Tips Memilih Mainan untuk Anak-anak Kita

0
Children playing with musical toys. Isolated on white background

Seruni.id –┬áMemiliki anak adalah salah satu dambaan dari setiap orang tua. Apapun akan diperjuangkan demi mendapatkan buah hati tercinta.

Ketika orang tua, dalam hal ini ayah dan ibu sudah memiliki anak, salah satu untuk memberikan si anak kebahagiaan adalah dengan membelikannya mainan.

Nah, sebelum para momies membelikan mainan untuk buah hati tercinta, ada baiknya para momies simak tips berikut yaa!

  1. Sebelum membeli mainan, Momies perlu tahu tahap-tahap perkembangan anak, baik usia, emosi, fisik, dan kemampuannya, karena setiap anak memiliki kecerdasan dan keunikan masing-masing. Jadi, jangan asal beli yang mahal, sesuaikan dengan kemampuan anak.
  2. Perhatikanlah keamanan alat bermain, baik dari bahan (materil dan catnya) dan kinerja alat tersebut (pilih yang menghindari cedera ketika digunakan).
  3. Pilihlah mainan yang berwarna kontras dan cerah, untuk merangsang indera penglihatan anak.
  4. Pastikan semua mainan dalam jangkauan anak, agar terhindar dari cedera ketika anak berusaha mencapainya.
  5. Anak di usia enam bulan ke atas suka mainan yang mengeluarkan bunyi dan benda berwarna seperti bel, lonceng mini, gambar penuh warna maupun benda bertekstur lembut.
  6. Beri mainan seperti lego dan sejenisnya yang mempunyai variasi bentuk pada anak usia 9 bulan ke atas, atau mainan serupa yang dapat dimainkan sewaktu mandi.
  7. Tak perlu mainan mahal untuk anak Anda. Si kecil butuh stimulus untuk merangsang kreatifitasnya, dan ini bisa anda lakukan dengan membuatnya sendiri. Tentu, kreatifitas Anda yang diperlukan. Saat ini banyak sekali video di youtube, facebook, ataupun instagram yang membuat tentang cara membuat mainan sendiri, atau momies bisa coba searching dengan hastag #diy, pasti akan banyak muncul ide-ide membuat mainan anak yang murah, mudah, dan menarik bagi anak kita

Nah, satu hal lagi yang paling penting adalah, apapun jenis mainan yang kita berikan untuk anak kita, akan lebih optimal manfaatnya ketika kita pun turut mendampingi dan bermain bersama mereka. Yuk, mulai luangkan waktu setiap hari untuk bermain dengan anak kita ya Moms!

-Anggraini-

dari berbagai sumber

 

 

 

LEAVE A REPLY