Buah Mungil Ini Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Loh

0
Seruni.id – Buah duku merupakan salah satu buah musiman. Akhir -akhir ini kita banyak menjumpai buah duku di banyak tempat. Ternyata buah duku memiliki kandungan gizi dari buah satu ini juga cukup banyak dan pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh.
Buah Duku mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 16,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 18 miligram, fosfor 9 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam buah Duku juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 9 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Duku, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 64 %.
Berikut adalah beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan yang patut anda ketahui:
1. Sumber Antioksidan
Buah duku mengandung manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
2. Mencegah Penuaan Dini
Kegunaan buah duku lainnya yakni akan mencegah penuaan dini. Salah satu faktor pnyebab penuaan dini yaitu karena radikal bebas.
Vitmain C juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, asam nukleat, dan karbohidrat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.
3. Menguatkan Gigi
Buah duku berkhasiat untuk menguatkan gigi karena kandungan fosfor yang ada didalamnya. Gigi akan menjadi kuat dan sehat jika sering mengkonsumsi buah ini.
4. Menjaga Kesehatan Gusi
Kesehatan gusi bisa dirawat dengan mengkonsumsi vitamin C. Seperti yang sudah disebutkan bahwa buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang banyak sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gusi.
5. Meningkatkan Sistem Imun
Kandungan vitamin C dalam buah duku berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat juga untuk orang yang sedang berada dalam masa pemulihan.
6. Melancarkan Sistem Pencernaan
Buah duku mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini seperti yang juga ditemui pada manfaat buah pepaya. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan.
-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.