Benarkah Kopi Bisa Menghilangkan Rasa Ngantuk?

0
masbidin.net

Seruni.id – Siapa yang tidak kenal dengan kopi? Si hitam yang banyak penggemarnya ini sudah sangat mendunia dari masa ke masa. Apalagi dengan sedudang manfaat. Semua orang tahu kalau salah satu manfaatnya bagi tubuh adalah untuk menghilangkan rasa kantuk, jadi tak heran kalau kopi hitam bisa dikonsumsi oleh orang-orang sibuk yang memiliki banyak perkerjaan. Lalu, benarkan kopi bisa menghilangkan rasa ngantuk?

Bukankah kantuk hanyak bisa dihilangkan jika seseorang beristirahat dan tidur? Menjawab pertanyaan seperti itu, sebenarnya kopi tidak benar-benar bisa menghilangkan kantuk. Walaupun memiliki kandungan kafein yang digadang-gadang mampu menghilangkan kantuk, tapi sebenarnya kafein hanya memiliki kemampuan sebagai stimulan atau pemicu untuk meningkatkan mood yang membuat seseorang menjadi lebih enerjik dan bersemangat.

Namun, kembali lagi, sifat kafein tersebut hanyalah stimulan. Bukan seperti vitamin yang memiliki efek berkelanjutan bagi tubuh. Dampak yang didapatkan jika kamu mengonsumsi kafein adalah jantung akan memacu otak untuk terus bekerja. Namun, hal seperti ini terjadi tidak berlangsung lama. Dalam selang waktu tersebut kafein mampu membuat seseorang merasa tidak mengantuk.

Baca Juga: Momies, Wajib Tahu Aturan Sehat Menyeruput Kopi

Tapi apabila waktu tersebut sudah terlewati, maka kafein akan berhenti menstimulasi otak dan tubuh kembali lemas sampai mengantuk. Tapi, hal tersebut balik lagi pada diri kamu. Apabila kamu sudah mensugesti otak bahwa mengonsumsi kopi mampu menghilangkan kantuk, maka alam bawah sadar akan terus mengatur otak bahwa selama kamu mengonsumsinya, maka kamu akan tetap terjaga.

Semua kembali pada kepekaan seseorang terhadap reaksi suatu zat. Tapi, sebenarnya seseorang yang mengantuk disebabkan oleh oksigen di dalam tubuh yang kurang terpenuhi. Untuk itu, sebaiknya lebih baik kamu mengonsumsi air putih untuk memenuhi oksigen dalam tubuh sehingga membuat kamu tidak mengantuk.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.