Cemburu Melulu? Ini Nih Tips Supaya Nggak Cemburuan!

0
Gambar via: nomorejealousy.com

Cemburu memang dikatakan sebagai tanda cinta. Siapa sih yang suka ketika orang yang dicintai dekat dengan orang lain? Maka rasa cemburu itu muncul, rasanya nggak ingin melihat mereka dekat dengan orang lain. Cemburu memang wajar, tetapi nggak selamanya lho cemburu itu menunjukan kalau kamu sayang pada pacarmu. Ia bisa menjadi bentuk rasa tak amanmu karena begitu takut ada orang lain yang mengambil pacarmu. Parahnya, cemburu bisa saja menjelma menjadi bentuk yang lebih mengerikan lagi, yakni posesif. Hati-hati, ketika cemburu menjelma menjadi posesif, banyak wanita yang menghalalkan segala cara agar pacar mereka selalu jadi milik mereka. Mendengarnya saja sudah mengerikan, bukan? Jika kamu merasa rasa cemburumu mulai berlebihan, ini nih tips ampuh supaya kamu nggak cemburuan terus. Check this out!

Coba pikir ulang, kenapa kamu merasa insecure?

Gambar via: sixseeds.patheos.com
Gambar via: sixseeds.patheos.com

Rasa cemburu datang karena kamu merasa insecure alias nggak percaya diri. Kamu selalu merasa resah dan merasa ada saja yang salah dengan hubungan kamu. Berangkat dari rasa insecure itu, kamu mulai berfikir berlebihan seperti saat ia tidak membalas pesanmu dengan segera, kamu mengira ia sedang bersama wanita lain. Coba kamu renungkan sejenak, apa penyebab utama kamu merasa insecure? Apakah karena pacarmu adalah pria tampan yang punya sejarah putus yang nggak baik? atau karena hubungan kamu dulu dimana kamu kurang perhatian sehingga pacar selingkuh pun nggak tertangkap radarmu? Alasan mengapa kamu selalu merasa insecure harus kamu temukan. Jika tidak, kamu nggak akan bisa menghapus rasa resahmu dan terus merasa cemburu.

Berhenti membandingkan diri dengan mantan-mantan pacarnya

Gambar via: www.womenshealthmag.com
Gambar via: www.womenshealthmag.com

Ada ungkapan yang menyatakan “a woman’s biggest enemy is another woman ”, yang artinya musuh terbesar wanita adalah wanita lain. Siapa kah wanita lainnya? Mantan pacar tentunya. Nggak bisa dibohongi, pasti kamu juga pernah membandingkan diri dengan mantan-mantan dari pacarmu. Apakah kamu lebih cantik darinya, atau lebih pintar dan sebagainya. Sebaiknya kamu berhenti membandingkan diri dengan mantannya pacarmu. Kamu nggak akan mencapai rasa puas, bahkan kamu akan merasa kalah dengan mantannya pacarmu. Harus diingat, mereka adalah masa lalu pacarmu. Mantan adalah kata yang digunakan untuk menandakan mereka hanyalah bagian dari masa lalu pacar dan kamu adalah orang yang sekarang mereka pilih.

Optimis

Stop berfikir negatif! Gambar via: www.wisegeek.org
Stop berfikir negatif! Gambar via: www.wisegeek.org

Salah satu penyebab kamu dirundung rasa cemburu adalah karena kamu selalu berfikiran negatif sama pacarmu. Rasanya jika nggak mendengar kabar dari mereka, kamu langsung berfikir pada kemungkinan yang terburuk. Jika kamu sudah berfikir negatif, semua jawaban yang diberikan oleh pacar kebenarannya langsung kamu tolak. Padahal jawaban pacar sudah jujur sesuai yang kamu minta. Coba deh, untuk sekarang kamu berhenti untuk berfikiran negatif yang ujung-ujungnya malah mengarah pada overthinking. Jika pacar tidak membalas pesanmu dengan segera mungkin saja dia sedang dalam perjalanan atau sedang ada urusan lain yang lebih mendesak.

Tingkatkanlah rasa percaya dirimu!

Kamu punya segudang kelebihan yang bikin pacar memilihmu, so be confident! Gambar via: www.udemy.com
Kamu punya segudang kelebihan yang bikin pacar memilihmu, so be confident! Gambar via: www.udemy.com

Penyebab yang membuat wanita cemburu adalah mereka kurang merasa percaya diri pada diri mereka sendiri. Kurangnya rasa percaya akan menimbulkan rasa insecure, selalu merasa diri kamu nggak aman dan kurang. Cobalah kamu tingkatkan rasa percaya diri kamu. Percayalah kamu memang lebih baik dari wanita-wanita di luar sana, dari mantan-mantannya pacar sehingga ia lebih memilih kamu ketimbang mereka. Kamu punya segudang potensi yang membuatmu akan lebih bersinar jika kamu percaya diri. Dari pada kamu merundung cemburu karena hal-hal yang sepele, coba merenung sejenak kelebihan-kelebihan yang kamu miliki yang membuat pacarmu sayang sama kamu.

Bicarakan pada sahabatmu

Gambar via: m.beautifulshoes.org
Gambar via: m.beautifulshoes.org

Ketika kamu merasa rasa cemburu kamu sudah menguasaimu dan kamu butuh bantuan maka segeralah terbuka pada orang lain. Orang yang kamu percaya, dan mengerti kamu apa adanya yakni sahabat. Bicaralah sejujurnya bahwa kamu merasa rasa cemburumu pada pacar sudah kelewat batas. Minta bantuan sahabat untuk membantumu mengatasi cara cemburu yang berlebihan ini. Dimulai dengan meminta saran kemudian mengingatkanmu jika kamu sudah mulai cemburu-cemburu nggak beralasan lagi.

Terbuka pada pacar

Gambar via: www.huffingtonpost.com
Gambar via: www.huffingtonpost.com

Action speaks louder, begitu kata orang-orang. Ungkapan ini juga berlaku pada hubungan. Salah satu obat cemburu adalah keterbukaan. Jika kamu menuntut pacarmu untuk terbuka tetapi kamu sendiri nggak ada praktiknya ya sama saja bohong. Mulailah dari diri sendiri, jangan jadikan terbuka sebatas kata-kata saja. Kamu duluan yang terbuka pada pacar soal dirimu, kemana kamu pergi, dengan siapa dan lainnya. Jika kamu sudah terbuka, pacar pun akan dengan sendirinya terbuka padamu. Kalau sama-sama sudah sama-sama terbuka, kamu pun nggak perlu khawatir lagi apalagi cemburu.

Percaya

Gambar via: www.shutterstock.com
Gambar via: www.shutterstock.com

Kepercayaan adalah kunci utama dalam hubungan. Percaya bahwa dia sayang padamu sehingga nggak mungkin dia berselingkuh dengan wanita lain. Percaya bahwa kamu punya kelebihan yang nggak dimiliki wanita lain sehingga pacar memilihmu ketimbang wanita-wanita yang pernah hadir dalam hidupnya juga wanita lain yang ada di luar sana. Jika kamu masih saja enggan percaya pada pacar, maka bersiaplah termakan rasa cemburu.

Masuk ke dalam lingkungan pergaulannya

Gambar via: www.shutterstock.com
Gambar via: www.shutterstock.com

Kamu masih ragu juga dengan kebenaran yang dikatakan pacar? Coba saja kamu masuk ke dalam lingkungan pergaulan pacar. Di sana kamu akan mengenal dengan siapa-siapa saja dia bergaul sehingga kamu tahu dengan siapa pacar pergi. Setidaknya jika pacar minta izin untuk pergi bersama teman-temannya, kamu sudah merasa aman. Lagi pula, dikenalkan dengan teman-teman si dia, pergaulanmu pun akan semakin meluas.

Jangan terlalu fokus sama hubungan, cari kesibukan lain!

Gambar via: www.rotary.org
Gambar via: www.rotary.org

Kenapa kamu merasa cemburu pada pacar? Karena hubunganmu dan dia yang selalu ada di pikiranmu. Kamu mengharapkan pacar selalu ada di dekatmu, padahal dia juga punya urusan lain yang harus diurusi. Ujung-ujungnya ketika ada jeda waktu dimana ia nggak mengabarimu, kamu langsung overthinking dan menuduhnya macam-macam. Coba kamu alihkan perhatian berlebihan itu pada hal lain seperti pada pekerjaan, hobi dan lainnya. Yakin deh kamu akan jadi pribadi yang lebih santai dan nggak gampang cemburuan!

Cemburu lekat dengan istilah pisau bermata dua. Ia bisa menjadi bumbu hubungan kamu dan pacar, tapi bisa juga jadi penghancur hubungan. Kini kembali pada dirimu, apa kamu mau cemburu menghancurkan hubunganmu karena cemburu terlalu mengendalikanmu? (AH)

LEAVE A REPLY