Berbuka Puasa dengan Cincau Hitam, Segar dan Menyehatkan!

0
Cincau hitam

Seruni.id – Yeay, alhamdulillah sesaat lagi kita akan memasuki bulan ramadhan alias puasa. Saat yang ditunggu-tunggu ketika puasa, pastinya adalah ketika masuknya waktu berbuka, hehe. Nah, ketika berbuka puasa tiba, mayoritas kita pasti cenderung ingin menyantap makanan atau minuman yang dingin dan segar. Salah satu menu buka puasa yang kerap disajikan adalah cincau hitam.

Minuman cincau ini sudah sangat terkenal di berbagai kalangan masyarakat Indonesia, masuk dalam menu minuman di warung sederhana pinggir jalan sampai ke restoran-restoran maupun hotel. Terbuat dari ekstrak daun jenggalan yang dicampur dengan tepung tapioka dan air, cincau memiliki aroma dan cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Apalagi, teksturnya yang kenyal membuatnya sangat cocok untuk diolah menjadi minuman dingin dan segar sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa. Biasanya, cincau dijadikan sebagai bahan campuran sajian es buah, es campur, atau es teler.

Baca juga: Segarnya 5 Minuman Untuk Berbuka Puasa

Ternyata, tak hanya menyegarkan, cincau hitam juga memiliki sederet manfaat, lho. Mulai dari melancarkan pencernaan hingga meningkatkan sistim imun. Dilansir Dr.Health Benefits, berikut tujuh manfaat kesehatan dari cincau hitam:

1. Melancarkan pencernaan
Memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Jenis agar-agar ini cocok untuk dikonsumsi selama bulan puasa karena dapat membantu menetralisir sistim pencernaan selama lebih dari 12 jam.

2. Menyembuhkan sakit tenggorokan
Biasanya, saat Ramadhan tiba, tenggorokan kita rentan terkena gejala radang maupun sakit tenggorokan karena kerap mengonsumsi minuman dingin dan gorengan. Cobalah untuk mengkonsumsi cincau yang berwarna hitam saat berbuka puasa, karena sifat alaminya dapat membantu menenangkan panas dalam dan meredakan sakit pada tenggorokan.

3. Melawan radikal bebas
Cincau hitam merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan sendiri memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan tumor.

4. Mencegah sembelit
Kandungan serat yang tinggi pada cincau yang berwarna hitam membantu membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Oleh karenanya, mengkonsumsi cincau secara rutin dapat mencegah terjadinya sembelit dan konstipasi secara alami.

5. Meringankan gejala diare
Selain dapat melancarkan pencernaan, cincau hitam juga mampu menenangkan dan mengurangi rasa sakit pada perut saat sedang diare. Tak hanya itu, cincau hitam juga dapat membersihkan bakteri-bakteri dari saluran pencernaan.

Cincau hitam juga sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Ini karena cincau punya karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A,B1, dan C), sejumlah banyak air, dan kalorinya yang rendah. Kandungan mineral juga seratnya yang tinggi merupakan alasan utama mengapa cincau hitam aman dijadikan menu selingan saat menjalani diet.

Manfaat cincau hitam dapat didapatkan secara maksimal apabila dikonsumsi tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya. Kandungan serat larut air miliki cincau hitam mampu mengikat gula, lemak, dan kolesterol sehingga bermanfaat dalam menurunkan risiko diabetes melitus, penyakit jantung, stroke, juga penyakit kardiovaskular lainnya

Selamat berbuka puasa dengan cincau hitam yang segar, dingin, dan menyehatkan yaa..

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.