Inilah Tips Memulai Usaha Kuliner, Dan Juga 14 Usaha Kuliner Yang Mudah Untuk Anda Coba

0
187
gambar via: Sites - Google

Bisnis makanan adalah usaha berskala rumah tangga yang mempunyai peluang sangat bagus untuk saat ini ataupun mendatang. Permintaan pasar untuk makanan selalu mengalir. Bahkan sekarang ini juga banyak bermunculan jenis-jenis makanan baru. Apalagi melihat beragamnya jenis makanan di Indonesia yang dijual dengan beragam variasi harga. Hal inilah yang membuat usaha kuliner bisa menjadi usaha yang menguntungkan bagi Anda.

Untuk Anda yang tertarik memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner, sebaiknya buatlah persiapan yang matang, perencanaan dan lakukan beberapa riset serta analisa pasar untuk mengetahui jenis kuliner apa yang mempunyai permintaan pasar cukup tinggi namun produsennya terbatas.

Contoh Ide Usaha Kuliner

Beraneka jenis kuliner, baik tradisional ataupun modern banyak dijajakan. Bisnis ini adalah usaha yang fleksibel secara modal, karena modal yang diperlukan sesuai jenis produk yang dijual. Anda ingin memulai usaha kuliner, tetapi bingung ingin usaha kuliner apa. Berikut ini ada beberapa contoh ide usaha kuliner yang mempunyai prospek yang bagus:

1. Usaha Kedai Kopi

Kopi adalah minuman favorit sebagian besar orang-orang Indonesia, yang sudah berkembang pesat. Ada banyak sekali jenis minuman kopi, misalnya saja kopi luwak yang terkenal enak serta mempunyai cita rasa khas. Usaha ini memerlukan modal yang kecil, tergantung besar kecilnya usaha, seperti angkringan, warung kopi, atau café. Contoh untuk usaha angkringan, usaha ini tak memerlukan modal yang sangat besar, tetapi mempunyai prospek yang cukup bagus, sehingga tak mengherankan saat ini banyak tumbuh angkringan baru.

2. Jualan Aneka Minuman Dingin

Minuman dingin adalah jenis minuman yang banyak disukai orang, seperti es krim, puding, es teh, es susu, serta ada banyak lagi. Usaha ini sangat cocok dijalankan pada siang hari, di daerah yang panas, baik di sekitaran taman ataupun sepanjang jalan. Konsumen minuman dingin membidik semua usia, mulai anak kecil sampai orangtua, baik lelaki ataupun perempuan, sehingga usaha ini mempunyai prospek yang sangat cerah.

3. Jualan Aneka Jus

Usaha satu ini memanglah tak harus mempunyai keterampilan khusus. Membuat jus sangat mudah, bahkan juga untuk variasinya ada banyak di internet. Bila Anda tertarik untuk membuka usaha ini, waktu yang efektif untuk menjual jus yaitu pada siang sampai sore hari, karena saat malam hari konsumen jus akan berkurang.

4. Jualan Bubur Kacang Hijau

Sebagian besar orang suka makan bubur kacang hijau, sehingga bubur kacang hijau adalah bubur favorit. Selain kandungan gizi yang lengkap serta tinggi, membuat bubur kacang hijau juga tak sulit. Bubur kacang hijau bisa dijual di sekitar kampus, sekolah, pabrik, atau berjualan di tepi jalan.

5. Usaha Roti Bakar

Saat ini telah banyak orang yang menekuni usaha roti bakar. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal kecil, sedangkan tempat untuk berjualan bisa di tepi jalan, kedai, taman, serta tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali macamnya, dan Anda bisa menciptakan menu roti bakar sendiri yang beda dari lainnya.

6. Jualan Aneka Pepes

Pepes adalah makanan tradisional yang terbuat dari beragam bahan, seperti ikan laut yang dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang atau dikukus. Saat ini pepes banyak dijual di restoran serta warung makan. Untuk Anda yang ingin coba usaha ini, Anda bisa menjual pepes dengan kemasan yang menarik untuk menarik konsumen.

7. Tahu Kremes

Tahu kremes adalah tahu yang di luarnya dilapisi tepung garing, tahu ini mempunyai banyak sebutan, seperti tahu kress, jeletot, goyang lidah, serta masih banyak lagi yang lain. Tahu ini adalah jenis camilan yang banyak disenangi, mulai anak-anak hingga dewasa, sehingga tahu adalah salah satu usaha yang mempunyai prospek usaha yang sangat bagus.

8. Gorengan

Gorengan adalah camilan yang tak ada matinya serta selalu disukai oleh banyak orang. Adapun untuk jenis atau macam gorengan apa yang dijual, diantaranya tempe goreng, tahu, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, serta ada banyak lagi contoh gorengan yang lain.

9. Singkong Keju

Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya tetapi bukan berarti peminat makanan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak serta bisa dijadikan sebagai ladang usaha, karena bahan yang sederhana serta proses pembuatannya cukup simpel. Anda dapat membuat beragam variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, maupun singkong keju variasi Anda sendiri.

10. Aneka Keripik

Jenis usaha yang satu ini cukup menjanjikan, melihat sangat banyak peminat keripik tetapi sedikit penyedia jenis makanan ini. Anda bisa menjual beragam jenis kripik seperti keripik kentang, keripik pisang aneka rasa, keripik singkong, dan sebagainya sesuai dengan inovasi penjual.

11. Catering Rumahan

Usaha catering memang tak akan pernah mati, bersamaan dengan perkembangan ekonomi yang makin meningkat. Tingkat ekonomi orang-orang Indonesia saat ini juga mulai lebih baik dan budaya serba instan yang kini menjalar di masyarakat, terutama pekerja kantor serta mahasiswa. Sehingga membuat usaha kuliner catering makin berkembang pesat.

Dahulu masyarakat kita jarang memakai jasa katering saat mengadakan acara, namun berbeda dengan saat ini dimana masyarakat lebih memilih jasa catering. Usaha catering ini memiliki prospek yang bagus, mengingat hampir semua orang memerlukan jasa ketering dengan alasan untuk mencari kemudahan, instan serta siap saji.

Anda tak harus memulai usaha rumahan katering ini dengan modal besar. Anda dapat memulainya dengan modal seadanya serta dengan alat – alat seadanya yang ada di dapur Anda. Untuk biaya bahan baku Anda dapat meminta DP atau uang tanda jadi atas pesanan makanan yang akan Anda buat sehingga Anda bisa menekan biaya modal pembuatan makanan itu.

Bila usaha catering Anda makin berkembang, pasti tak menutup peluang untuk mengembangkan usaha dengan taraf yang lebih besar dan menyediakan juga alat -alat prasmanan, tarub serta lain lain.

12. Usaha Warung Tenda Harga Mahasiswa & Karyawan

Tempat yang sangat sederhana tetapi dengan menu masakan yang cukup variatif serta untuk harga cukup beragam. Anda dapat juga mencoba usaha kuliner ini. Pada dasarnya untuk menjalankan usaha ini cukup mudah, Anda cukup mencari tempat yang bagus, dekat dengan market konsumen serta memiliki kemampuan dalam mengolah bermacam makanan yang banyak disenangi.

13. Frozen Food

Dengan jenis makanan satu ini akan jadi idola yang sangat mempunyai peluang baik untuk Anda yang ingin menjalankan usaha makanan dengan keyakinan kuat. Anda yang ingin berpeluang usaha frozen food, maka banyak hal yang bisa Anda pakai sebagai batu lompatan dalam mengelola usaha makanan satu ini.

14. Healty Snack

Usaha Makanan sehat yang bisa menjadi kesempatan usaha Anda selanjutnya, yakni makanan yang sebenarnya hanya sekedar jajanan tetapi mempunyai nilai gizi yang dapat memberi manfaat untuk tubuh. Ini akan sangat membantu Anda dalam menolong konsumen memperoleh jajanan serta memperkaya gizi tubuhnya.

Kunci Sukses Seorang Pemula dalam Usaha Kuliner

Usaha kuliner membutuhkan ketekunan serta manajemen yang baik. Umumnya pengusaha kuliner sukses adalah pengusaha yang telah lama berjualan serta mempunyai pelanggan tetap, ditambah kuliner yang dipasarkan sangat inovatif dan rasanya enak karena kunci paling utama untuk para pemula dalam usaha kuliner yaitu kreatif serta inovatif. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan seorang pemula dalam usaha kuliner, diantaranya:

a) Makanan Yang Memiliki Kualitas Bagus

Makanan yang akan dijual mesti mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang dipakai, segi pengolahan ataupun segi pengemasan. Bahan yang dipakai sebaiknya bahan yang higienis serta tak memiliki kandungan zat yang berbahaya. Langkah pengolahannya harus sesuai ketentuan, misalnya goreng lah makanan dengan minyak yang berkualitas serta diganti secara berkala. Jika makanan tersebut dibungkus, bungkus lah dengan bahan yang terjamin dan dikemas secara menarik.

b) Penuh Inovasi Baik Dalam Produk Ataupun Langkah Pemasarannya

Pemenang usaha kuliner adalah pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk membuat makanan yang berbeda, sehingga produk itu lebih mudah dicari serta dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak jadi masalah produk yang dijual telah ada di pasaran, asalkan produk yang dijual itu berbeda secara inovasi dengan produk yang telah beredar.

c) Ciptakan “Relationship” Dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas

Layani pelanggan dengan baik serta bijaksana, tak peduli Anda kenal atau tak dengan pelanggan itu. Ciptakan kesan yang mendalam pada pelanggan, dengan senyum serta sapa bukan hanya sekedar kata-kata, sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkan sosial media untuk membranding makanan yang dijual untuk membuat hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal semacam ini akan memberi efek positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain dan meningkatkan penjualan.

d) Strategi Penjualan yang Cocok Dengan Segmen Pasar yang Diincar

Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha nantinya, karenanya sebagai pemula usaha kuliner, Anda harus dapat membangun strategi penjualan yang tepat dan dapat membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Seperti memberi potongan harga, menambah bobot makanan, atau mungkin dengan membagikan sampel produk secara gratis pada orang-orang di area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Think Big, Think Positif

Senantiasa berpikir ke depan serta menyeluruh dan berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa serta pikiran pelaku bisnis. Dalam menggerakkan usaha dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berpikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit serta negatif karena apa yang dipikirkan bisa jadi kenyataan, sehingga sangat penting selalu untuk berpikir secara positif.

f) Jangan Takut Mencoba

Apapun usaha yang Anda pilih akan selalu ada tantangan ketika memulainya, jadi jangan sampai takut mencoba. Karena banyak pelaku usaha di bidang kuliner yang pada akhirnya sukses, walau awalnya tak mempunyai keterampilan khusus serta latar belakang di bidang kuliner. Tetapi mereka nekat terjun ke dalam usaha ini karena mengetahui kesempatan usaha di bidang kuliner cukup menggiurkan. Jadi jangan sampai takut mencoba ya, karena akan senantiasa ada yang pertama untuk setiap hal baru.

Tips Untuk Memulai Usaha

Modal usaha dimiliki banyak orang. Walau demikian, banyak orang tidak berhasil memanfatkannya dengan baik. Alih-alih usaha berkembang baik, justru modal usaha hangus saat saja. Bisa jadi, kesalahan yang terjadi karena kurang tepatnya seseorang dalam mengalokasikan modal. Selain itu, dapat pula karena orang itu tak dapat bertahan melawan tantangan membangun usaha dan tak mengelola modalnya dengan benar.

Di bawah ini referensi yang perlu Anda perhatikan saat ingin membangun usaha dengan baik.

  • Cari Role Model

Orisinalitas dalam membangun suatu usaha memanglah diperlukan. Akan tetapi, tak serta merta Anda mengabaikan referensi untuk Anda berpijak. Karenanya, cari role model atau mencari contoh jenis usaha yang sudah sukses. Lalu, pelajarilah dengan baik. Namun demikian, bila Anda tak menemukan, bisa jadi bentuk usaha Anda tak pernah sukses sebelumnya. Tak ada salahnya mencoba, asalkan Anda lebih realistis saja.

  • Mencari Rekanan Kerja

Ada pepatah mengatakan kalau dua kepala lebih baik daripada satu. Karenanya, carilah rekanan kerja untuk Anda ajak diskusi. Umumnya ide kreatif akan muncul ketika Anda sering melakukan brain storming. Hadirnya rekanan kerja juga untuk menyokong Anda dari sisi pendanaan. Umumnya, untuk memulai (start-up) membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bantuan ide serta modal itu pastinya akan membuat Anda lebih ringan dalam memikul beban memulai usaha. Tindakan itu merupakan usaha preventif menanggulangi kebangkrutan serta lilitan hutang yang biasanya dihadapi oleh orang yang memulai usaha.

  • Kerja Keras

Memulai usaha seringkali membuat Anda memulai semua sendiri. Misalkan saja, Anda membuka rumah makan. Anda bisa saja mencoba jadi pelayan untuk tahu sifat konsumen serta strategi pelayanan sebelum pada akhirnya nanti Anda dapat untuk mengangkat pegawai. Pekerjan yang dapat dikatakan ditanggung sendiri dahulu ini memanglah melelahkan. Jangan cemas, lembur serta rasa capek ini akan terbayar. Usaha keras pastinya akan berbuah hasil yang manis.

  • Waktu Adalah Uang

Pepatah itu perlu Anda amalkan dalam menjalankan usaha. Contohnya saja, Anda memberi harga Rp. 50.000, 00 untuk satu jam waktu yang Anda gunakan. Misalnya, Anda membutuhkan waktu satu jam untuk mengantarkan barang ke pelanggan Anda. Bila Anda dapat meminta layanan pengiriman untuk mengantarkan barang Anda dengan Rp. 10.000, 00, lebih baik Anda menempuh cara tersebut. Waktu yang tidak Anda gunakan tadi lebih baik Anda pakai untuk kepentingan yang lebih penting. Hal itu disebut dengan efisiensi waktu. Sehingga Anda bisa bekerja lebih efektif.

  • Cari Karyawan Terbaik

Untuk membuat usaha lebih berkembang, cobalah untuk merekrut karyawan, tentunya bila Anda telah mempunyai cukup modal. Anda tidak bisa terus-menerus menjalankan usaha sendirian. Ketika Anda merasa usaha Anda telah cukup siap, rekrutlah karyawan.

Tetapi, Anda juga perlu waspada serta selektif dalam memilih karyawan. Hal pertama serta yang terpenting yaitu mencari karyawan dengan sikap (attitude) yang baik. Selebihnya, pastikan calon karyawan bersedia untuk membantu Anda meraih visi dari usaha Anda.

  • Pelayanan Yang Paling Utama

Umumnya, orang akan memakai jasa atau menggunakan produk yang Anda hasilkan bila Anda memberi pelayanan terbaik pada mereka. Intinya yaitu menjalin hubungan dengan komunikasi yang baik. Bersikaplah jujur serta transparan. Dengan begitu kepercayaan akan tumbuh. Ketika kepercayaan itu muncul, Anda semakin lebih mudah untuk melakukan promosi. Tak mengapa bila Anda mematok harga yang tinggi. Yakinkan kalau Anda juga akan memberi pelayanan terbaik. Sehingga usaha Anda bisa selalu berkembang.

  • Buat Perhitungan

Untuk memulai usaha, pastikan Anda memperhitungan semua dengan terperinci. Maksudnya, Anda tahu berapakah banyak uang yang Anda perlukan untuk membangun usaha. Contohnya, ketika Anda akan membangun suatu toko, hitung berapakah harga sewa toko, gaji karyawan, sampai hal remeh-temeh seperti harga pembersih lantai serta biaya bola lampu. Lalu, masukkan biaya itu dalam jumlah hari produktif Anda membuka usaha dalam setahun. Sehingga Anda akan mengetahui angka dasar serta jumlah pendapatan minimum per hari yang harus Anda peroleh. Bila tak memenuhi, Anda perlu berpikir lagi untuk memulai usaha itu.

  • Selalu Update Informasi Terbaru

Anda perlu untuk selalu mengikuti info termutakhir serta perkembangan jaman. Dalam hal ini meliputi pemakaian teknologi yang semakin berkembang. Contohnya untuk menyimpan data penjualan Anda, manfaatkanlah komputerisasi untuk melindungi data Anda tetap aman serta abadi. Selain itu, manfaatkanlah sosial media sebagai ajang promosi. Atau mungkin, Anda bisa memakai aplikasi dalam ponsel pintar untuk mempermudah.

Baca juga: Punya Kesulitan Menghafal? Coba Beberapa Hal Ini Saja Yuk

loading...
SHARE

LEAVE A REPLY