Cara Membuat Sarden Sendiri di Rumah, Biar Lebih Aman!

0

Seruni.id – Baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan tentang penemuan adanya ikan sarden kalengan yang mengandung parasit cacing. Masyarakat tentunya menjadi khawatir. Nah agar tidak khawatir lagi, yuks disimak cara membuat membuat sarden sendiri di rumah.

Sarden merupakan jenis ikan yang paling umum dikonsumsi manusia, yaitu ikan berminyak berukuran relatif kecil. Istilah sarden diambil dari nama pulau di Mediterania, yaitu pulau Sardinia di mana ikan sarden pernah terdapat dalam jumlah besar.

Sarden memang kaya akan vitamin dan mineral, namun ikan berukuran kecil ini lebih banyak dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat sebagai ikan yang dikemas dalam kaleng. Yah memang selain mudah diperoleh, cara mengolah ikan sarden instan pun sangat praktis sehingga sering menjadi ‘penyelamat’ di kala sibuk atau karena keterbatasan waktu untuk memasak.

Ditambah lagi cita rasa yang makin bervariasi membuat minat masyarakat untuk membeli dan menyimpan ikan sarden sebagai stok makanan di rumah menjadi tinggi.

Sayangnya, belum lama ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan tentang penemuan adanya ikan sarden kalengan yang mengandung parasit cacing. Walaupun secara teknis BPOM melakukan penarikan produk sarden kaleng, keadaan ini tentunya menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

Tapi jangan khawatir ya. Penarikan beberapa produk sarden kaleng bukan berarti kita tidak bisa lagi menikmati sedapnya ikan sarden lagi. Ternyata kita juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan cita rasa yang tak kalah nikmat.

Dilansir oleh Viva, ketika kita membuat sarden sendiri di rumah, keuntungan yang diperoleh selain dari sisi higienitas, kita bisa menjaga keamanan dari olahan masakan tersebut dan menyesuaikan rasa dengan selera. Menarik kan?

Langkah pertama, kita bisa memilih ikan segar dengan ciri-ciri salah satunya adalah mata ikan yang jernih serta menekan daging ikan tersebut. Daging ikan yang segar akan kembali ke bentuk semula (tidak penyok). Jika sulit untuk menemukan ikan sarden, Anda bisa menggunakan ikan lain sebagai alternatif, seperti salem atau tongkol.

Berikut ini resepnya dari salah satu pengguna Cookpad, Ibu Malka.

Sarden Buatan Rumah

Bahan-bahan

  • 1/2 kilogram ikan sarden/salem/tongkol segar, cuci bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis
  • 3 siung bawang putih, iris, goreng
  • 6 siung bawang merah, iris, goreng
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Saus

  • 3 buah tomat ukuran besar (pilih yg matang)
  • 3 siung bawang putih, geprek
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya
  • 5 sdm saus tomat
  • 500 mililiter air
  • 2 sdm margarin

Cara Membuat

  1. Cuci ikan yang sudah dilumuri air jeruk nipis. Taruh ikan di dalam panci presto, beri bawang merah dan putih goreng, aduk.
  2. Tumis bawang putih geprek, beri tomat dan cabai merah. Tuang air dan masak hingga tomat dan cabe lunak. Tambahkan gula dan garam. Tes rasa.
  3. Blender tumisan tomat, tuang ke dalam panci berisi ikan.
  4. Beri margarin dan masak ikan hingga matang dan sajikan.

Selamat mencoba ya Momies. Nikmati sarden olahan sendiri dengan cita rasa yang tiada duanya.

LEAVE A REPLY