Baikkah Mengkonsumsi Susu Kental Manis?

0

Seruni.Id. Susu merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar susu yang biasanya ada pada mamalia. Sedangkan susu yang dibuat dari bahan nabati tidak bisa diklaim sebagai produk susu meskipun memiliki rasa dan bentuk yang sama layaknya susu.

Pakar kesehatan menyebut susu kental manis merupakan carian yang tidak bisa disamakan dengan susu karena kandungan nutrisi yang berbeda antara susu yang dihasilkan oleh mamalia dengan susu kental manis ini.

Menurut BPOM susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula. Susu kental manis dibuat dengan cara menguapkan sebagian air dari susu segar yang ditambahkan dengan gula.

Susu kental manis dan susu mamalia memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Susu mamalia memiliki kandungan kalsium sekitar 24,64% dan protein tinggi yang baik untuk tubuh karena bisa membantu metabolisme tubuh dan membuat tulang menjadi sehat sedangkan susu kental manis justru memiliki kalsium lebih sedikit sekitar 10,85% dan protein yang terkandung hanya sekitar 3gr. Untuk anak usia 1 – 3 tahun mereka membutuhkan protein sebesar 26 gr dan usia 4-6 tahun membutuhkan protein sekitar 35 gr sehari. Sehingga kandungan yang terdapat pada susu kental manis ini tidak bisa mencukupi AKG.

Susu kental manis juga dianggap sebagai penggemuk karena kandungan lemak dan gula yang tinggi. Menurut Annisa Rizki Amalia, seorang dokter spesialis gigi anak mengatakan bahwa kandungan gula yang terdapat pada susu kental manis dapat menimbulkan gangguan kesehatan gigi karena gula yang menempel di gigi akan menjadi asa. Proses ini masih ditambah dengan penguraian oleh bakteri dalam mulut sehingga asam tersebut dapat mengikis lapisan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Jika anda tetap mengkonsumsi susu kental manis ini maka disarankan untuk menyeimbangkannya dengan varian makanan lain untuk mencukupi AKG anda.

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.