Top Secret! Cara Mudah Cegah Pikun Saat Usia Makin Tua

0

Seruni.id – Pikun dalam dunia kedokteran penyakit ini biasanya disebut sebagai demensia. Menurut WHO demensia adalah sindroma klinis yang meliputi hilangnya fungsi intelektual dan memori yang sedemikian berat sehingga menyebabkan disfungsi hidup sehari-hari. Ini merupakan kelemahan pikiran yang tidak mampu bekerja lebih efektif dan efisien untuk menyimpan pola-pola tertentu.

Suatu penyakit tidak muncul begitu saja, pasti ada bebera faktor yang terpusat dan berkumpul pada satu titik sehingga menyebabkan seseorang menjadi pikun. Penyebab paling utama pikun adalah usia. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin bertambah usia, maka akan semakin berkurang pula daya ingat seseorang.

Selain itu juga pola makan dan makanan yang tidak seimbang, kurang bergerak atau kurangnya aktivitas, kurangnya berkomunikasi, mudah tertekan, kebiasaan merokok dan kebiasaan meminum minuman beralkohol bisa memicu seseorang merasakan pikun atau menderita demensia.

Nah, tahukah bahwa sebenarnya ada cara yang sangat mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal ini Moms. Untuk mencegah pikun yang perlu kamu lakukan sangat sederhana. Cara mencegah pikun di usia tua adalah membaca.

Semakin sering kamu membaca di usia muda, semakin bagus kondisi otak. Kebiasaan baik ini bisa mencegah pikun lho. Membaca tak hanya akan menambah pengetahuan saja.

Sebuah penelitian yang dilakukan Rush University Medical Center meneliti orang dewasa yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan kreatif (main catur atau game yang mengasah otak) atau melakukan kegiatan intelektual (misalnya membaca) memiliki kemungkinan memiliki otak yang lebih sehat. 32% kemungkinan pikun akan berkurang.

Selain mencegah pikun, kebiasaan membaca ini akan menghindarkan dari penyakit Alzheimer. Selain membaca, konsumsi makanan yang seimbang, aktif beraktivitas dan berkomunikasi dengan sesama, berolahraga secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta memperhatikan asupan air putih juga bisa mencegah pikun loh Momies.

Jika ingin punya ingatan yang kuat hingga tua nanti maka rajinlah membaca dan aktif beraktivitas serta memperhatikan pola makanan dan minuman setiap harinya ya. Dan yang paling penting adalah memusatkan pikiran dan memasrahkan kehidupan kita kepada Allah SWT agar kita bisa lebih tenang dan terhindar dari perasaan tertekan dan stress yang dapat memicu kepikunan.

 

– Arum Afriani Dewi –

LEAVE A REPLY