10 Lagu Tebaik Kenangan Dari Koes Plus

0
Yon Koeswoyo

Seruni.id – Innalillahi wainna ilaihi raji’uun, kembali kabar duka kembali menyelimuti industri hiburan Tanah Air. Musisi legendaris yang merupakan salah satu dari anggota grup Koes Ploes, Yon Koeswoyo, meninggal dunia pada subuh tadi, Jumat (5/1) pukul 05.50 WIB. Yon Koeswoyo menutup mata untuk selamanya di usia 77 tahun.

Kabar duka tersebut awalnya menyebar dari pesan singkat di kalangan awak media yang dikirim oleh sang kakak, Nomo Koeswoyo.

“Inalillahi wainalillahi rojiun. Telah wafat dgn tenang Adik, Kakak, Ayah, Eyang tercinta Yon Koeswoyo ( Koes Bersaudara / Koes Plus ), pagi ini Jumat 5 Jan 2018. Rumah duka Jl. Salak Pamulang. Berdoa semoga dilapangkan jalannya pulang ke Rumah Tuhan di Surga, dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan untuk mengiklaskan kepulangannya Mas Yon ke Surga Tuhan. ( berita duka dari Mas Nomo Koeswoyo, Magelang ),” isi pesan singkat yang didapatkan awak media.

Seperti yang dilansir oleh Kumparan, menurut pengamat musik Bens Leo, Yon menghembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan komplikasi penyakit. Vokalis Koes Ploes ini sebelumnya sempat dirawat di RS Eka Hospital BSD.

Koes Ploes merupakan grup musik yang dibentuk pada tahun 1969, sebagai kelanjutan dari grup Koes Bersaudara ini tentunya mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Nama Koes Ploes yang mulai dikenal pada tahun 1970-an, dianggap sebagai pelopor musik pop dan rock ‘n roll di Indonesia.

Masih ingat kan Moms, anggota Koes Plus pertama sendiri terdiri dari Tonny Koeswoyo (vokal, keyboard), Yon Koeswaya (gitar), Totok Adji Rahman (bass) dan Murry (drum). 

Koes Bersaudara tercatat memiliki 27 album dan Koes Plus tercatat merilis 133 album sejak tahun 1969, baik album original maupun album kompilasi. Dari semua album maupun single Koes Plus tentu ada single hits yang melekat di benak masyarakat sampai sekarang. Bahkan lagu-lagu lawas dari grup band ini masih digemari hingga saat ini.

Berikut adalah lagu-lagu kenangan terbaik dari grup legendaris Koes Plus.

1. Bujangan

Lagu bergenre pop ini merupakan lagu terbaik Koes Plus yang banyak diminati dan melekat di hati para penggemar musik Tanah Air. Lagu ciptaan Murry ini masuk dalam album ‘Koes Plus Volume 10’ yang dirilis tahun 1974. Moms, ingat liriknya kan?

Begini nasib

jadi bujangan

kemana-mana, asalkan suka

tiada orang yang melarang

hati senang, walaupun tak punya uang

apa susahnya

hidup bujangan

setiap hari selalu bernyanyi

tak pernah hatinya bersedih

2. Kolam Susu

Lagu yang merupakan ciptaan dari Yok Koeswoyo ini merupakan single hits yang masuk di album ‘Koes Plus Volume 8’ yang dirilis pada tahun 1973. Lagu bergenre pop ini juga memiliki lirik yang mudah diingat oleh para pendengar musik dan sangat easy listening. Nah ini liriknya.

Bukan lautan

hanya kolam susu

kail dan jala

cukup menghidupimu

tiada badai

tiada topan kau temui

ikan dan udang menghampiri dirimu

3. Buat Apa Susah

Lagu berjudul ‘Buat Apa Susah’ ini merupakan ciptaan Murry ini juga masuk dalam album ‘Koes Plus Volume 8’ yang dirilis tahun 1973. Lagu ini cocok didengarkan untuk yang lagi galau karena bisa membuat hati kembali menjadi ceria. Simak ya liriknya di bawah ini.

Kekasihku apa yang kau risaukan

Kerjamu hanya melamun saja

Tak berguna kau bersedih hati

Tertawalah…sayang

Buat apa susah

Buat apa susah

Lebih baik kita bergembira

Buat apa susah

Buat apa susah

Lebih baik kita bergembira

4. Kisah Sedih di Hari Minggu

Lagu ciptaan Tonny Koeswoyo ini merupakan lagu terbaik Koes Plus yang masuk dalam album ‘Koes Plus Volume 2’ yang dirilis tahun 1970. Lagu ini pun pernah didaur ulang oleh artis sekaligus penyanyi Marshanda pada tahun 2005 dan masuk dalam album keduanya yang bertajuk ‘Marshanda’ (self-titled). Berikut potongan liriknya.

Penyesalanku makin dalam dan sedih

tlah kuserahkan semua milik dan hidupku

aku tak mau menderita begini

mudah-mudahan ini hanya mimpi.

5. Why Do You Love Me

Lagu ciptaan Yon Koeswoyo ini merupakan lagu yang masuk dalam album ‘Koes Plus, Golden Hits, Volume 1’ yang dirilis pada tahun 1979. Masih ingat Moms?

why do you love me

so sweet and tenderly

I’ll do everything

to make you happy

6. Kembali ke Jakarta

Lagu hits ini masuk dalam album ‘Dheg Dheg Plas’ yang rilis tahun 1969.

Ke Jakarta

aku kan kembali

walaupun apa yang kan terjadi

Ke Jakarta

aku kan kembali

walaupun apa yang kan terjadi

7. Diana

Moms, siapa yang masih hafal sama lirik lagu ciptaan Tony Koeswoyo ini? ‘Diana’ merupakan hits dari Koes Plus yang masuk dalam album ‘Koes Plus Volume 8’ yang rilis di tahun 1973.

Diana…Diana

kekasihku

bilang pada orang tuamu

cincin permata yang jeli itu

tanda kasih sayang untukmu

8. Kapan-kapan

‘Kapan-kapan’ merupakan lagu yang diciptakan oleh Tonny Koeswoyo yang masuk dalam album ‘Koes Plus Volume 10’ yang rilis pada tahun 1974. Beberapa waktu lalu, lagu fenomenal dari Koes Ploes ini juga dinyanyikan oleh Djarot Saiful Hidayat. 

Kapan-kapan

kita berjumpa lagi

kapan-kapan

kita bersama lagi

mungkin lusa

atau di lain hari

9. Manis dan Sayang

Lagu ciptaan Tonny Koeswoyo ini masuk dalam album ‘Dheg Dheg Plas’ dan dirilis pada tahun 1969. Lagu ini pun kembali didaur ulang juga oleh Marshanda dalam album keduanya yang bertajuk ‘Marshanda’.

Tersenyum dianya padaku

Manis manis manis

Kubelai rambutnya yang hitam

Sayang sayang sayang

Alangkah senang hatiku bila kudekat denganmu

Alangkah senang hatiku sayangku hanya untukmu

10. Muda-Mudi

Lagu terbaik dari Koes Plus ini masuk dalam album ‘Koes Plus Volume 9’ yang rilis tahun 1973. 

Muda-mudi jaman sekarang

Pergaulan bebas nian

Tiada lagi orang yang melarang

Tapi sayang banyak salah jalan

Lalalala… Lala…

Tiada lagi orang yang melarang

Tapi sayang banyak salah jalan

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.