4 Cara Agar Kamu Ingat Isi dari Buku yang Telah Dibaca

0
lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Mudah lupa adalah salah satu gejala yang seringkali dirasakan banyak orang untuk beberapa hal tertentu. Beberapa orang bahkan memilih memaksakan diri untuk menyelesaikan sebuah buku di hari yang sama, karena takut lupa dengan cerita sebelumnya. Semakin banyak Anda membaca, maka semakin banyak informasi yang didapatkan.

Image result for membaca buku
hipwee.com

Namun, sayangnya selama ini banyak hal yang biasanya dilupakan setelah membaca berbagai jenis buku atau bacaan dalam waktu singkat. Jika Anda tidak mengingat isi dari buku yang sudah dibaca, lantas apa gunanya Anda membaca? Untuk membuat kebiasaan membaca Anda menjadi berguna secara efektif, cobalah memahami beberapa cara untuk mengingat isi dari buku yang telah Anda baca ini.

Buat Daftar Pertanyaan Sebelum Membaca

Sebelum Anda membaca isi dari buku tersebut, lebih baik Anda buka terlebih dahulu daftar isinya. Saat melihat daftar isi cobalah buat beberapa pertanyaan agar saat membaca nanti Anda memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan itu. Jika saat membaca kalian memiliki tujuan, pasti kalian akan lebih mudah untuk mengingat isi dari buku yang Anda baca. Mudah, kan? Kalian hanya tinggal membuat pertanyaan dari setiap bab, lalu cari jawabannya.

Mencoret-coret Sambil Membaca

Cara kedua adalah dengan mencoret-coret di pinggir buku saat Anda membacanya. Coretan di sini bukan sembarang coretan, tapi trik agar Anda tidak mudah lupa dengan isi buku tersebut. Jotting notes jelas merupakan strategi hebat untuk retensi pengetahuan yang lebih baik. Ketika suatu paragraf tertentu menonjol, biasanya Anda akan menyorot atau menyalin teks, tetapi sebaliknya Anda harus menggunakan kata-kata sendiri untuk merangkum ide-ide kunci. Proses ini adalah dimana Anda sedang mengajari dan menjelaskan hal-hal penting dari buku tersebut kepada diri sendiri. Melalui cara ini juga, Anda akan lebih mudah memahami isi konten dari buku tersebut.

Cari Tahu Lebih Dalam Jika Masih Ada Poin yang Tidak Dimengerti

Saat kalian sedang menulis ringkasan dari buku yang dibaca dan menemukan ada beberapa kata dan poin yang tidak dimengerti, maka cobalah cari tahu lebih dalam lagi. Jika menemukan kata yang asing bagi kalian atau kata yang ambigu, janganlah hanya diam dan melewatkannya saja. Cobalah cari tahu lagi apa makna sebenarnya dari kata-kata tersebut. Dengan mengerti 100 persen kata-kata dari buku itu tentunya kalian juga bisa paham dengan maksud penulis kan.

Baca Juga: 8 Alasan Kamu Harus Berhenti Membeli Buku Bajakan

Menerapkan Pengetahuan dari Bacaan pada Kehidupan

Membuat ringkasan penting dengan sangat detail saat membaca buku, tidak benar-benar efektif membuat Anda mengingat isi dari buku tersebut. Seberapa sering Anda membuka kembali catatan tersebut? Kebanyakan orang hampir tidak pernah lagi membuka catatan tersebut, dan membuat itu menjadi tidak efektif. Agar membaca dan menghafal isi buku lebih efektif, cobalah memasukkan kehidupan Anda sendiri dalam apa pun yang Anda baca. Cara ini memudahkan Anda untuk mengingat poin-poin penting yang sengaja dikaitkan dengan kehidupan pribadi Anda.

Yuk, ikuti cara-cara di atas agar kita lebih rajin membaca serta mengingat isi bacaan tersebut.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.