12 Buah dan Sayur yang Bisa Bikin Awet Muda, Mau?

0
Ilustrasi Awet Muda

Seruni.id – Siapa sih yang tak ingin terlihat muda dan cantik? Banyak cara bisa dilakukan. Mulai dari olah raga, diet sehat, bahkan sampai ada yang melakukan operasi plastik. Tanpa minum obat dan perawatan tubuh berlebihan, Anda bisa tetap awet muda lho!

Sudah sejak lama kita ketahui buah dan sayur disebut-sebut sebagai makanan yang membuat seseorang bisa awet muda. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan antioksidan yang bersifat menghidrasi dan menyembuhkan dalam buah dan sayuran.

Tentu saja, pendapat tersebut tidak salah. Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan operasi plastik, suntik botox, atau prosedur kecantikan lainnya yang melibatkan penggunaan zat kimia, tak ada salahnya lebih dulu mengonsumsi beberapa buah dan sayur di bawah ini untuk mendapatkan tampilan wajah awet muda.

Baca juga: Cara Rahasia Menjaga Tubuh dan Kulit Tetap Awet Muda

Berikut jenis buah dan sayur yang dipercaya dapat membuat kita awet muda:

1. Tomat

Kandungan lycopene dalam tomat bisa mencerahkan kulit. Sementara kandungan vitamin C-nya membantu menghilangkan noda dan jerawat. Tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa menghalau kerut dan radikal bebas yang merusak kulit.

Tomat

2. Mentimun

Dengan meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata membantu mengurangi sembap loh. Ternyata menambahkan mentimun segar ke dalam makanan Anda juga membantu menghasilkan kulit bersih, berkilau, dan mengurangi jerawat. Mentimun mengadung silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen kulit, mengurangi kerut, dan menjadikan kulit elastis serta awet muda.

3. Wortel

Wortel kaya kandungan beta-karoten Dengan mengonsumsi wortel mentah bisa membuat kulit tetap kenyal dan muda.

Tak perlu jauh-jauh berjemur ke pantai, mengonsumsi satu cangkir wortel sehari membantu Anda mendapatkan warna kulit yang bagus dan bersinar. Anda pun tak perlu khawatir terpapar matahari yang bahkan riskan memberikan efek buruk bagi kulit dan tubuh.

4. Lemon

Memeras sedikit sari lemon untuk kemudian ditambahkan pada air minum bisa mendetoks dan membersihkan liver. Liver yang bersih tentu berdampak pada kulit.

Jangan lupa untuk minum cukup air putih saat Anda melakukan hal ini. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan cairan tubuh berfungsi sempurna merupakan kunci tampil awet muda.

5. Kubis

Mungkin belum banyak yang mengetahui jika kubis mengandung banyak vitamin K, yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Sayuran ini juga mengandung banyak serat yang dapat membantu kelancaran saluran pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

6. Buah beri

Buah beri mengandung flavonoid. Flavonoid ini kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. Memulai hari dengan segelas jus beri, sebuah minuman sederhana yang lezat dengan sederet manfaat. Buah beri banyak mengandung antioksidan dan dapat melawan berbagai radikal bebas.

7. Gandum

Gandum merupakan makanan yang dianjurkan untuk kesehatan jantung. Ternyata gandum tidak hanya kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan, tapi juga gandum juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga berat badan dapat terkontrol dengan baik.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung lemak tidak tersaturasi, yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga banyak mengandung antioksidan, yang dapat menurunkan kadar radikal bebas di dalam darah.

9. Kale

Kale merupakan sayuran yang mempunyai rasa lezat serta dapat membuat Anda selalu tampak awet muda. Kale memiliki kandungan senyawa anti-oksidan yang dapat membuat tubuh Anda melawan radikal bebas serta mempertahankan kolagen.

 

Kale memiliki kandungan beberapa nutrisi yang dapat mencegah radikal bebas seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium, magnesium serta tembaga. Kalium akan membantu tubuh memperoleh detak jantung yang normal sehingga peredaran darah serta oksigen berjalan dengan lancar. Hal ini juga dapat membuat tubuh Anda makin sehat serta kulit menjadi lembut.

10. Bayam

Sayur bayam yang hijau memiliki kandungan banyak zat klorofil ternyata juga sangat baik untuk memelihara kesehatan serta penampilan kulit. Bayam juga memiliki kandungan zat besi yang membantu produksi sel darah merah berjalan dengan baik.

Tubuh Anda akan mempunyai cukup darah serta oksigen yang membantu perawatan kolagen alami dalam tubuh. Selain itu bayam kaya dengan fitonutrisi yang dapat menberikan perlindungan untuk kulit akibat terlalu sering terserang paparan sinar matahari. Bahkan juga bayam juga dapat melindungi gen tertentu yang dapat mencegah kolagen bertahan serta terhindar dari kanker kulit.

11. Paprika Merah

Paprika merah memiliki kandungan banyak zat warna alami yakni likopen. Likopen sangat berguna untuk meningkatkan kolagen alami pada tubuh. Selain itu likopen juga memberi perlindungan kerusakan kulit akibat terlalu sering terserang paparan cahaya matahari. Vitamin C dalam paprika merah memberi perlindungan yang tinggi sebagai bahan anti-oksidan.

Bahan anti-oksidan ini akan beredar ke seluruh bagian tubuh serta dapat meningkatkan penyerapan protein pada jaringan tubuh termasuk juga kulit. Jadi Anda dapat memasukkan paprika dalam beberapa menu makanan atau mencampurkannya dalam salad sayuran serta buah-buahan.

12. Bit

Bit adalah buah sehat berwarna merah yang dapat memberi perlindungan penting untuk kulit Anda. Pigmen warna pada buah bit yang banyak mengandung betasianin akan membantu tubuh melawan pembentukan kanker kulit. Selain itu kandungan bahan ini juga dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat cahaya matahari.

Bit akan membantu Anda tampak lebih muda karena mempunyai sistem peredaran darah yang sehat karena jantung yang sehat juga. Maka bit akan jadi buah super untuk memelihara penampilan kulit.

bunch of leafy fresh beets isolated on white

Buah dan sayur yang telah disebutkan di atas, sangat mudah ditemukan, bukan? Yuks, mulai rutin konsumsi asupan tersebut.

Akan jauh lebih baik jika ditambah olahraga secara teratur. Jauhkan rokok dan alkohol. Bila sudah semuanya dilakukan, awet muda bukan lagi sekedar impian loh. Buktikan deh.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.