Agar Anak Tidak Hobi Makan Junk Food

0
okezone.com

Gulalives.co – Siapa yang tidak setuju kalau jenis makanan satu ini memang sangat menggoda, apalagi dengan rasanya yang sangat lezat. Jadi, tidak heran kalau banyak orang, baik dewasa pun anak-anak, memiliki ketertarikan berlebih dengan makanan yang satu ini.

Related image
hanyatauaja.com

Namun, tahukah kamu Moms, jika junk food yang kita berikan pada anak, akan membawa dampak buruk bagi kesehatannya? Atau jangan-jangan, Moms salah satu orang tua yang sering mengiming-imingi anak kalian dengan, “Pagi ini makan sayur, ya. Nanti malam kita makan di restoran xxx,” Kalau kamu salah satu yang begini, mulai sekarang diubah, ya. Kali ini Seruni akan membagikan tips, bagaimana agar anak kita tidak menjadi keranjingan junk food!

Zaman sekarang banyak orang lebih memilih untuk mengonsumsi junk food dibandingkan makanan sehat. Kenapa? Karena junk food lebih menggoda dari cara penyajian pun rasanya. Kita juga pasti tahu kan kalau beberapa jenis makanan junk food seperti kentang goreng, cola, burger, kebab, MCDonald’s, Pizza Hut dan juga KFC ini menjadi jenis makanan yang sering kita konsumsi? Bahkan sudah menjadi menu kita sehari-hari. Namun, bahaya yang timbul dari jenis makanan seperti ini juga tidak kalah buruknya lho, Moms! Jadi, kita perlu usaha ekstra agar si kecil tidak mengonsumsi junk food terus-menerus.

Siapkan Camilan Sehat

Related image
gilajajan.com

Cara pertama agar anak bisa berhenti makan junk food adalah dengan menghidangkan camilan sehat seperti buah, sayuran, pun biskuit gandum dengan keju. Kita bisa siapkan camilan sehat di tempat yang mudah dijangkau anak-anak, seperti di meja makan. Jadi, saat mereka merasa lapar, anak kita pun langsung bisa mengambilnya dengan mudah.

Kita juga bisa menyiapkan mangkuk dengan isi buah-buahan di tempat yang mudah dilihat, sehingga anak kita pun langsung dapat menikmatinya. Kenapa dengan cara seperti ini? Karena ternyata anak-anak cenderung ingin makan apa yang ada di depan mereka.

Jangan Bawa Junk Food ke Rumah

Related image
blog.danone.ca

Kalau kita tidak ingin anak makan makanan tersebut, maka jangan simpan atau bawa junk food ke rumah. Dengan begitu, anak kita tak akan melihat dan memintanya. Lantas, bagaimana cara lain yang bisa kita lakukan? Yakni dengan memasak hidangan yang mirip dengan menu junk food, tapi dengan versi yang lebih sehat. Cara ini dapat mengurangi konsumsi junk food pada anak, lho.

Kita juga gak perlu tawar-menawar dengan anak. Iya, jangan gunakan junk food sebagai alat tawar-menawar, apalagi memberikan hadiah berupa junk food agar anak mau makan makanan sehat, duh ini salah besar deh. Kita juga perlu mengajarkan anak-anak kita menghitung berapa banyak makanan yang sudah mereka konsumsi dalam satu hari.

Jangan Larang Anak Makan Junk Food

Related image
maltatoday.com.mt

Selain jangan bawa junk food ke rumah, kita juga tidak perlu benar-benar melarangnya, karena hal ini justru bisa mengakibatkan rasa penasaran anak menjadi semakin tinggi. Dengan begini juga, akan membuat mereka cenderung makan banyak junk food di setiap kesempatan yang mereka punya, seperti di acara sekolah, ulang tahun teman, dan lainnya.

Kita cukup ajarkan anak untuk mencicipi semua jenis makanan dalam jumlah kecil, tetap izinkan mereka untuk makan junk food di rumah teman mereka, tapi jangan kalau sedang di rumah. Lebih baik anak makan junk food dengan sepengetahuan kita kan? Daripada harus menemukan mereka mengunyah junk food diam-diam?

Berikan Contoh

Image result for child and parent eat healthy food
webmd.com

Jika kamu mau si kecil tidak tertarik mengonsumsi junk food, tentunya sebagai orang tua, kita juga dilarang untuk mengonsumsi junk food dong? Hal ini sangat harus dilakukan, karena anak-anak cepat belajar dari apa yang mereka lihat, dan apa yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri akan sangat mudah untuk mereka contoh.

Jadi, kalau kita mau si kecil tidak tertarik dengan junk food, tentunya kita juga harus menghindari agar si kecil tidak memakan junk food. Selain menyiapkan camilan sehat, kita juga bisa menanyakan apa sih kira-kira camilan yang mereka mau? Nanti bisa kita siapkan dengan versi yang lebih sehat.

Jangan Berikan Junk Food Sebagai Hadiah

Image result for Jangan Berikan Junk Food Sebagai Hadiah
job-like.com

Seperti yang sudah kita bahas tadi, umumnya para orang tua terbiasa menghadiahkan anak untuk makan di restoran cepat saji, saat mereka mengalami kenaikan kelas atau memenangkan perlombaan. Nah, hal ini salah satu kesalahan besar yang wajib dihindari, agar anak berhenti makan junk food.

Alternatifnya, kita bisa memberikan alat gambar, mainan kesukaan, alat olahraga seperti raket badminton, atau bahkan kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatian anak terhadap keinginannya untuk konsumsi junk food.

Jadi, mulai sekarang sudah tahu kan Moms, bagaimana caranya menghindari anak dari makanan bahaya satu ini?

LEAVE A REPLY