5 Manfaat Liburan Bersama Keluarga

0
mengajak anak traveling

Seruni.id – Aktivitas yang menyenangkan yang ditunggu oleh seluruh anggota keluarga adalah berlibur. Moms pasti sangat tahu berlibur ke suatu tempat menjadi momen yang dinanti-nanti oleh kita dan keluarga.

Berlibur dapat menyegarkan hati dan pikiran kita. Liburan akan menjadi terasa lengkap jika dilakukan bersama keluarga. Setuju kan Moms?

Liburan bersama keluarga menjadi momen paling dinanti. Liburan bersama keluarga adalah momen indah dan menyenangkan. Karena bisa berkumpul, bercanda dan bercengkarama bersama keluarga sambil menikmati indahnya alam.

Berikut adalah 5 alasan liburan bareng keluarga bikin bahagia. Simak yuks Moms!

  1. Mengobati Stres dan Beban Pikiran

Rutinitas harian, seperti bekerja di kantor, tugas rumah tangga, sekolah, kegiatan ekstrakulikuler, les, belajar kelompok, dan lain sebagainya secara tidak langsung menjauhkan sedikit fokus memikirkan keluarga.

Aktivitas rutin yang dilakukan setiap harinya pun bisa menimbulkan ketegangan pikiran dan stres. Rutinitas pun membuat kita jenuh yang akan membuat kita tertekan.

Bahkan, efek jenuh dari rutinitas, ada yang melampiaskan masalah di kantor maupun sekolah saat berada di rumah. Membuat orang rumah ikut tertekan dan mengalami depresi.

Untuk membuat suasana rumah dan menambah keharmonisan dalam keluarga. Ada baiknya kita meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga. Istirahat sejenak dari aktivitas harian yang membuat hubungan antar keluarga saling berjarak karena waktu masing-masing.

Ketika kamu berlibur besama keluarga, bisa mengikis hal-hal yang membuat lelah dan mengurai kejenuhan yang melanda diri kita. Hal ini dikarenkan liburan bersama keluarga mengganti rutinitas yang membosankan dengan kisah-kisah menyenangkan.

2. Anak Melihat Orangtua Sebagai Problem Solving

Saat liburan bersama keluarga, tentu kita sudah merencanakan semuanya sebelum pergi. Mulai dari baju apa yang akan dikenakan, kapan mengemas perlengkapan berlibur, dimana akan menginap, transportasi apa yang akan digunakan, tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, bahkan kapan waktu untuk belanja untuk oleh-oleh sudah dibuat rencananya.

Sebelum dan saat berlibur, kerjasama antar keluarga akan terbangun sendirinya. Namun, terkadang liburan yang sudah direncanakan bisa jadi mendapatkan kendala di luar ekspektasi. Sebagai orang tua, saat itu lah peran kita untuk menjadi problem solving.

Anggota keluarga lain, terutama anak-anak akan melihat dan mengalami bagaimana orangtuanya menjadi pemecah masalah yang dihadapi. Hal tersebut dapat menginspirasi anak untuk bertanya dan meminta pendapat kita sebagai orangtua saat mereka menghadapi suatu masalah.

3. Mendapatkan Pengalaman Baru

Mengajak anggota keluarga berlibur bersama bisa memberikan pengalaman baru dan bagaimana memandang dunia yang indah ini. Karena berlibur ke suatu tempat membuat kita dapat mengeksplore tempat baru, budaya baru, orang baru.

Bersama keluarga, kita bersama keluarga bisa mengagumi indahnya alam yang baru, mencoba makanan baru dari suatu daerah, mendengar bahasa baru, adat istiadat suatu daerah. Dan yang pasti semua yang kita akan mendapatkan pengalaman yang berharga dan suatu yang tidak ternilai.

Anak-anak akan dapat belajar tentang sesuatu yang baru dan dapat merasakan pengalaman secara langsung yang mereka akan ingat selama hidupnya. Liburan merupakan media belajar yang tidak diajarkan dibangku sekolah. Anak-anak dapat belajar banyak hal dan sebagai orangtua, kita yang menemani mereka saat belajar tersebut. Nah, priceless kan.

Hal ini akan menambah cara pandang anak-anak tentang caranya bersyukur, berinteraksi dengan alam ataupun sesama manusia, dan menghormati perbedaan.

4. Membuat Hubungan Keluaga Semakin Solid

Berlibur bersama keluarga berarti membentuk sebuah tim saat berlibur. Ketika semua anggota keluarga ikut, mereka pasti memiliki keinginan masing-masing saat liburan berlangsung. Entah itu tempat wisata yang ingin dikunjungi, tempat makan yang ingin didatangi, pentas atau suatu acara yang ingin dihadiri, dan lain sebagainya.

Saat liburan bersama berlangsung, akan banyak diskusi yang menyenangkan dengan seluruh anggota keluarga. Cara ini bisa membuat kita lebih mengenal bagaimana cara berpikir satu sama lainnya. Hal-hal tersebut dapat membentuk kerjasama yang mengasyikkan dan membuat solid keluarga.

 

5 Menciptakan Kenangan-kenangan Indah

Keluarga memang tempat yang nyaman di saat kepusingan datang dari lingkungan luar. Keluarga merupakan penyejuk dan penghibur hati kita pastinya. Apalagi saat liburan bersama keluarga, bisa menjadi sarana yang sangat tepat untuk relaksasi dan membuat kenangan-kenangan indah yang tak akan terlupakan.

Kenangan yang tercipta saat berlibur bersama akan menempel untuk waktu yang sangat lama dan tidak tergantikan. Kita mungkin selama ini hanya bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga saat malam hari saja atau jam-jam tertentu saja. Tapi saat berlibur besama keluarga waktu bersama akan lebih banyak dan akan ada banyak momen menyenangkan kamu lewati bersama.

Momen saat kita menjalani aktivitas berlibur bersama, hal itu akan menjadi momen yang berharga di masa depan. Indah dan tak tergantikan. kita dan keluarga akan merasakan ikatan yang luar biasa satu sama lainnya.

Yuks Moms, rencanakan untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Kita akan mendapatkan kebahagiaan yang tak tergantikan dan tak terlupakan. Jangan ragu ya Moms untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

 

-Arumadewi-

LEAVE A REPLY