6 Tips Dekorasi Rumah yang Ampuh Usir Stres

0

Seruni.id – Rumah bisa dikatakan sebagai cerminan dari pemiliknya. Adapun alasan di balik ungkapan tersebut adalah lingkungan di dalam dan di sekitar rumah memainkan peran penting dalam menjaga suasana hati dan mental Anda.

Itulah mengapa rumah harus nemiliki suasana yang baik dan menyenangkan. Suasana rumah harus bisa membawa kenyamanan bagi penghuninya, sehingga penghuni rumah tersebut dapat mengurangi rasa penat dan stres setelah seharian terjebak dengan aktivitas yang padat di luar rumah.

Dilansir dari House Beautiful, Selasa 19 Desember 2017, berikut ini adalah tips untuk mendekorasi rumah yang dapat menurunkan tingkat stres penghuninya.

1. Letakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah

Menurut Journal of Environmental Psychology, tanaman di dalam rumah dapat membantu untuk menurunkan tingkat stres loh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk meletakkan berbagai tanaman hias di dalam rumah.

2. Gunakan Cat Dinding Berwarna Biru

Di dalam rumah, dianjurkan untuk menggunakan cat dinding yang netral dan lembut. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan warna netral salah satunya adalah biru dapat mengurangi tekanan darah dan menimbulkan rasa kantuk. Sehingga bisa mudah untuk beristirahat dan rasa lelah dapat cepat meredam melalui istirahat yang cukup tersebut. Karenanya warna biru ini sangat baik digunakan, terutama untuk kamar tidur.

3. Jaga Agar Rak Buku Anda Padat

Wah untuk yang satu ini sepertinya sulit untuk dilakukan bagi Anda pencinta buku. Namun, trrnyata tumpukan pernak-pernik dan buku yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan yang berantakan, yang menyebabkan kortisol (hormon stres) meningkat. Menurut Society for Personality and Social Psychology, ruang kosong memberikan banyak manfaat, salah satunya menurunkan tingkat stres.

4. Gunakan Bunga Segar

Berdasarkan ketua dari Floriculture Internasional, Ellison, bunga segar memberikan keindahan dan estetika alami yang sangat dapat menenangkan serta dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan. So, jangan ragu untuk meletakkan berbagai bunga segar pada sisi rumah Anda.

5. Letakan Tempat Tidur dengan Bijak

Sebaiknya letakkan tempat tidur di sisi yang berlawanan dengan arah pintu masuk, agar menciptakan aura santai pada kamar. Jika aura santai terbentuk, maka penghuni kamar pun dapat istirahat dengan nyaman.

 

6. Jaga Agar Jendela Tetap Terbuka

Peneliti dari University of Pittsburgh menemukan fakta bahwa ketika pasien rumah sakit terpapar cahaya alami, sedikit rasa sakit dan stres padien berkurang. Jadi, sebaiknya buka lebar jendela Anda agar sinar matahari dapat menerangi seluruh rumah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.