Ayo Bentuk Kemampuan Anak Melalui Mendongeng

0

Seruni.Id- Mendongeng merupakan sebuah kegiatan menceritakan kembali sebuah buku dengan cara menarik perhatian pendengarnya. Mendongeng yang baik adalah dengan menggunakan alat peraga berupa boneka tangan untuk melatih imajinasi anak. Metode mendongeng ini mampu memicu pelepasan oksitosin dari otak. Hormon oksitosin dalam tubuh dipercaya dapat menampilkan kebaikan dan memotivasi kerjasama dengan orang lain.

Guru menggunakan cerita sebagai pendidikan moral di TK dan memainkan peran penting dalam membantu anak dalam memahami cerita dan menangkap pesan dari cerita tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat dari mendongeng :

  1. Mengembangkan imajinasi anak

Dongeng dapat membantu orangtua dan guru dalam mengarahkan imajinasi anak agar menjadi lebih positif agar dapat membantu perkembangan mereka.

  1. Meningkatkan keterampilan berbahasa

Mendengarkan dongeng merupakan salah satu stimulasi dini yang bisa digunakan untuk merangsang keterampilan berbahasa pada anak. Menurut penelitian, anak perempuan lebih cepat menguasai kemampuan berbahasa dibandingkan anak laki-laki. Hal ini disebabkan karena anak perempuan memiliki fokus dan konsentrasi yang lebih baik daripada laki-laki. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan verbal anak perempuan yang lebih berkembang dibandingkan dengan laki –laki.

  1. Meningkatkan minat baca anak.

Anak yang diberikan dongeng umumnya akan memiliki rasa penasaran yang lebih tinggi. Buku merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa penasaran mereka, biasanya anak akan lebih tertarik pada buku – buku cerita bergambar sehingga mereka akan lebih mudah untuk memahami.

  1. Mengajarkan nilai kehidupan

Anak yang sering dibacakan dongeng umumnya lebih memahami nilai moral dalam kehidupan dan lebih peka terhadap lingkungan, hal ini dipengaruhi oleh kisah-kisah dongeng yang positif. Nilai – nilai yang bisa diajarkan kejujuran, keberanian, kemandirian, kebaikan hati, belas kasih, empati, kebijaksanaan, dan lain sebagainya. Tidak hanya mengajarkan mengenai kebaikan, dongeng juga dapat menjadi cara untuk mengajarkan kepada anak mengenai beberapa sikap buruk yang tidak boleh ditiru.

 

-dari berbagai sumber-

 

 

 

LEAVE A REPLY