Tips Menghilangkan Kerak dan Bau Pada Wastafel Cuci Piring Dapur

0

Seruni.id – Ladies, pastinya kita sering sekali ‘bertemu’ dengan wastafel. Setiap hari bisa berkali-kali kita ‘membersamainya’. Ya, wastafel merupakan bagian dari rumah yang pastinya kita gunakan setiap hari.

Kita juga pasti mengetahui bahwa semakin lama dipakai, wastafel cuci piring di dapur pasti akan menumpuk kerak dan menimbulkan bau. Apalagi jika banyak sisa makanan yang menumpuk.

Bahkan jika kita sudah menyikat bak wastafel, terkadang baunya tiak juga menghilang. Penyebabnya pasti bukan pada bak wastafel, tapi bagian pipa dalamnya yang kotor.

Nah, jika ingin menghilangkan kerak dan bau pada wastafel dan pipanya, cukup mudah kok. Adapun yang dibutuhkan adalah bahan-bahan dapur sendiri.

Berikut yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kerak dan bau pada wastafel, ladies.

 

1. Air panas dan sabun

Cara paling sederhana adalah menggunakan air panas dan air sabun untuk membersihkan bak wastafel dan pipanya. Cabut tutup wastafel. Siramkan air panas pada bak wastafel, ambil sabun cuci secukupnya dan gosok dengan sikat kawat.

Hati-hati, gunakan sarung tangan untuk mencegah tangan terkena air panas. Lakukan penyikatan dengan cepat, selagi wastafel masih hangat, siram lagi dengan air panas untuk membilas.

2. Air hangat, cuka dan baking soda

Campurkan baking soda dengan cuka untuk pencuci wastafel. Biarkan hingga berbusa. Cabut tutup wastafel.

Siram air panas pada wastafel, lalu gosokkan baking soda dan cuka pada wastafel dengan kain kesat cuci piring. Siram lagi dengan air panas agar kerak hilang dan bakteri pada pipa mati.

Lakukan cara ini paling tidak 2-3 kali dalam seminggu, jika baunya sangat menyengat dan parah. Jika dalam kondisi biasanya dilakukan sekali dua kali saja baunya sudah hilang. Wastafel tak akan berkerak dan bau lagi.

Semoga bermanfaat ya ladies.

LEAVE A REPLY