Agar Awet Muda dan Hidup Lebih Lama

0
hidup lebih lama
Ilustrasi Awet Muda

Seruni.id – Banyak orang yang telah menginjak usia 40 dan 50 tahun ingin terlihat lebih muda dari usianya. Tidak heran jika banyak dari mereka melakukan beragam cara untuk mewujudkannya. Lakukan cara ini, Ladies, agar awet muda dan hidup lebih lama.

Co-founder Harley Street Skin, Dr Aamer Khan meyakini bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup bisa membuat perubahan signifikan terhadap kesehatan tubuh di kemudian hari. Dokter di Harley Street tersebut memberikan sembilan tips untuk memperlambat proses penuaan dan memperpanjang hidup lebih lama 15 tahun ke depan.

Ternyata berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa hanya 20 persen penyakit usia tua dipicu genetika. Persentase tersebut jauh lebih rendah dibandingkan keyakinan sebelumnya yang mencapai 80 persen.

Yuks simak sembilan tips yang diberikan penulis buku berjudul Turn Back Time agar awet muda dan hidup lebih lama.

Baca juga: 12 Buah dan Sayur yang Bisa Bikin Awet Muda, Mau?

1. Merangsang otak

Agar awet muda dan bisa hidup lebih lama, Dr Khan mengatakan bahwa penting untuk merangsang otak Anda di usia 40-50 tahun. Rangsangan tersebut penting dilakukan untuk menghindari otak menjadi lamban.

Rangsangan untuk otak tersebut bisa dengan mempelajari bahasa baru, membaca, belajar memainkan instrumen baru atau mengisi teka-teki silang. Jika hal-hal tersebut dilakukan rutin setiap hari akan membantu memperlambat perkembangan demensia dan depresi.

2. Rutin berolahraga

Rutin melakukan olahraga dalam rutinitas harian Anda. Olahraga yang bisa dilakukan mudah dan murah saja, seperti jalan cepat setiap hari. Jalan cepat yang rutin dilakukan penting untuk memperlambat proses penuaan. Bahkan jalan cepat selama 30 hingga 45 menit sehari terbukti mendukung pertumbuhan sel-sel otak baru serta mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes dan depresi.

Menurut Dr. Khan, olahraga teratur bisa membantu mencegah penuaan arteri yang memberi kontribusi pada hilangnya memori, meningkatkan massa otot dan membuat Anda merasa dan terlihat lebih baik.

3. Mengonsumsi vitamin D

Menjaga tulang Anda sangat penting di kemudian hari. Oleh karena itu, Dr Khan merekomendasikan mengonsumsi vitamin D. Dia menuturkan bahwa setengah dari jumlah seluruh wanita dan satu dari lima pria berusia lebih dari 50 tahun berpotensi mengalami patah tulang karena osteoporosis.

Dr. Khan menyatakan bahwa suplemen vitamin D membantu penyerapan kalsium dan kesehatan tulang. Latihan menahan beban tiga kali seminggu juga dapat membantu menjaga tulang yang kuat.

Baca juga: Lakukan 22 Cara Ini Agar Selalu Tampak Awet Muda

4. Meditasi

Stres merupakan faktor utama penyebab penuaan dan kontribusi berbagai penyakit baik langsung maupun tidak langsung, sehingga Anda harus memerangi faktor tersebut. Dr Khan menyarankan meditasi selama lima menit sehari untuk relaksasi demi menghilangkan stres.

Sediakan waktu untuk meditasi selama beberapa menit dengan mata tertutup, fokuskan pikiran pada satu objek, bernapas dalam-dalam selama lima detik dan kemudian hilangkan semua tekanan, kemudian ulangi. Lakukan ini selama lima menit dan kemudian lanjutkan dengan minum segelas air.

5. Pakai tabir surya

Dr Khan memaparkan betapa pentingnya untuk melindungi kulit  setiap hari, terlepas dari cuaca apapun. Menurut Dr. Khan, dibandingkan krim untuk kerutan, satu-satunya produk perawatan kulit yang dapat memperlambat penuaan dan mencegah kanker kulit adalah tabir surya dengan kandungan yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB.

Dr. Khan merekomendasikan menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 20 untuk diterapkan setiap hari, baik pada cuaca cerah atau hujan. Sementara ketika liburan, dia menyarankan menggunakan tabir surya yang lebih tinggi, yaitu dengan SPF 50.

6. Periksa gigi

Cek rutin ke dokter gigi sangat penting untuk kesehatan mulut dan gigi. Selain itu, juga penting untuk kesehatan lainnya. Kunjungi dokter gigi untuk check-up setidaknya dua kali setahun demi menghindari penyakit gusi karena orang-orang dengan penyakit gusi memiliki risiko dua kali lebih mungkin memiliki penyakit jantung.

7. Banyak tertawa

Menjadi bahagia sangat penting jika ingin awet muda dan hidup lebih lama. Dr Khan mengatakan bahwa sikap positif dapat meningkatkan hormon perasaan baik, sehingga akan membuat Anda lebih banyak tertawa, bersosialisasi dengan teman-teman dan menikmati hidup.

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat membantu mengelola stres dan mencegah pelepasan hormon yang merusak dalam tubuh loh. Keren kan.

8. Hindari kafein setelah pukul 17.00

Mendapatkan cukup tidur, setidaknya tujuh jam di malam hari sangat baik untuk memperlambat proses penuaan. Karena itu, Dr Khan menyarankan menghindari mengonsumsi kafein dan alkohol setelah pukul 17.00 agar Anda tidak terjaga di malam hari.

Penting diketahui, kurang tidur dapat menyebabkan naiknya berat badan, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mempercepat penuaan.

9. Kurangi karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat olahan dari tepung serta gula, dan menggantinya dengan sayuran, kacang-kacangan, daging putih dan ikan akan membantu mencegah kenaikan berat badan dan masalah kesehatan terkait.

Perlu diperhatikan terkait kenaikan berat badan, karena kenaikan berat badan adalah gejala dari sesuatu yang tidak beres di tubuh. Oleh karena itu diperlukan penyaringan dan membuat perubahan awal untuk mengontrol dari kenaikan berat badan.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.