Berbagai Hal yang Menjadi Topik Paling Dicari Di Google Selama 2016

0
Topik yang paling banyak dicari

Hal yang paling banyak dicari selama 2016 ini memang menjadi salah satu tren yang menjelma di Indonesia. Ternyata kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sesuatu meningkat di 2016. Serta cukup banyak peristiwa yang menggemparkan di Indonesia pada 2016.

Beberapa momen, orang, mobil dan tokoh nasional yang paling banyak dicari menjadi bukti rasa keingintahuan yang besar masyarakat Indonesia terhadap sesuatu. Data yang dirilis oleh Google ini cukup banyak menjadi sorotan di Indonesia maupun di luar negeri.

Beberapa hal yang menjadi trending di Indonesia juga sempat menjadi trending di dunia. Seperti halnya aksi 411 dan aksi super damai 212.

“Dimas Kanjeng” serta “bom Sarinah” menjadi dua dari sepuluh tema peristiwa di Indonesia yang paling banyak di cari netizen selama 2016. Bom Sarinah menduduki urutan paling atas, sedang topik mengenai Dimas Kanjeng yang mengklaim dapat melipat-gandakan uang itu ada di urutan ketiga.

Bom Sarinah jadi peristiwa pertama yang mengambil alih perhatian umum di Indonesia. Saat itu, 14 Januari jam 10.50 WIB, terdengar sekurang-kurangnya enam ledakan yang disusul baku tembak di lokasi strategis Ibu Kota.

Netizen juga bersama-sama mencari tahu informasi masalah insiden yang menewaskan delapan orang itu. Melalui mesin pencari Google, update paling baru dapat diawasi secara real-time.

Bersumber pada banyak penelusuran yang terhimpun saat itu, Google menobatkan “bom Sarinah” sebagai peristiwa terpopuler yang paling banyak di cari selama 2016.

Masihlah pada bulan Januari, organisasi Gafatar sempat juga mengambil perhatian umum. Puncaknya saat beberapa orang hilang secara misterius di Yogyakarta serta disangka jadi kader kelompok kepercayaan itu.

Sampai September lantas, kabar berita masalah Gafatar ada banyak dijumpai di media massa. Netizen juga rajin mencari tahu informasi paling baru berkaitan organisasi yang sering disebut dengan aliran sesat itu.

Di posisi ketiga, momen terpopuler yang di cari netizen di Google yaitu masalah Dimas Kanjeng. Padepokan Dimas Kanjeng yang terdapat di Probolinggo itu yaitu punya pria bernama Taat Pribadi.

Taat Pribadi diakui dapat melipatgandakan uang kertas.Beberapa orang yang mempercayai kekuatannya serta berakhir sebagai korban penipuan.

Pengikutnya juga bukanlah sembarang orang, ada yang cendekiawan, pebisnis, bahkan juga pensiunan Polri serta TNI. Satu diantara pengikut setianya yaitu Marwah Daud Ibrahim yang saat ini diakui sebagai pucuk pimpinan Yayasan Padepokan Dimas Kanjeng.

Marwah adalah doktor komunikasi internasional lulusan American University Washington DC serta pernah menempati kursi anggota DPR RI sepanjang tiga periode.

Untuk sedetailnya, berikut ini 10 peristiwa terpopuler yang paling dicari netizen Indonesia di mesin pencari Google, seperti dibeberkan pada acara Google Year in Search, Rabu (14/12/2016) lantas di Jakarta :

1. Bom Sarinah
2. Gafatar
3. Kasus Dimas Kanjeng
4. Harga rokok
5. Masalah Yuyun
6. Masalah Gatot Brajamusti
7. Teman Ahok
8. Penyergapan Santoso
9. Reshuffle Kabinet
10. Tax Amnesty

Tidak hanya peristiwa nasional, netizen juga memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk beberapa peristiwa internasional. Laporan Panama Papers yang menguak korupsi bebrapa petinggi di beberapa negara adalah peristiwa internasional yang paling banyak jadi bahan googling.

Pro kontra pemisahan Britania Raya dari Uni Eropa atau diistilahkan Brexit banyak juga dicari infonya lewat kolom penelusuran. Demikian halnya pemilu Amerika Serikat yang diselenggarakan 8 November lantas. Sedetailnya, berikut ini momen dunia yang paling di cari tahu oleh netizen Tanah Air :

1. Panama Papers
2. Supermoon
3. Virus Zika
4. Kudeta Turki
5. Brexit
6. Pemilu Amerika
7. Penembakan Orlando
8. Bom Madinah
9. Flu Singapura
10. Piala Oscar 2016

Hal yang Paling Banyak Di Cari Orang Indonesia Di Google

Banyak bahasan yang diperbincangkan di ranah maya sepanjang 2016 di Indonesia. Beberapa salah satunya mengundang rasa penasaran yang tinggi dari netizen di Indonesia hingga banyak di- “googling” atau dicari.

Mendekati akhir tahun, Google memaparkan 10 hal yang paling banyak di cari setahun terakhir oleh penggunanya di Indonesia. Raksasa mesin pencari itu menghimpunnya bersumber pada grafik puncak dengan kata lain highest peak.

Beberapa bahasan masihlah hangat dalam ingatan lantaran terjadi beberapa waktu terakhir. Sebut saja demo 4 November atau sering disebut dengan “411”, gempa di Aceh, dan Donald Trump yang bulan lalu terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, menggantikan Barrack Obama.

“Tahun ini beberapa orang Indonesia semakin banyak mau tahu masalah bermacam perspektif dari beberapa peristiwa yang terjadi,” kata Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, Rabu (14/12/2016), Jakarta.

Sedetailnya, berikut ini kesepuluh tema yang paling banyak mengundang rasa penasaran netizen Indonesia di kolom pencarian Google Indonesia. Pihak Google tidak buka berapakah jumlah data pencarian “kata kunci (keyword)” itu, namun berikut ini urutan mulai dari yang paling banyak atau terpopuler sampai yang lebih sedikit.

1. Pokemon Go

Game yang diperkembangkan Niantic Labs ini pernah jadi fenomena dunia saat diluncurkan pada Juli lalu. Satu bulan sesudahnya, pada Agustus 2016, Pokemon Go resmi ada di Indonesia serta memperoleh ketertarikan tinggi. Google juga menobatkan Pokemon Go sebagai tema paling popular selama 2016.

2. Gerhana matahari

Pada 9 Maret lalu, gerhana matahari keseluruhan melintas di beberapa lokasi Indonesia. Peta Tubuh Meteorologi, Klimatologi,serta Geofisika (BMKG) memperlihatkan kalau kota besar pertama yang dilewati gerhana matahari ini yaitu Kota Palembang.

Momen langka ini jadi percakapan orang-orang di ranah maya serta fakta, lokal ataupun mancanegara. Banyak turis yang berdatangan ke kota-kota lintasan gerhana matahari di Indonesia. Topik ini jadi yang terpopuler kedua di Google Indonesia selama 2016.

3. Timnas Indonesia

Pencarian masalah Timnas Indonesia jadi disukai banyak orang di kolom pencarian Google sepanjang Olimpiade musim panas di Rio de Janeiro pada Agusus lantas. Ditambah lagi, tim ganda kombinasi Owi-Butet sukses mencapai medali emas untuk Indonesia.

Kata kunci itu kembali dicari sepanjang arena AFF yang masih berjalan. Netizen bersama-sama mencari tahu berita paling baru masalah tim sepak bola kebanggaan Tanah Air lewat Google.

4. Gempa Aceh

Pada 7 Desember lalu, gempa besar kembali terjadi di Aceh. Kesempatan ini bermagnitudo 6,5 serta menewaskan sekurang-kurangnya 25 orang. Tidak kurang dari 26 orang luka berat serta beberapa tempat beribadah dan ruko roboh. Momen ini ramai diperbincangkan di internet serta di cari tahu lewat mesin pencari Google.

5. Donald Trump

Presiden Amerika Serikat dipilih Donald Trump mencatat fenomena sendiri di internet. Pernyataan-pernyataan kontroversialnya sukses mengusik rasa mau tahu netizen berkaitan apa sajakah yang terkait dengan dirinya.

6. Mukidi

Agustus lantas, ranah maya di buat ramai dengan nama Mukidi. Saat itu, nyaris seluruh konten berbau humor disisipi tokoh Mukidi.

Netizen juga penasaran bakal jati diri asli Mukidi serta latar belakangnya secara spesifik. Siapa sesungguhnya Mukidi? Ia hanya toko fiksi yang jadi populer karena internet.

7. Demo 411

Demo 411 jadi trending topic di Twitter serta sekalian masuk di deretan Top 10 pencarian Google. Tindakan damai itu mengacu pada masalah sangkaan penistaan agama yang dikerjakan Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok.

8. Rio Haryanto

Nama Rio Haryanto ramai diperbincangkan saat jadi perwakilan Indonesia di arena bergengsi Formula 1 pada Februari lalu. Menurut data Google, beberapa informasi berkaitan sang pebalap muda itu banyak dikilas balik lewat kolom pencarian sepanjang 2016.

9. Jessica Wongso

Masalah pembunuhan Wayan Mirna Salihin pada awal 2016 berekor panjang sampai mendekati akhir tahun. Pada Oktober lalu, terdakwa pembunuhan yaitu Jessica Kumala Wongso divonis hukuman 20 th. penjara.

Nama Jessica Wongso serta Wayan Mirna jadi bulan-bulanan media massa. Netizen juga rajin mencari informasi terbarunya lewat kolom pencarian Google.

10. Joey Alexander

Pianis asal Indonesia Joey Alexander didera puji-pujian saat tampak di arena bergengsi Oscar 2016. Tidak hanya dari Indonesia, bocah 11 tahun itu juga memperoleh decak mengagumi akan dari dunia internasional.

Tokoh Nasional yang Paling Banyak Di cari Di Google sepanjang 2016

Nama kesepuluh tokoh nasional yang datang dari beragam bagian itu paling banyak di cari di search engine Google di selama tahun 2016. Siapapun kesepuluh tokoh itu? Simak berikut ini.

1. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Nama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ada di urutan pertama daftar Google Trend 2016 kelompok “Tokoh”. Banyak frekuensi pencarian itu karena masalah dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok ketika bertandang ke Kepulauan Seribu.

Masalah itu juga yang membuat beberapa fenomena nasional terjadi, seperti Aksi Damai 4 November serta Aksi Super Damai 212 (2 Desember 2016) di Silang Monas yang hingga menarik perhatian media asing. Ditambah lagi saat ini Ahok tengah bertarung menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017 lewat Pilgub 2016, masalah itu bikin berita-berita Ahok makin banyak dicari di mesin Google di selama tahun 2016.

2. Sri Mulyani

Sri Mulyani resmi kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan untuk Kabinet Kerja Jokowi-JK jilid 2. Kembalinya Sri Mulyani ini rupanya turut memperoleh sambutan dari netter di Tanah Air serta pernah membanjiri Twitter dengan tagar Bu Sri sebagai Trending Topik di Indonesia.

Di awal, Sri pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005-2010. Ia meneruskan kariernya sebagai Managing Director Bank Dunia saat sebelum mengambil keputusan pulang ke Indonesia serta dipilih kembali sebagai Menteri Keuangan di negerinya sendiri. Banyak yang mencari berita dan berita paling baru mengenai Sri Mulyani ini membuatnya ada di posisi kedua dalam daftar Google Trending 2016.

3. Buni Yani

Buni Yani tidak menganggap bila namanya bakal ada dalam 5 daftar paling atas dalam pencarian mesin Google sepanjang tahun 2016. Namanya banyak dicari sesudah dia mengunggah video Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika ada di Kepulauan Seribu, yang lantas berekor panjang pada masalah sangkaan penistaan agama.

Sayangnya, Buni Yani juga turut terseret dalam ranah hukum seperti Ahok. Buni Yani jadi tersangka dalam masalah sangkaan penyebaran informasi yang memiliki kandungan rasa kebencian atau permusuhan bersumber pada SARA seperti Pasal 28 Ayat (2) UU No 11 Tahun 2008 mengenai Informasi serta Transaksi Elektronik (ITE). Dia dinilai sudah menebarkan informasi yang bisa menyebabkan kebencian atau permusuhan pada kelompok atau grup atas SARA lantaran mem-posting kalimat pada caption video Basuki T Purnama (Ahok) masalah surat Al-Maidah 51.

4. Wayan Mirna Salihin

Pada 6 Januari 2016, Wayan Mirna Salihin, 27 tahun, wafat dunia sesudah meminum Kopi es vietnam di Olivier Cafe, Grand Indonesia. Ketika peristiwa, Mirna diketahui tengah berjumpa dengan kedua rekannya, Hani serta Jessica Kumala Wongso. Menurut hasil otopsi pihak kepolisian, diketemukan pendarahan pada lambung Mirna karena ada zat yang berbentuk korosif masuk serta mengakibatkan kerusakan mukosa lambung.

Terakhir di ketahui, zat korosif itu datang dari asam sianida. Sianida juga diketemukan oleh Puslabfor Polri di sampel kopi yang diminum oleh Mirna. Bersumber pada hasil olah TKP serta kontrol saksi, polisi mengambil keputusan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka. Jessica dijerat dengan pasal 340 KUHP mengenai pembunuhan merencanakan.

5. Nusron Wahid

Politikus Nusron Wahid di kenal sebagai tokoh yang gigih membela Basuki T. Purnama dengan kata lain Ahok. Nusron yang juga kepala Badan Nasional Penempatan serta Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bahkan juga gunakan tubuh ketika Ahok terserang dengan masalah dugaan menista Al Quran.

Sikap Nusron itu memanglah penugasan dari Partai Golkar. Menurut Wakil Ketua Dewan Ahli Golkar Mahyudin, partainya sudah resmi mensupport serta mengusung Ahok sebagai calon gubernur DKI. Banyak pencarian dengan kata kunci (keyword) nama “Nusron Wahid” sudah membuatnya ada di urutan ke-5 dalam daftar Google Trend 2016.

6. Agus Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono, M. Sc., MPA., M. A. masuk dalam daftar 10 tokoh nasional paling banyak dicari di mesin Google. Agus yaitu anak pertama dari Susilo Bambang Yudhoyono (bekas Presiden SBY) serta Kristiani Herawati. Dia ikuta mencalonkan diri pada Penentuan umum Gubernur DKI Jakarta 2017.

Beragam kampanye serta program-program yang diserahkan Agus membuatnya serta pasangan Cagub-nya memetik kontroversi. Dalama beragam survey yang dikerjakan oleh instansi survey di Indonesia, Agus juga tempati posisi atas di antara calon pasangan gubernur yang lain.

7. Tito Karnavian

Tito Karnavian mendadak jadi banyak perbincangan saat namanya kerap keluar untuk menerangkan beragam masalah yang menghebohkan di Indonesia sepanjang tahun 2016. Tito resmi dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu siang, 13 Juli 2016 menukar Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang masuk masa-masa purna bakti. Beberapa masalah yang pernah diakukannya diantaranya penangkapan Tommy Soeharto, Densus 88, penangkapan Azahari Husin, perseteruan Poso, dan penangkapan Noordin Mohammad Top.

8. Fahri Hamzah

Sekarang Fahri Hamzah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat mulai sejak tahun 2014. Dilaporkan ke Bareskrim atas tuduhan makar, Fahri Hamzah menyayangkan banyak pihak yang tidak mengerti peta konstitusi serta Undang-Undang Mendasar 1945 pasca-amandemen ke empat. Menurut Fahri, hal itu mengakibatkan banyak pernyataan tidak relevan.

Laporan itu dibuat oleh Barisan Relawan Jalan Perubahan (BaraJP). BaraJP melaporkan Fahri Hamzah ke Bareskrim Polri pada 9 November 2016 atas sangkaan perbuatan penghasutan serta makar pada pemerintah. Anggota BaraJP, Birgaldo Sinaga, menyampaikan, ketika ikuti tindakan 4 November lantas, Fahri mengatakan ada dua langkah untuk menjatuhkan Presiden Jokowi.

9. Irman Gusman

Nama Irman Gurman jadi sorotan umum pada September 2016 sesudah keluar berita yang mengatakan bila Ketua DPD RI di tangkap oleh KPK serta berstatus tersangka sangkaan korupsi pengurusan kuota impor gula. Ketika tempat tinggalnya diperiksa, aparat juga sukses mengamankan uang sebesar Rp 100 juta. Irman disangka terima suap Rp 100 juta sebagai imbalan menghubungi Bulog supaya memberi kuota distribusi pelengkap gula untuk lokasi Sumatera Barat pada CV Semesta Berjaya.

10. Arcandra Tahar

Arcandra Tahar pernah tersandung permasalahan dwi kewarganegaraan sesudah dapat dibuktikan pernah memegang paspor Amerika Serikat. Akibat hal itu, ia bahkan juga mesti diberhentikan secara hormat dari jabatannya sebagai Menteri ESDM. Sesudah pernah jadi masalah, Arcandra Tahar pada akhirnya di pastikan berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Pada Oktober 2016, Presiden Joko Widodo melantik Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM untuk bekas masa-masa jabatan 2014-2019.

Mobil yang Paling Banyak Dicari Sepanjang 2016 Di Google

10. Daihatsu Luxio

Mulai sejak pertama kalinya diluncurkan pada tahun 2009, mobil ini belum memperoleh perubahan generasi sampai tahun 2016 ini. Tahun 2014 lalu Daihatsu meremajakan versus mahal dari Daihatsu Gran Max ini dengan mendatangkan captain seat untuk kursi baris keduanya.

9. Nissan Juke

Nissan Juke masuk ke Indonesia tahun 2011 serta sampai saat ini juga belum bertukar generasi. Tahun 2015 lantas Nissan mendatangkan varian baru yang bernama Juke Revolt dengan beberapa penyegaran pada sisi eksterior serta interiornya.

8. Datsun Go+

Tahun 2014 Datsun Go+ ada di Indonesia serta menyandang predikat sebagai mobil termurah di Indonesia. Tahun 2016 lalu pada arena GIIAS 2016, Datsun sedikit meremajakan Go+ dengan memberi beberapa feature di bagian interior serta pilihan warna merah.

7. Nissan Evalia

Di Indonesia diluncurkan pada tahun 2012 serta di jual seharga Rp 145-185 jutaan. Mobil yang di produksi di Pabrik Nissan di Cikampek ini mulai sejak tahun 2015 sampai 2016 tampak kurang bercahaya serta minim pengembangan.

6. Kia Picanto

Kia Picanto yang di pasarkan sekarang yaitu generasi keduanya yang meluncur tahun 2012. Mobil ini lantas ada dalam model yang lebih murah bernama Kia Morning. Kia Morning jadi mobil CBU bernilai termurah di Indonesia dengan harga Rp 128 juta saat itu. Versus murahnya ini menggunakan mesin 1,0 liter.

5. Honda HR-V

Honda HR-V yaitu crossover SUV yang di buat Honda dari basis Honda Jazz. Mobil ini mulai di pasarkan di Indonesia mulai sejak tahun 2015 serta langsung menjelma jadi satu diantara kontributor paling utama penjualan Honda di Tanah Air berbarengan Honda Mobilio.

4. Toyota Sienta

Pada akhir tahun 2015, Toyota Indonesia meluncurkan Toyota Sienta. Satu diantara mobil yang mendadak saja ada serta cukup menarik perhatian pasar otomotif nasional lantaran Sienta jadi jawaban Toyota atas dominasi Honda Freed di segmen compact MPV berpintu geser di Indonesia sampai kini.

3. Toyota Calya

Toyota Calya serta Daihatsu Sigra memanglah layak masuk dalam 3 besar mobil yang paling banyak di cari orang Indonesia pada search engine Google tahun 2016. MPV LCGC berpenumpang 7 ini datang untuk menjawab keperluan mereka bakal MPV yang hemat yang lebih murah dari Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia.

2. Daihatsu Sigra

Adik Daihatsu Xenia ini yaitu saudara kembar dari Toyota Calya. Mobil ini mempunyai beberapa pembeda di bagian eksteriornya di banding Toyota Calya. Design velg, lampu foglamp, serta oranamen krum pada Sigra versus termahal. Mobil yang di jual mulai harga Rp 106,5 juta ini dapat tersedia dalam pilihan mesin 1,0 liter yang tidak ada untuk Toyota Calya.

1. Honda Brio

Nyatanya mobil yang paling menarik ketertarikan orang Indonesia tahun 2016 malah yaitu city car Honda yakni Honda Brio. Mobil bermesin 1,3 liter ini dikenalkan tahun 2011. Tahun 2013 Honda mendatangkan dua jenis baru yakni Honda Brio bermesin 1,2 liter yang juga diberi nama Honda Brio Satya. LCGC hanya satu Honda ini dapat ada dalam transmisi automatis.

Pada tahun 2016 lalu, Honda meremajakan eksterior serta interior Brio. Interior Brio saat ini mirip interior Honda Jazz ataupun Honda Mobilio serta Honda BR-V. Tidak hanya itu Honda Brio Satya juga sudah ada dalam pilihan transmisi CVT. Honda juga mengenalkan HOnda Brio RS yang tampak lebih Sportif di tahun 2016.

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY