Biasakan Ini agar Mobil yang Sering Kena Macet Awet

0
Ilustrasi Macet

Seruni.id – Macet sepertinya merupakan hal biasa bagi warga yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Walaupun sering merasakan macet, tidak sedikit yang masih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas. Nah bagaimana agar mobil yang sering kena macet bisa awet?

Selain perjalanan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tempat tujuan karena macet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil saat sedang terjebak macet.

General Manager After Sales PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi mengatakan, pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan tuas gigi transmisi, agar mobil tidak cepat rusak. Sebaiknya saat terjebak macet, untuk mobil matik maupun manual, baiknya pindah ke N (Netral) dan pakai rem tangan, untuk mencegah mobil berjalan sendiri.

Khusus untuk mobil dengan transmisi manual, Dadi menegaskan bahwa pengendara harus menghindari menggunakan setengah kopling saat terjebak macet di tanjakan. Hal tersebut untuk menghindari overheat atau panas berlebihan pada mesin mobil.

Selain itu juga sebagai upaya mencegah selip. Perhatikan temperatur mesin dan genting mesin jika ada indikasi temperatur di atas normal.

LEAVE A REPLY