Bagaimana Mengendalikan Gadget pada Anak

0

Seruni.id – Menjadi orang tua di era milenial memang memiliki tantangan tersendiri. Berbeda dengan zaman dahulu yang tantangannya tidak sekompleks saat ini.

Masalah yang dihadapi anak masa kini diantaranya adalah,

  • Gadget
  • narkotika dan obat terlarang (narkoba)
  • pergaulan bebas
  • predator anak
  • ‎LGBT
  • Game online
  • dan lain sebagainya

Dari sekian banyaknya problem yang dihadapi anak masa kini, dominannya dipengaruhi oleh gadget. Jika kita larang menggunakan gadget, maka anak-anak biasanya malah mencuri-curi dan bisa lebih liar. Apalagi saat ini, banyak juga pembelajaran anak yang menggunakan gadget, jadi kita tidak bisa juga melarang menggunakannya. Nah, bagaimana seharusnya mengendalikan gadget bagi anak-anak kita? Mudah-mudahan tips di bawah ini dapat menjadi solusinya ya Moms.

1. ‎Atur lokasi

  • Tidak ada gadget di kamar tidur, karena akan mengganggu jam tidur anak ketika bunyi wa masuk, notifikasi facebook dan instagram yang masuk, dan lain sebagainya. Simpan gadget bersama kita para orang tua sebelum anak tidur.
  • Kamar mandi juga menjadi tempa terlarang untuk menggunakan gadget., karena kamar mandi adalah tempat yang paling disukai jin dan setan.
  • Penggunaan gadget juga harus di tempat terbuka dan terlihat oleh orang lain, tidak sembunyi-sembunyi.

2. ‎Beri durasi penggunaan gadget

Dalam 1 hari, batasi anak dalam penggunaan gadgetnya, yaitu 3 jam setiap harinya, misalnya sepulang sekolah, dan atau setelah belajar. Sepakati bersama anak mengenai waktu yang tepat untuk menggunakan gadget.

3. ‎Sepakati aturan penggunaan gadget, dan aplikasi apa saja yang boleh diinstall di gadget anak. Sampaikan pula plus dan minusnya dari aplikasi tersebut.

Misalnya, batasi hanya 1 sosial media yang dimiliki, apakah instagram atau facebook saja. Kontrol juga aktivitasnya setiap hari, siapa followersnya dan siapa saja yang difollow. Whatsapp juga baiknya dicek oleh orang tua setiap hari atau secara berkala, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Children using technology on sofa

4. ‎Tetapkan Waktu Tanpa Gadget

Tetapkan bersama anak beberapa waktu yang dilarang menggunakan gadget seperti,
– Saat makan bersama
– ‎Saat melayani tamu
– Saat beribadah, seperti sholat dan mengaji. Mengajilah menggunakan mushaf, atau HP jika terpaksa namun dengan flight mode.
– ‎Saat liburan bersama.

Akhirnya, buah jatuh pun tak jauh dari pohonnya. Ketika kita meminta anak untuk membatasi penggunaan gadgetnya, maka kita sebagai orang tua yang seharusnya juga menjadi teladan bagi mereka. Tidak menggunakan gadget saat bersama anak. Berikanlah waktu yang berkualitas bersama mereka, karena waktu yang sudah berlalu tidak akan kembali lagi dan pada masanya anak-anak akan meninggalkan kita.

Semoga bermanfaat

-Anggraini-

LEAVE A REPLY