Cara Bikin Kaldu Gurih Secara Alami Tanpa MSG

0

Seruni.id – Sumber rasa gurih selama ini bagi banyak pihak diketahui hanya bersumber dari monosodium glutamat atau yang lebih dikenal dengan micin alias MSG. Tapi ternyata, terungkap rasa gurih (umami) bisa didapatkan dari bahan-bahan alami loh.

Sebagai contohnya, yaitu dashi yang merupakan kaldu Jepang yang terbuat dari sari kombu dan katsuobushi. Dashi atau kaldu Jepang ini sendiri memiliki cita rasa yang berbeda dengan kaldu penghasil rasa gurih lainnya.

Lalu apa yang membuat dashi begitu berbeda dan istimewa?

Dashi memberikan sensasi rasa umami yang sangat murni karena tidak berasal dari daging-dagingan,” ucap Prof Purwiyatno Hariyadi, ahli Teknoiogi Pangan dari lnstitut Pertanian Bogor (IPB), saat media gathering di kantor Ajinomoto Sunter, Jakarta Utara, Kamis 29 Maret 2018.

Prof Purwiyatno memaparkan bahwa pada dashi, L-glutamat berasal dari rumput laut konbu (Laminaria joponica) dan inosinat berasal dari serutan bonito kering (katsuobushi) atau ikan sarden kecil kering (niboshi). Sebaliknya, kaldu di Barat atau China mempunyai rasa yang lebih kompleks karena adanya campuran asam amino yang lebih beragam dari tulang, daging dan sayur-sayuran.

Sedangkan kaldu di Indonesia hampir menyerupai dengan Barat dan China, yakni dari ayam, daging sapi, atau ikan, atau juga melalui kerang, udang, kecap ikan, kecap asin, kecap Inggris, rumput laut, tomat, asparagus, jamur, miso, tauco, keju, santan kelapa, terasi dan masih banyak lagi.

Berdasarkan bahan-bahan tersebut, Purwiyatno mengatakan bahwa rasa gurih jelas merupakan cita rasa yang tak lepas dari kuliner Indonesia. Hampir bisa dipastikan bahwa kuliner Indonesia mempunyai rasa gurih.

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa kita dapatkan bahwa rasa gurih sangat bisa kita dapatkan secara alami. Tanpa micin atau MSG, tentunya bisa membuat hidup kita lebih sehat. Silakan mencoba.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.