16 Manfaat Tidur Siang yang Jarang Kamu Ketahui

0
Tidur Siang untuk relaksasi

Tidur siang menjadi salah satu kebiasaan yang sulit dilakukan ketika kamu sudah dewasa atau ketika mulai masuk dunia sekolah. Bagaimana tidak, sekolah di Indonesia belum menganjurkan murid-muridnya untuk melakukan tidur siang. Padahal tidur siang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Ketika kita kecil, mungkin tidur siang menjadi hal rutin yang wajib kita lakukan. Biasanya anak-anak akan diberikan waktu untuk tidur siang mulai pukul 13.00-15.00. Di waktu selama dua jam tersebut memang waktu terbaik untuk tidur siang.

Tidur Siang memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Bahkan tidur siang menjadi anjuran Rasul kepada umatnya. Karena tidur siang menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan.

Kamu pasti penasaran mengapa kita harus tidur siang. Ternyata berikut 16 manfaat yang bisa kamu rasakan ketika kamu harus tidur siang. Tak perlu lama-lama, cukup 15-45 menit kamu bisa tidur siang secara nyenyak. Bahkan tidur siang bisa membuat kita terhindar dari penyakit.

1. Tidur Siang Sebagai Relaksasi

Tidur Siang untuk relaksasi
Tidur Siang untuk relaksasi

Tekanan yang yang berlebih ketika tengah bekerja atau belajar dapat memberi dampak yang jelek pada tubuh. Stress akan membuat kita lebih rawan terserang infeksi virus serta penyakit dari luar.

Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tidur siang dapat bantu kamu jadi lebih rileks serta tenang. Terutama bila kamu tengah emosi atau jengkel pada seorang, tidur siang bakal kurangi tingkat emosi didalam dirimu. Tidak cuma itu, saat bangun kelak kamu bakal terasa tubuh serta pikiranmu jadi lebih segar.

Jadi sudah sewajibnya kamu tidur siang ketika kamu sedang lelah. Tak perlu lama-lama untuk bisa melakukan tidur siang.

2. Tidur Siang Meningkatkan Daya Ingatan

Tidur Siang menambah daya ingat
Tidur Siang menambah daya ingat

Sudah mulai pikun atau susah mengingat beberapa hal sepele seperti nomor telepon atau nama seseorang? Mungkin saja kamu mesti memperhitungkan untuk sedikit luangkan waktu untuk tidur siang melalui sekarang.

Suatu studi yang belum lama ini dikerjakan mengklaim kalau tidur siang mempunyai dampak yang cukup penting pada daya ingat. Riset dikerjakan dengan memperbandingkan keadaan mereka yang tidur siang serta tidak. Hasil, mereka yang tidur siang rupanya mempunyai daya kognitif serta cakupan memori yang semakin bagus di banding mereka yang tidak.

Untuk itu kamu sudah sewajibnya untuk selalu tidur siang untuk meningkatkan daya ingatmu. Daya ingat bisa ditingkatkan tanpa harus meminum multivitamin lho, cukup dengan tidur siang saja.

3. Tidur Siang Dapat Meningkatkan Tekanan darah

Tidur siang untuk meningkatkan tekanan darah
Tidur siang untuk meningkatkan tekanan darah

Mendapat tubuh yang sehat tidak cuma cukup dengan berolahraga, tetapi juga istirahat teratur. Tidur siang adalah satu diantara langkah yang pas untuk itu. Terlelap dalam sesaat di siang hari diklaim dapat menurunkan tekanan darah didalam tubuh.

Akan tetapi, beberapa peneliti masihlah belum dapat memberi keterangan secara tegas serta pasti, kenapa hal itu dapat terjadi. Peluang waktu kita tidur, tubuh tidak lagi bekerja secara penuh serta hal itu membuat organ-organ jadi lebih segar saat kita bangun.

4. Tidur Siang Meningkatkan Mood

Tidur siang bisa meningkatkan mood
Tidur siang bisa meningkatkan mood

Serotonin adalah zat yang bertanggung jawab mengontrol mood, hasrat tidur, serta nafsu makan. Kamu dapat merasa senang serta tenang bila sudah melaksanakan seluruh aktivitas tersebut .

Tetapi saat tubuh kita tengah berada dalam keadaan stress, serotonin dalam level tinggi semakin lebih seringkali diperlukan, lalu produksinya malahan alami penurunan. Sebagai mengakibatkan, kita jadi semakin banyak berprasangka buruk, depresi, serta sangat gampang teralihkan. Tidur siang bakal membuat otak dibanjiri serotonin, menghapus seluruh dampak jelek serta bikin kita merasa lebih positif.

Kenapa emosi kerap keluar ketika tubuh terasa letih, capek dang mengantuk? Hormon serotonin bertindak untuk mengatur situasi hati, selera, hasrat tidur, serta ketenangan. Ketika kamu stres, serotonin banyak terkuras.

Meskipun produksinya ketika itu berhenti. Hal sejenis ini dapat memicu cemas, depresi, kurang konsentrasi serta marah. Dengan melaksanakan tidur siang, otak tergenangi oleh serotonin sampai kondisi tubuh kembali tambah baik.

5. Tidur Siang Sebagai Pengganti jam tidur

Tidur siang pengganti jam tidur
Tidur siang pengganti jam tidur

Riset memperlihatkan kalau kamu tidak bakal pernah dapat membayar ‘utang’ jam tidur. Tetapi tetap saja, tidur siang sangat bagus untuk mereka yang kurang memperoleh saat tidur saat malam sebelumnya, tak tahu karena aktivitas tambahan atau argumen lain.

Mungkin kita malam hari kamu tertidur terlalu malam dan harus bangun di pagi hari. Maka tidur siang bakal bikin tubuh berhenti bekerja secara penuh untuk sementara saat. Tidak hanya itu, saat tidur yang cukup akan meyakinkan kamu selalu ada dalam keadaan sehat.

6. Tidur Siang Meningkatkan Konsentrasi

tidur siang untuk meningkatkan konsentrasi
tidur siang untuk meningkatkan konsentrasi

Mereka yang bekerja sebagai pegawai kantoran biasanya mengalami penurunan konsentrasi sesudah tengah hari, terlebih selesai jam makan siang.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan cukup banyak lemak bakal bikin kamu terasa cepat lelah serta mengantuk. Bila dilewatkan, hal semacam ini malah merugikan lantaran bakal kurangi produktivitas kerja.

Jalan keluar paling baik yaitu tidur sesaat, antara 10 sampai 15 menit. Sesudah bangun kamu bakal terasa lebih segar serta dapat memberi peran secara optimal.

7. Tidur Siang Bisa Menghemat Uang

Tidur Siang menghemat uang
Tidur Siang menghemat uang

Tidak sedikit orang yang menggunakan banyak uang untuk beli kopi, minuman berenergi, atau suplemen bermerek yang lain, dengan harapan dapat bikin tubuh jadi lebih segar serta bekerja secara optimal.

Tetapi selain tidak bagus untuk tubuh, pemecahan semacam ini dapat tidak ramah di kantong. Untuk hasil yang tambah baik serta optimal, tidur siang lebih dianjurkan. Cuma dengan memejamkan mata sepanjang 15 sampai 30 menit, kamu bakal terasa lebih segar serta siap melakukan aktivitas lagi.

8. Tidur Siang Membuat Kamu Lebih Kreatif

Tidur siang membuat kita lebih kreatif
Tidur siang membuat kita lebih kreatif

Sempatkah kamu terbangun serta mendadak mendapatkan jalan keluar atas permasalahan yang di awal pernah bikin khawatir? Peneliti berusaha untuk melaksanakan pengataman pada mereka yang merasa mendapatkan pencerahan selesai tidur siang.

Disimpulkan kalau saat tidur, otak mengalami peningkatan kegiatan di hemisfer bagian kanan, atau segi yang bertanggung jawab atas segi kreativitas. Tidur siang dengan jumlah yang cukup bakal bikin kita jadi tambah lebih kreatif.

9. Mengurangi Kemungkinan Penyakit Jantung

Tidur siang mengurangi dampak terkena penyakit jantung
Tidur siang mengurangi dampak terkena penyakit jantung

Tidur siang mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung. Tahukah kamu kalau mereka yang menggunakan waktunya untuk tidur sepanjang beberapa jam di siang hari, sekurang-kurangnya tiga kali sepanjang satu minggu, mempunyai 37 persen kemungkinan meninggal akibat serangan jantung?

Lalu pria yang terus-terusan bekerja miliki kans sejumlah 64 persen. Menurut studi yang di gelar di tahun 2007, oleh satu akademi di Boston, tidur siang adalah langkah yang ampuh untuk melindungi manfaat serta kemampuan jantung.

10. Meningkatkan kekuatan Syaraf Dengan Tidur Siang

Tidur meningkatkan syaraf
Tidur meningkatkan syaraf

Tidur siang bakal meningkatkan persepsi sensorik. Menurut Dr. Sandra C. Mednick, penulis buku ‘Take a Nap, Change Your Life’, tidur siang dapat menaikkan sensitivitas daya pandang, pendengaran, serta perasa. Tidur siang dapat juga meningkatkan daya kreativitas, dengan bikin pikiranmu lebih tenang, sampai dapat bikin asosiasi baru dari satu tema tertentu.

11. Tidur Siang Meningkatkan Daya Ingat Otak

Tidur siang meningkatkan daya kerja otak
Tidur siang meningkatkan daya kerja otak

Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat otak anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang dalam wakut 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak anda.

12. Tidur Siang Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tidur siang meningkatkan produktivitas kerja
Tidur siang meningkatkan produktivitas kerja

Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat.

15. Tidur Siang Mencegah Insomnia

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

14. Tidur Siang Menurunkan Stres

Tidur siang mengurangi stress
Tidur siang mengurangi stress

Tidur siang ternyata membantu menurunkan tingkat stress yang anda miliki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap.

15. Tidur Siang Baik Buat Menyehatkan Jantung

Tidur siang baik untuk jantung
Tidur siang baik untuk jantung

Tidur siang ternyata mampu mencegah penyakit jantung. Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.

 

 

16. Tidur Siang Melawan Keinginan Untuk Makan

Tidur siang mengurangi keinginan untuk makan
Tidur siang mengurangi keinginan untuk makan

Rasa capek populer menghadap pada penambahan nafsu makan. Saat sore hari mulai tiba, banyak pekerja yang mempunyai hasrat untuk konsumsi makanan manis (seperti coklat serta permen), soda, serta kopi supaya mereka tetap terbangun, yang jelas saja bisa mengakibatkan gula darah tidak stabil. Bila kamu mempunyai waktu kurang lebih 10-15 menit, coba untuk tidur siang secara singkat sebagai ganti. Hal semacam ini selanjutnya bisa memulihkan konsentrasi serta semangat sembari menurunkan hormon stres yang berperan untuk bikin kamu mengidam.

Khasiat Tidur Siang Untuk Anak-Anak

Tidur siang untuk anak
Tidur siang untuk anak

Tidur Siang Merangsang Perkembangan Badan

Riset yang dikerjakan Medical School Harvard University memperlihatkan kalau anak yang teratur menterapkan tidur siang dalam kehidupan sehari – harinya mempunyai perkembangan tubuh yang lebih maksimal dibanding dengan anak yang tidak ingin tidur siang.

Hal semacam ini disebabkan oleh hormon perkembangan atau yang disebut dengan Human Growth Hormone (h-Gh) lebih aktif mengalir dalam darah ketika anak tidur siang hingga pertumbuhannya lebih maksimal.

Tidur Siang Membuat Otak Anak Lebih Cerdas

Riset yang dikerjakan oleh University of Arizona pada bayi – bayi diatas satu tahun, tidur siang dapat bantu mereka meningkatkan kekuatan mengolah informasi serta menerapkan pengetahuannya. Oleh karenanya bayi yang cukup tidur di siang hari semakin lebih pintar serta cepat tanggap dalam mengolah hal baru.

Tidur Siang Membuat Anak Akan Lebih Bahagia

Tidur siang berguna bikin syaraf – syaraf pikiran anak jadi santai sesudah bekerja. Hal semacam ini terkait dengan juga mood serta kejiwaan anak. Untuk balita dibawah dua tahun yang tidak tidur siang atau saat tidur siangnya kurang, nyatanya lebih condong alami stres serta tidak bahagia. Mengakibatkan, ketika dewasa kelak, mereka condong memiliki resiko mengalami kesehatan mental serta mudah menyerah di bawah tekanan.

Tidur Siang Memberikan Kesempatan pada Tubuh Istirahat

Bila kegiatan anak kita udah padat baik itu bersekolah maupun lakukan aktivitas lain, tidur siang bakal memberi peluang untuk badannya beristirahat. Seluruh otot – ototnya jadi santai serta beristirahat. Demikian pula organ – organ didalam badannya bakal dapat regenerasi sel – sel yang rusak hingga perkembangan tubuh lebih optimal.

Tidur Siang Bisa Mengurangi Rasa Sakit

Anak bakal jadi rewel bila dia rasakan sakit baik itu flu, sakit gigi, luka terjatuh atau keseleo. Walau sebenarnya dengan membuatnya tidur, bakal amat bantu kurangi rasa sakit yang mereka alami serta mempercepat pengobatan.

Bila anak Anda susah untuk tidur siang, Anda dapat coba memberi makanan yang memiliki kandungan Serotonin, seperti : pisang, yogurt, susu bersama produk olahannya. Tidak hanya itu jauhkan anak dari mainannya, gadget atau apa pun yang dapat mengalihkan hasratnya untuk tidur.

Khasiat Tidur Siang Untuk Ibu yang Baru Melahirkan

Tidur siang untuk ibu baru melahirkan
Tidur siang untuk ibu baru melahirkan

– Tidur Siang Mengistirahatkan tubuh dari kelelahan

Ibu yang baru melahirkan pastinya akan terasa capek, terlebih ibu harus juga menjaga bayinya yang kadang-kadang terbangun saat malam hari, tidur siang bisa bantu memulihkan stamina ibu dari kelelahan serta bikin sistem imun jadi tambah baik untuk melindungi kesehatan ibu serta bayi.

– Tidur Siang Memperlancar produksi ASI

Ibu yang kelelahan bisa memicu terhambatnya produksi ASI, dengan istirahat yang cukup bisa bikin ASI jadi lancar, dengan tubuh yang fit serta bugar ibu bisa menjaga bayi dengan baik.

– Tidur Siang Meningkatkan konsentrasi serta kekuatan fisik

Stres tidak hanya menyebabkan produksi ASI alami penurunan dapat juga bikin ibu depresi serta tidak mampunya untuk menjaga bayinya, dengan tidur siang bisa bantu ibu untuk tingkatkan konsentrasi juga kekuatan fisik yang lebih untuk menjaga bayinya.

– Tidur Siang Durasi tidur yang baik untuk ibu baru melahirkan

Sangat lama tidur juga tidak baik untuk kesehatan lantaran bakal menyebabkan pengendapan elemen garam yang bakal berkibat fatal. Cukup kurang lebih satu jam tidur pada siang hari untuk mengistirahatkan tubuh yang capek akibat terbangun saat malam harinya.

– Tidur Siang Posisi tidur yang baik

Berbaringlah pada posisi telentang dengan bantal yang tidak sangat tidak tipis supaya memudahkan pengawasan terjadinya pendarahan.

Jenis Tidur Siang

Untuk mendapat khasiat besar dari tidur siang, baiknya kita mengetahui 3 jenis tidur siang :

– Tidur siang yang direncanakan.

Terjadi saat kamu mengambil tidur siang saat sebelum betul-betul mengantuk. Kamu bisa memakai teknik ini saat tahu kalau anda memerlukan istirahat saat sebelum terjadi kelelahan serta pusing.

– Tidur siang darurat.

Terjadi saat secara mendadak kamu amat letih serta tidak bisa meneruskan kesibukan rutin. Bentuk tidur siang ini bisa dipakai untuk memerangi kantuk ketika mengemudi atau kelelahan ketika memakai mesin berat serta ini harus dikerjakan lantaran bakal berbahaya.

-Tidur siang teratur

Dikerjakan saat seorang mengambil tidur siang pada saat yang sama sehari sekali. Anak-anak kecil mungkin saja tertidur pada saat yang sama tiap sore atau orang dewasa mungkin saja mengambil tidur siang singkat sesudah makan siang sehari sekali.

Panduan Meningkatkan Tidur Siang

1. Janganlah tidur siang bila insomnia

Tidur siang memanglah menyehatkan, tetapi janganlah membiasakan diri untuk mengerjakannya bila kamu menanggung derita insomnia. Sebab hal semacam itu bakal jadi parah keadaan susah tidur pada malam hari.

2. Janganlah Tidur Siangterlalu lama

Tidur siang terbaik dikerjakan 25-30 menit saja. Janganlah terlalu lama atau sangat sebentar. Sebab walau kurang dari satu jam, tubuh serta pikiran udah cukup nikmati istirahat.

3. Tidur siang maksimal

Bila kamu mempunyai saat panjang, nikmati tidur siang secara optimal sepanjang 90 menit. Bila kamu bangun diantara waktu 30-90 menit ketika tidur siang, tentu kepala bakal terasa pusing.

4. Minum kopi sesudah tidur siang

Untuk mengoptimalkan kewaspadaan saat bangun dari tidur siang, nikmati secangkir kopi yang berkafein. Begitu, pikiran akan tambah tajam serta kamudapat kembali melakukan aktivitas dengan baik.

5. Janganlah tidur sesudah makan siang

Sesudah makan siang, baiknya berjalan-jalan terlebih dulu saat sebelum tidur. Sebab bila kamu langsung tidur sesudah makan, pencernaan dapat terganggu serta tidur siang juga tidak bakal pulas.

6. Janganlah tidur sesudah jam empat sore

Siklus tidur siang terbaik dikerjakan pada tengah hari hingga jam empat sore. Bila kamu tidur sesudah jam empat, bebrapa dapat Anda baru bakal terbangun ketika matahari udah tenggelam.

7. Sepuluh menit saja cukup

Bila tidak miliki saat 25 menit untuk tidur siang, sesungguhnya 10 menit saja juga cukup. Walau tidak betul-betul tidur pulas, sekurang-kurangnya tubuh terasa sedikit senang lantaran udah dapat beristirahat sesaat.

LEAVE A REPLY