Tips Agar Sholat Khusyu!

0
Sholat Khusyu

Seruni.id – Sholat adalah salah satu Rukun Islam. Setelah bersyahadat, maka kewajiban seorang muslim adalah mendirikan sholat. Agar sholat bisa mencegh dari perbuatan yang keji dan munkar, maka sholat dilakukan dengan khusyu. Bagaimana sholat khusyu tersebut?

Sahabat Rasulullah Shallallaah ‘alaih wa sallam yaitu ‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancau”.

Rasulullah Shallallaah ‘Alaih Wa sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada ALLAH Subhaanahu Wa Ta’aala. Akupun melakukan hal itu dan ALLAH Subhaanahu Wa Ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim).

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Utama Sholat Dhuha!

Pembicaraan tentang shalat membutuhkan pengingatan dan pengulangan, tidak boleh ada kebosanan untuk mendengarkannya. Karena shalat merupakan kewajiban yang paling besar pengaruhnya, paling agung penjelasan dan kebaikannyan dan yang paling berbahaya apabila ditinggalkan. Shalat merupakan tiang agama dan kunci surga Allah.

Barangsiapa yang menjaga shalat, berarti dia telah berpegang dengan syariat Islam dan mengambil pondasinya. Barangsiapa yang melalaikan shalat, berarti dia telah melalaikan agamanya dari pondasinya.

Shalat juga merupakan obat yang bisa menyembuhkan penyakit-penyakit hati, kejelekan jiwa dan penyakit-penyakitnya; bagaikan cahaya yang menghilangkan pekatnya dosa-dosa dan kemaksiatan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
Apabila dia berdiri untuk mengerjakan shalat, kemudian memuji dan mengagungkan Allah dengan pujian yang pantas bagi Allah, dia mengkhusyu’kan hatinya untuk Allah, kecuali dia berpisah dengan kesalahannya sebagaimana keadaannya pada hari dilahirkan oleh ibunya. [HR Muslim].

Agar bisa sholat khusyu dan sempurna, maka cobalah beberapa tips berikut ini untuk dapat sholat khusyu:

  1. Berusahalah untuk memahami arti dari setiap bacaan sholat kita
  2. Bayangkanlah bahwa sholat yang kita dirikan adalah sholat terakhir kita, sehingga tidak ada waktu lagi untuk memperbaiki sholat kita selain di saat tersebut
  3. Ikhlaskan diri kita saat menjalankan sholat hanya untuk menggapai ridho Allah SWT
  4. Jauhkan diri kita dari barang-barang yang haram
  5. Hadirkan Allah dalam setiap gerakan sholat kita. Cinta Allah harus mewarnai niat sholat kita. Ketika cinta kepada Allah hilang dalam diri kita, maka hidup kita akan gelap walaupun gemerlap bintang memberi cahaya kita

 

dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY