Bolehkah Seorang Istri Mendiamkan Suaminya?

0
Woman sulking while her boyfriend is explaining himself during a fight in bedroom

Seruni.id – Momies, Tak jarang, kita temukan banyak sekali ketidakpedulian, ucapan kasar, dan pukulan dari suami terhadap seorang istri. Isak tangis pun menyeruak dari istri yang mungkin telah melahirkan beberapa keturunan bagi suaminya tersebut. Diperberat dengan perbuatan suami yang melanggar batasan-batasan agama.
.
🍃Saat istri masih mengharapkan kebaikan dari suaminya, maka nasihat pun ia berikan kepada suami. Namun, kadang nasihat menjadi tidak mempan lagi, kadang seorang istri pun ngambek dengan mendiamkannya dan berharap suami kembali sadar dan kembali ke jalannya yang lurus.
.
🍃Inilah potret kehidupan sebuah keluarga, dimana istri tidak betah dengan perlakuan suami terhadapnya ataupun perilakunya. Nah, pertanyaannya, bolehkah seorang istri mendiamkan suami dalam rangka menasehatinya?

Berikut penjelasannya ya!

1. Sabar
.
🌷Sabar adalah menahan diri dalam ketaatan kepada Allah, dengan sabar dalam ketaatan kepada Allah, maka dituntut seorang istri untuk senantiasa menjalankan hak-hak suami, meskipun suami menyakitinya. Dengan sabar dalam meninggalkan maksiat, maka istri dituntut untuk tidak melanggar batasan-batasan dalam berkeluarga sehingga ia tidak dicap sebagai istri durhaka.
.
Allah ﷻ berfirman,
.
“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (az-Zumar :10)
.
2. Bijak dalam memberi nasihat
.
🌷Yang perlu diingat, tidak semua orang yang ingin menasihati itu mengetahui cara yang baik dalam memberi nasihat, sehingga kadang banyak kalimat baik yang menjadi penghalang kebaikannya akibat kurang tepat dalam penyampaiannya.
.
.
📌Lalu, sesungguhnya adab ketika istri ingin menasihati suami adalah sebagai berikut :
.
1. Meluruskan niat saat menasihati
.
2. Lemah lembut dalam memberi nasihat
.
3. Memilih waktu dan tempat yang tepat
.
4. Memberi kesempatan suami untuk mengubah diri
.
5. Berdoa kepada Allah dan bertawakal
.
Jadi, kesimpulannya seorang istri tidak boleh mendiamkan suami karena ingin menasihatinya. Karena hal itu berarti menafikan kesabaran yang menuntut untuk menahan diri dari perbuatan salah. Mendiamkan suami adalah perbuatan salah karena bukan hak istri untuk memboikot suami. Selain itu, mendiamkan suami bukanlah adab dalam menasihati. Wallahu’alam.
.
🌷Demikianlah, semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua. Aamiin.

sumber : @fiqihwanita

LEAVE A REPLY