Agar Hasil Foto Kamera Ponsel Setara DSLR

0

Ngelmu.co – Tak diragukan lagi, kualitas kamera smartphone yang semakin meningkat, membuat sejumlah orang yang sebelumnya jarang mengabadikan momen menjadi gemar berfoto ria, mengabadikan segala momen yang mereka lalui. Tanpa kamera DSLR, setiap momen bisa diambil dengan mudah.

Namun, sayangnya foto yang dihasilkan dari kamera ponsel terbilang masih terbatas kualitasnya dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal tersebutt, tidak hanya karena besar kecilnya resolusi atau ukuran sensor gambar yanag ada di dalamnya, tetapi juga karena cara kita mengoperasikannya.

Untuk mendapatkan foto dengan hasil yang ciamik, Anda hanya perlu menerapkan beberapa trik ini saja di smartphone Anda loh. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil foto kamera smartphone Anda seperti layaknya foto kamera DSLR.

Baca juga: Cara Memotret Gerhana Bulan Total Pakai Kamera Ponsel

1. Kuasai Tehnik Dasar 

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, yang harus dipahami pertama kali adalah teknik dasar fotografi. Kuasai teknik dasar fotografi, yaitu komposisi dasar dan pencahayaan.

Berkenaan dengan komposisi dasar, komposisi dengan prinsip rule of third bisa menjadi percobaan awal Anda. Anda bisa membuat garis imajiner yang membagi foto menjadi tiga bagian vertikal maupun horisontal. Kemudian Anda bisa memposisikan point of interest di sepertiga atas/bawah atau di kiri/kanan.

Sedangkan yang terkait dengan pencahayaan untuk menyiasati pencahayaan yang sulit, Anda bis memakai mode pemotretan seperti night scene, siluet, HDR, dan lainnya sesuai kondisi.

Jangan lupa untuk memperhatikan arah datangnya cahaya, belakang, samping atau depan. Anda juga harus cermat mengatur komposisi agar cahaya berimbang ditiap bagian. Cahaya dari depan dan samping subjek bisa memberikan hasil yang lebih baik loh.

2. Tetapkan fokus obyek foto

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan foto yang bagus, sebaiknya Anda menetapkan satu fokus dan membiarkan yang lain menjadi background. Fitur yang bisa membantu kita untuk fokus ke satu objek itu adalah fitur Macro.

Foto macro yang sering kita kenal adalah foto bokeh. Dengan fitur ini kita bisa mengambil gambar dengan posisi sangat dekat dan kamera akan otomatis mencoba fokus ke objek paling depan terdekat posisinya dari kamera dengan latar foto yang ngeblur.

Dari semua fitur DSLR, efek bokeh merupakan salah satu yang paling digemari. Efek dengan auto focus ini juga bisa kamu buat dari kamera smartphone kamu loh. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil objek foto dari jarak dekat. Selain itu beberapa smartphone saat ini juga sudah dilengkapi dengan efek ini, nah jadi lebih mudah kan.

Bagusnya antara fokus dan background harus kontras antara warna dan ketajaman. Foto bokeh ini sangat cocok untuk mengambil foto bunga atau apapun sih yang ingin kita buat dengan efek fokus ke objek tertentu.

3. Dekatkan Kamera ke Obyek, Jangan Gunakan Zoom

Kamera ponsel pada umumnya memperkecil obyek foto. Oleh karena itu, selalu usahakan agar Anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Sebab, zoom akan menurunkan resolusi foto Anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.

Jangan lupa juga, banyak kamera smartphone yang benar-benar dapat menghasilkan foto detil ketika Anda mendekatkan kameranya ke obyek foto. Karena, sensor kecil yang ada pada kamera smartphone memberikan ke dalam ruang yang lebar sehingga Anda bisa membidik seluruh objek foto dengan lebih fokus. Tambahan lagi, ketika semakin dekat dengan obyek foto, Anda juga dapat mengontrol pencahayaan dengan lebih leluasa.

Perlu diperhatikan, fungsi zoom digital pada ponsel memang cukup membantu saat mengambil gambar dari jarak jauh. Namun, jika diperhatikan di preview-nya, semakin Anda melakukan zoom, kualitas gambar terlihat menurun.

Zoom akan menurunkan resolusi foto Anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam. Jika kamera ponsel Anda memiliki sensor beresolusi 8 megapiksel atau lebih, lebih baik lakukan cropping dari foto yang dihasilkan daripada menggunakan zoom.

Oleh karenanya, berpura-puralah kalau kamera smartphone Anda tidak memiliki fungsi pembesaran gambar tersebut.

4. Matikan Fitur Flash

Kamera pada smartphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat di keremangan. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi. Hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, kamu bisa menggunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash.

Bukan menjadi rahasia kalau hasil foto kamera digital dengan flash ternyata hasilnya kurang natural bahkan hasilnya kurang bagus. Akan tetapi, saat mematikan fitur otomatis flash akan menyebabkan kamera lebih lama mengambil gambarnya karena si kamera berusaha sekuat tenaga untuk mengumpulkan cahaya sebanyak banyaknya dari luar. Saat seperti itu, harus diatasi jangan sampai getar atau goyang tangan anda, karena akan menyebabkan blur. Untuk kamera digital dengan image stabilizer sudah tidak perlu khawatir namun akan lebih baik jika menggunakan tripod biar tidak goyang.

5. Pegang HP Se-stabil Mungkin

Ya, semakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Jadi usahakan selalu agar tangan Anda bisa tetap tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan. DIsarankan menggunakan tripod untuk mendapatkan kestabilan saat mengambil foto.

6. Coba Edit Foto

Jika Anda menginginkan hasil foto unik, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan Aplikasi editing foto. Anda bisa memakai aplikasi berbagi foto Instagram atau yang lainnya. Ada juga aplikasi editing seperti Snapseed, Photoshop Express, dan iPhoto.

Ketiga aplikasi edit foto tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur penyesuaian gambar yang tidak berlebihan, seperti kontras, ketajaman, dan suhu warna.

Jangan ragu untuk memainkan fitur editing yang tersedia di ponsel. Anda bisa menaikkan ataupun menurunkan level brightness sesuai keinginanmu. Jangan takut akan merubah versi asli foto, karena dengan itu, Anda dapat menambahkan nilai estetis foto kamu.

Jika ingin hasil yang lebih baik, cobalah untuk mengolah foto di komputer. Dijamin hasilnya akan jauh lebih bagus dan Anda pun memperoleh kreativitas yang lebih besar ketika mengolah foto di komputer.

Untuk para wanita pasti sangat akrab dengan efek percantik, terutama saat selfie. Nah, harus dipahami, menggunakan efek ini hanya akan membuat hasil foto Anda tidak lagi natural dan hidup. Anda cukup menggunakan fitur editing yang sudah tersedia di kamera smartphone.

Nah, menarik kan untuk dicoba? Semoga bermanfaat ya. Mengabadikan momen-momen indah Anda dengan mudah, cepat, dan berkualitas dtanpa harus dengan DSLR.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.