6 Fakta Mengenai Amena Khan, Model Berhijab L’Oreal Pertama

0
Amena Khan

Seruni – Dalam sebuah video produk rambut keluaran L’Oreal, Elvive, seorang model berhijab berkata, “Whether or not your hair is on display doesn’t affect how much you care about it.” Model tersebut bernama Amena Khan, wanita berhijab pertama yang dikontrak iklan oleh perusahaan besar sekelas L’Oreal.

Saat itu, Amena mematahkan stereotip bahwa model untuk merek internasional akan melulu diperankan oleh wajah-wajah Kaukasia dengan rambut yang terurai. Namun, sayangnya tidak sampai seminggu, Amena lantas mengumumkan bahwa dirinya mundur sebagai model dari kampanye iklan tersebut.

Serangkaian cuitannya pada tahun 2014 lalu ternyata menimbulkan pro-kontra. Cuitan itu berisi kritik pedasnya terhadap aneksasi Israel di Palestina. Juru bicara L’Oreal pun mengiyakan bahwa Amena sudah memutuskan resign sebagai wajah dari lini produk terbaru mereka, Elvive.

Siapa sih Amena Khan ini? Simak yuks 6 fakta muslimah ini!

  1. Memiliki Perusahaan

Amena Khan adalah pendiri perusahaan Pearl Daisy Ltd di Leicester. Dia adalah inspirasi bagi banyak wanita Muslim, yang mengamatinya Youtube-Channel Amenakin. Perusahaan ini bergerak di bidang butik muslimah yang menyediakan berbagai macam Hoojab rancangan Amena, aksesoris, hingga kosmetik

Diawali saat ia merancang jenis jilbab baru, Hoojab, yang terdiri dari kap mesin ‘dan dua, sayap’. Setelah memiliki gagasan itu, Amena mencoba untuk membuatnya yang diperuntukkan untuk dirinya sendiri.

Saat publik melihat disain Amena di saluran YouTube pribadinya, publik pun ingin membelinya juga. Oleh karena itu, Amena mulai memproduksi dan menjual Hoojab dan mendirikan perusahaan, Pearl Daisy Ltd.

2. Merupakan Fashion Blogger

Amena diketahui aktif melalui dua blog, amenaofficial.com dan pearl-daisy.com. Melalui amenaofficial.com, Amena rutin berbagi tentang kegiatan sehari-harinya yang tidak jauh dari dunia kecantikan, dunianya perempuan. Mulai dari detail busana yang ia kenakan hingga ulasan kosmetik favoritnya. Sedangkan melalui pearl.daisy.com, Amena memperkenalkan dan menjual busana online milik Amena yang menjual produk muslimah, seperti scarf, Hoojab, kosmetik, dan aksesoris.

3. Keturunan Iran dan India

Amena diketahui sebelumnya merupakan perempuan dari India. Namun, wajah cantik Amena ternyata juga berasal dari Nenek Amena yang berasal dari Iran yang kemudian bermigrasi ke India. Amena beserta keluarga besarnya kemudian selama beberapa tahun tinggal di sana, tepatnya di kota Hyderbaad, sebelum akhirnya menetap di Leicester, Inggris hingga sekarang.

4. Memiliki Suami dan Dua Anak

Amena sudah menikah dengan seorang pria bernama Osaama dan dikaruniai dua orang anak. Keharmonisan mereka nampak dalam beberapa postingan Amena di akun media sosial pribadinya.

5. Merupakan model hijab L’Oreal Pertama

Melalui postingan pada akun Twitter-nya @amenaofficial, Amena mengumumkan dirinya menjadi model iklan produk perawatan rambut L’Oreal Paris. Amena adalah model hijab pertama yang pernah dikontrak iklan oleh merek besar seperti L’Oreal. Pernyataan dalam salah satu postingan di akun Instagram-nya, menyebut bahwa kerja samanya dengan L’Oreal adalah sebuah “game changing new campaign”.

6. Mundur Sebagai Model L’Oreal Setelah Cuitannya yang Mengkritik Israel Di-Blow Up Media
Pada tahun 2014, Amena pernah memposting serangkaian cuitan di akun Twitternya. Cuitan tersebut mengutuk kekejian Israel dalam perang di Gaza. Amena memaparkan bahwa dalam perang itu, lebih dari 2.250 rakyat Palestina terbunuh, sebagian besarnya adalah warga sipil. 
Dalam salah satu cuitan yang sekarang sudah dihapus, Amena menyebut Israel “child killers”. Ternyata serangkaian cuitan pembelaannya untuk Palestina diangkat oleh media AS, The Daily Caller. Akibatnya, kontroversi pun merebak. Banyak pro dan kontra yang menyertai cuitan Amena tersebut. 
 
Pada tanggal 22 Februari, tidak sampai seminggu setelah pengumumannya sebagai model L’Oreal, Amena mengumumkan dirinya mundur sebagai model dari produk perawatan rambut milik perusahaan asal Perancis tersebut.

-Arumadewi-

 

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.