5 Penyakit yang Dapat Diatasi dengan Putri Malu

0
bobo.grid.id

Seruni.id – Siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan putri malu yang daunnya kerap mengatup saat disentuh? Putri malu (mimosa pudica) ini tergolong tumbuhan liar. Namun, siapa sangka tumbuhan yang memiliki duri dan daun kecil ini mengandung banyak manfaat.

Kandungan tanin, mimosin dan asam pipekolinat menjadikan semua bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Hampir seluruh bagiannya dapat digunakan. Berikut khasiat dari putri malu yang jarang diketahui.

1. Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan yang terjadi akibat adanya toxin ataupun karena infeksi yang diakibatkan oleh zat kimia. Penyakit hepatitis ini bahkan dapat memicu terjadinya kanker hati yang akan merusak fungsi hati dalam menetralisasi racun bila tidak ditangani dengan baik.

Banyak orang yang mengkomsumsi obat-obatan demi mengurangi efek dari penyakit ini. Tapi tahukah kamu, kalau putri malu berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit hepatitis. Caranya, putri malu direbus kemudian diminum. Kandungan tanin didalamnya dapat membantu mengembalikan fungsi hati.

2. Herpes

Herpes atau cacar air ini merupakan salah satu penyakit yang diakibatnya oleh virus. Kandungan mimosin dan asam pipekolinat dalam putri malu dapat menghentikan penyebaran dari virus dan memulihkan sistem imun.

3. Rematik

Rematik, penyakit yang menyerang persendian ini sering dialami oleh mereka yang berusia lanjut. Namun saat ini, tak jarang mereka yang masih berusia muda sering terserang penyakit ini. Akar dari mimosa pudica dapat digunakan sebagai obat rematik. Caranya, rendam akar mimosa pudica sebanyak 15 gram ke dalam 500 cc arak putih selama 2 minggu, kemudian tempelkan ke bgaian yang sakit.

4. Panas Tinggi

Jika mengalami panas tinggi secara tiba-tiba, maka jangan segera mengomsumsi obat-obatan dengan dosis tinggi. Ada baiknya kamu mencoba pengobatan alami seperti putri malu.

Baca Juga: Bolehkah Mandi Saat Sedang Demam?

5. Bronkhitis

Bronkhitis merupakan salah satu penyakit yang penyerang organ pernapasan yaitu paru-paru. Putri malu dapat bermanfaat juga untuk memulihkan fungsi dari paru-paru. Cara membuat ramuannya, yakni menggunakan 60 gram akar putri malu. Setelah dicuci bersih dicampur 600 cc air lalu direbus dengan api kecil. Setelah airnya tinggal sekitar 200 cc segera diangkat. Air hasil rebusan dibagi untuk dua kali minum dalam sehari.

Nah, setelah melihat penjelasan di atas, apakah kamu mulai berminat untuk memanfaatkan khasiat dari tanaman tersebut? Tapi perlu diingat bahwa tanaman ini tidak boleh dikomsumsi oleh ibu hamil sebab dapat mengganggu pertumbuhan janin. Selain itu, penggunaan akarnya dalam jumlah dalam dosis yang banyak bisa berujung keracunan dan muntah-muntah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.