Tips Memilih Minyak Goreng Sehat

0

Seruni.id – Moms, minyak goreng tentunya merupakan salah satu bahan utama yang wajib tersedia di dapur. Minyak goreng hampir pasti selalu tersedia saat memasak,

Tahukah Moms, minyak goreng yang tepat untuk memasak? Namun, sayangnya masih banyak yang memilih minyak goreng yang tidak tepat untuk memasak. Pemilihan minyak goreng yang salah ini tentu saja memberi dampak untuk kesehatan dan tentunya menimbulkan risiko penyakit.

Menurut ahli gizi, Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, risiko buruk bagi kesehatan dari kesalahan memilih minyak goreng yang digunakan bisa dikurangi dengan mengetahui aturan dalam memilih minyak goreng yang baik.

Berikut 5 tips memilih minyak goreng yag baik dan benar menurut Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., yang merupakan Host di Dr. OZ Indonesia:

Bahan Berkualitas

Pertama, pastikan minyak goreng tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas, bukan dari bahan yang berbahaya untuk tubuh

Titik Asap Tinggi

Adapun minyak goreng yang baik ialah yang memiliki titik asap yang tinggi. Titik asap adalah suhu di mana minyak akan menguap. Dengan memilih minyak dengan titik asap tinggi, maka ketika digunakan untuk menggoreng, minyak tidak mudah mengalami oksidasi.

Berwarna Bening

Minyak yang berwarna bening tidak cepat menghitam sehingga meminimalkan risiko kanker.

Tidak Mudah Beku

Pilihan yang tepat, pilih minyak goreng yang tidak mudah beku. Minyak goreng yang tidak mudah beku menandakan bahwa kandungan asam lemak jenuhnya rendah, sehingga bisa meminimalisasi peningkatan kolesterol jahat yang bisa berisiko buruk bagi tubuh kita.

Karakter Seperti Air

Terakhir, karakter minyak goreng harus seperti air. Dia menyarankan memilih minyak yang tidak lengket dan mudah mengalir.

Sedikit menempel di makanan, karena apabila terlalu menyerap di makanan bisa menimbulkan risiko obesitas dan penyakit lainnya.

LEAVE A REPLY