10 Cara Ini Biasa Digunakan Untuk Mencegah dan Menghilangkan Stretch Marks

0

Seruni.id – Stretch Marks adalah guratan-guratan putih kemerahan pada kulit, 90% dialami oleh ibu hamil dan juga melahirkan. Stretch marks ini biasanya muncul di perut dan bokong karena kulit di area ini meregang akibat kehamilan.

Berikut cara berikut ini bisa dicoba untuk mencegah dan menghilangkan stretch marks :

  1. Olahraga Kala Hamil

Hal ini berguna untuk mengencangkan otot, memperlancar aliran darah serta menjaga kelenturan tubuh dan kulit. Ibu hamil akan disarankan untuk melakukan senam hamil, renang, jalan sehat ataupun yoga.

  1. Pola Makan Sehat

Mulai mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Kurangi asupan lemak dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang kaya akan antioksidan.

  1. Minum Air Putih

Minumlah air putih sebanyak yang tubuh butuhkan dengan tidak memaksakan terlalu banyak. Karena dengan meminum air putih yang cukup dapat menjaga kelembapan kulit.

  1. Oleskan Krim

Krim atau salep anti stretch marks dapat digunakan namun, hindari krim yang mengandung steroid karena  dalam jangka panjang krim ini justru akan membuat kulit menjadi kering dan mudah rusak. Sebagai gantinya, gunakan krim yang mengandung Alpha Hydroxyl Acid (AHA) untuk merangsang pembentukkan kolagen baru dan memperbaiki tekstur kulit.

  1. Jangan Menggaruk

Saat hamil, hindari menggaruk badan dengan kuku karena akan membekas dan stretch marks akan lebih mudah timbul.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak kaya akan vitamin E yang mampu meregenerasi kulit. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada stretch marks 2 kali setiap hari.

  1. Minyak Zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretch marks.

  1. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang berguna sebagai anti-oksidan. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch marks, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch marks cepat hilang.

  1. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Anti oksidan yang alami juga berperan penting agar stretch marks segera hilang. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada stretch marks. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih

  1. Lidah Buaya

Dengan mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada stretch marks, akan membantu kulit agar tetap kenyal dan elastis sehingga secara perlahan stretch marks akan hilang. Tidak hanya untuk menghilangkan stretch marks, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit Anda terbakar.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada stretch mark. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY