[Video] Google Bikin Teknologi ‘Anti Kepo’ di Layar Ponsel

0

Seruni.id –┬áPernah menangkap seseorang sedang melihat atau melirik ingin tahu atau kepo saat kamu menggunakan ponsel kamu di tempat umum? Mungkin konsep teknologi terbaru dari Google ini bisa menolongmu dari orang-orang yang ingin tahu atau kepo dengan apa yang kamu lakukan saat bermain ponsel.

Adalah periset Google, Hee Jung Ryu dan Florian Schroff yang saat ini tengah mengerjakan teknologi baru bernama ‘Electronic Screen Protector‘. Teknologi baru ini mengandalkan kamera depan, kecerdasan buatan, dan pengenalan wajah untuk memberitahu pengguna ponsel ketika ada seseorang di belakang sedang menatap ponselnya.

Teknologi baru yang memasuki tahap pengembangan ini, sebelumnya sudah pernah mereka demonstrasikan dalam sebuah video Youtube. Berikut videonya:

Ketika tatapan orang lain di belakang pengguna terdeteksi saat pengguna tengah asyik dengan ponselnya, layar secara otomatis beralih ke kamera depan dan menggunakan gambar pelangi untuk menunjuk ke wajah orang asing itu. Ketika orang asing itu berpaling, layar kembali ke aplikasi semula yang terakhir dibuka pengguna.

Dilansir dari CNET, Selasa (28/11), teknologi ini dirancang untuk melindungi kamu dari mata-mata perusahaan atau orang asing yang usil ingin mencuri data sensitif dari layar smartphone kamu saat kamu gunakan di tempat ramai.

Adapun ide Electronic Screen Protector ini muncul karena tingginya mobilitas masyarakat saat ini. Mobilitas yang tinggi tersebut memaksa mereka bekerja di mana saja dengan ponselnya. Kondisi tersebut membuat orang secara tidak sadar membuka email atau informasi sensitif di tempat umum, dan berpotensi dilihat orang lain.

Google belum berbicara banyak soal teknologi ini, namun mereka berencana memamerkannya di konferensi Neural Information Processing Systems (NIPS) 2017 di Long Beach, California, AS, pada Desember mendatang.

Wah seru ya bakalan. Apa yang kita lihat bisa terlindungi dari orang lain yang mungkin sengaja ataupun tidak sengaja melihat aktivitas kita dengan ponsel kita.

LEAVE A REPLY