Agar Pernikahan Langgeng

0

Seruni.id – Bicara tentang pernikahan, adalah bicara tentang sebuah perjanjian kokoh yang tidak hanya melibatkan sepasang suami istri, keluarga, dan khalayak ramai, tetapi juga melibatkan para malaikat dan tentunya Allah SWT.

Untuk itu, pernikahan seharusnya sebisa mungkin harus terus dijaga dan dipertahankan hingga akhir hayat. Ada 4 hal yang perlu kita terus lakukan agar pernikahan kita langgeng selamanya, yaitu :

1. Saling Mencintai

Ketika memutuskan menikah dengan pasangan lawan jenis kita,  poin pertama yang harus kita sama-sama miliki adalah rasa cinta. Ketika kita saling mencintai, maka sesulit apapun ujian yang datang dan setinggi apapun badai pernikahan yang kita alami, insya Allah akan berganti dengan pelangi dan kebahagiaan.

2. Saling Memberi

 

 

Poin yang kedua setelah saling mencintai adalah saling memberi. Kata orang bijak pun demikian, mencintai berarti memberi dengan ikhlas untuk suami ataupun istri kita, tanpa mengharapkan pamrih maupun imbalan lainnya. Kita akan semakin bahagia ketika kita semakin sering memberi sesuatu untuk pasangan kita.

3. Saling Percaya

Saling percaya adalah salah satu kunci pernikahan yang langgeng. Jika kita sama-sama menanamkan rasa percaya kepada pasangan kita, insya Allah ikatan pernikahan kita menjadi kuat karena tidak ada sedikitpun terbersit rasa curiga dan khawatir, baik dari sisi sang suami maupun sisi seorang istri. Kepercayaan harus dibangun dengan komitmen yang kuat dari kedua belah pihak, tidak bisa hanya salah satu saja.

4. Saling Memaafkan

Dalam pernikahan, pasti ada saja kesalahan kekhilafan yang diperbuat oleh masing-masing pihak, baik oleh istri maupun oleh suami, karena kita bukanlah makhluk yang sempurna. Agar pernikahan kita tetap rukun, poin inilah yang paling penting harus dipraktikan di saat salah satu pihak berbuat salah, yaitu kita harus bisa untuk saling memaafkan. Walaupun terasa sulit dan berat, namun berusahalah untuk memaafkan kesalahannya, tentunya dengan saling berjanji untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Nah Momies, dari 4 poin di atas, jika terus berusaha kita praktikan dalam rumah tangga kita, insya Allah pernikahan kita akan selalu rukun, bahagia, dan langgeng hingga akhir hayat. Aamiin.

-Anggraini-

LEAVE A REPLY