Akibat Menunda Buang Air Kecil

0
Mandatory Credit: Photo by GARO/PHANIE/REX (4273792g) Model Released - Woman suffering from headache. Various

Seruni.id – Di dalam kandung kemih terdapat beberapa organ yang membentuk sistem saluran kemih dengan fungsi yang berbeda-beda seperti bagian ureter yang berfungsi membawa urin ke bawah ke dalam kandung kemih, otot detrusor  yang merupakan dinding jaringan di kandung kemih bermanfaat untuk melemaskan kandung kemih agar dapat mengembang. Ketika kandung kemih penuh maka detrusor akan mengembang dan sfingter uretra internal secara otomatis dan tanpa sadar terbuka, menyebabkan pelepasan urin.

Namun ketika kita menahan pelepasan urin maka lapisan otot akan mengirim sinyal untuk ke sumsum tulang belakang. Menahan buang air kecil yang terlalu lama akan memaksa urin terlalu cepat keluar atau buang air kecil tanpa dukungan fisik yang kuat pada saat anda jongkok.

Ternyata ada beberapa penyakit yang sudah menunggu ketika kita menahan buang air kecil diantaranya adalah :

  1. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing ini biasa disebabkan oleh koleksi bakteri di sekitar pembukaan uretra yang cenderung masuk ke dalamnya ketika anda tidak buang air kecil. Menurut Dr. Anthony Komaroff dari Harvard Medical School, ISK merupakan hal yang umum akibat menahan kencing terlalu lama, karena buang air kecil membantu anda untuk membuang bakteri, jika anda menahannya, maka bakteri berkesempatan untuk berkembang biak.

  1. Pembengkakan kandung kemih

Rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga 15 ons cairan. Jika anda meminum delapan gelas air sehari, jumlah cairan yang anda konsumsi sekitar 64 ons, atau rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga sekitar seperempat air yang anda minum setiap hari. Sehingga, meskipun anda minum banyak air  untuk menjaga jumlah cairan tubuh dan ginjal anda dalam kondisi yang baik, namun hal itu tidak akan berdampak baik bagi kesehatan jika anda juga tidak membuangnya secara teratur.

  1. Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan batu kecil yang terbentuk dalam ginjal efek dari kelebihan natrium dan kalsium, dan jika endapan mineral ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urin, maka mereka akan membentuk batu. Sehingga jika anda ingin mengeluarkannya lewat saluran kemih maka akan terjadi sakit yang luar biasa.

Salah satu alasan utama mengapa anda disarankan untuk minum cukup cairan adalah bahwa itu penting untuk membantu membersihkan ginjal Anda, dan itu dapat terjadi jika anda memasukkan dan mengeluarkan cairan dari tubuh dengan seimbang.

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.