6 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker

0
obatnanoteknologi.com

Seruni.id – Mayoritas kanker diderita karena dua faktor utama, yang pertama adalah faktor genetik, dan yang kedua adalah gaya hidup tidak sehat. Mulai sekarang, coba ubah gaya hidup terutama pola makan kamu dengan makanan-makanan sehat. Tidak sulit kok, kamu cukup rutin konsumsi makanan yang dapat mencegah kanker.

Kalian tentu mengenal namanya kanker, bukan? Kanker adalah salah satu penyakit yang mengancam seiring dengan meningkatnya gaya hidup tidak sehat. Misalnya, aktivitas, jarang berolahraga, jenis makanan dan minuman yang manis dalam bentuk yang menggoda. Dan satu hal yang kita ketahui sebenarnya, kanker bisa dihindari, selain olahraga yang baik ada beberapa makanan yang mampu mencegah kanker. Berikut deretan makanan yang dapat mencegah kanker:

Brokoli

Image result for Brokoli
travel.tribunnews.com

Bukan tanpa alasan brokoli disebut sebagai salah satu sayuan tersehat yang wajib kamu konsumsi. Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang bisa mencegah penyebaran sel-sel kanker ke bagian tubuhmu yang lain. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa brokoli bisa memperlambat proses penyebaran tumor. Brokoli juga bisa mengurangi kadar zat pemicu kanker atau karsinogen di dalam tubuh, serta menangkal radikal bebas.

Lemon atau Buah Sitrus

Image result for Lemon atau Buah Sitrus
style.tribunnews.com

Pebuah penelitian di Australia menemukan, konsumsi lemon maupun buah sitrus lainnya setiap hari dapat mengurangi risiko kanker mulut, tenggorokan, dan juga lambung.

Salmon

Image result for Salmon
stjeans.com

Penelitian di Australia juga menemukan, makan empat porsi ikan salmon setiap minggu, mampu mengecilkan risiko kanker darah leukimia, myeloma, dan lomfoma non hodkins. Studi lain menyebutkan asam lemak omega 3 dalam ikan dapat menurunkan risiko kanker endometrium pada wanita.

Kiwi

Image result for Kiwi
livestrong.com

Buah berwarna hijau ini ternyata mampu untuk mencegah kanker loh. Buah kiwi mengandung antioksidan tinggi untuk melawan sel kanker. Mengonsumsi buah kiwi setiap hari baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dua Cangkir Teh

Image result for Dua Cangkir Teh
food.detik.com

Meninum dua cangkir teh hitam setiap pagi dapat menurunkan 32 persen kanker ovarium dibandingkan mereka yang minum hanya satu cangkir atau kurang. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, kandungan flavonoid dalam teh dapat mereduksi peluang perkembangan kanker.

Kurma

Image result for Kurma
klikdokter.com

Siapa yang suka dengan buah yang satu ini? Ternyata kurma juga menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah kanker. Kurma mengandung polifenol yang tinggi. Kandungan ini mampu memberikan perlindungan tubuh dari stres oksidatif yang dapat memicu terjadinya kanker. Selain itu vitamin B6 dan serat di dalam kurma dapat mencegah beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Mengonsumsi Kurma Nabi

Jadi, mulai sekarang jagalah selalu kesehatan Anda. Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi 6 makanan yang dapat mencegah kanker seperti yang sudah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.