

LEAVE A REPLY