5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat memilih Camilan untuk Anak

0
family.by

Seruni.id – Selain 3 kali makanan utama, anak juga perlu mengonsumsi camilan sebanyak 2 kali, yang diberikan pada pagi dan sore, disela-sela waktu makan utama. Selalu pastikan camilan yang kamu berikan itu sehat ya, Moms. Ingin tahu bagaimana kriteria camilan anak yang baik? Yuk, simak di sini!

Camilan Anak Harus Sehat

Menurut American Academy of Pediatrics, camilan atau snack untuk anak sebaiknya merupakan makanan sehat dan bergizi seimbang. Nah, yang masuk dalam kategori itu seperti buah segar, buah kering, sayur, produk susu dan olahannya, roti, maupun sereal. Jadi, jangan salah pilih yah!

Mudah Dipegang dan Dimakan

Camilan anak haruslah makanan yang mudah dipegang dan dipotong agar anak tidak tersedak saat menyantapnya. Sebaiknya, sebelum diberikan kepada anak, kamu memotong camilan itu dalam ukuran kecil supaya bisa muat masuk ke mulut anak. Biarkan anak memegang camilannya sendiri dengan tangan. Tapi, kamu harus pastikan anak sudah mencuci tangan dengan bersih saat sesi makan camilan, supaya tidak terpapar kuman.

Porsi Kecil

Seperti makanan utama, camilan untuk anak juga tidak perlu terlalu banyak. Tapi sesuaikan dengan porsi si kecil. Kalau terlalu banyak mengonsumsi camilan, maka anak malah akan kenyang sebelum menyantap makanan utamanya. Sebagai contoh, kamu bisa memberikan si kecil setengah pisang dan setengah gelas susu tiap kali nyemil. Sediakan camilan sehat yang berbeda tiap harinya agar anak tidak bosan yah!

Hindari Camilan Anak Berupa Makanan Olahan

Jangan membiasakan anak menyantap camilan dari makanan olahan berupa fastfood maupun junkfood ya, Moms. Karena jenis makanan ini tidak memiliki nutrisi, tinggi garam dan juga mengandung banyak gula. Kalau anak sering mengonsumsi camilan seperti ini, maka ia akan ketagihan dan kebiasaannya itu akan sulit kamu hentikan. Alhasil, ia bisa berisiko menjadi obesitas. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan malah bikin anak cepat lapar.

Sajikan Camilan Semenarik Mungkin

Biar si kecil mau mencicipi camilan yang kamu sediakan, coba deh tata camilan semenarik mungkin. Misalnya dengan menghidangkan camilan dengan aneka warna, seperti stroberi, pisang, susu, yogurt, maupun sereal. Kalau terlihat cantik dan berwarna-warni maka si kecil akan tertarik untuk menyantapnya. Kamu pasti akan merasa senang kalau buah hati kesayanganmu menyantap habis makanan yang sudah kamu buat.

LEAVE A REPLY