3 Cara Mendidik Anak untuk Berpuasa Sejak Dini

0
SolusiSehatku.com

Seruni.id – Berpuasa merupakan salah satu kewajiban sebagai orang muslim. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mengajarkan anak untuk berpuasa tidaklah mudah. Karena anak kecil akan mudah tergiur akan sesuatu sehingga penting mendidik anak untuk berpuasa sejak dini. Puasa merupakan kegiatan menahan hawa nafsu sejak subuh hingga terbenamnya matahari.

Hawa nafsu tersebut tidak hanya menahan lapar dan haus saja tetapi bagaimana menjaga pandangan dan menjaga hati agar tidak terjerumus ke dalam maksiat. Sehingga sangat penting sekali menanamkan cara mengajarkan anak berpuasa sejak masih kecil. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengajar dan mengajak anak berpuasa? Berikut ini adalah cara mendidik anak untuk berpuasa sejak dini.

Membagi Tahapan Berpuasa

Related image
blogpsikologi.blogspot.com

Sebagai orang tua kita harus tahu cara mendidik anak untuk berpuasa sejak dini dengan membagi tahapan-tahapan berpuasa. Tahapan tersebut tentu disesuaikan dengan kondisi serta kemampuan si kecil. Anda bisa mengajarkan anak untuk berpuasa dengan membaginya menjadi beberapa tahapan.

Misalnya dari subuh hingga waktu dhuhur. Setelah si kecil bisa, Anda bisa menambahkannya hingga waktu Ashar, sehingga anak bisa mencapai pada tahapan yang penuh yaitu hingga Maghrib. Mengajak anak kecil untuk berpuasa memang tidak mudah sehingga Anda harus mengetahui kiat-kiat untuk mengajak si kecil berpuasa.

Memberikan Apresiasi

Related image
bengkuluekspress.com

Hal selanjutnya yang bisa diterapkan yaitu memberikan pujian kepada anak sebagai salah satu cara mendidik anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Memberikan apresiasi sangat penting karena hal tersebut dapat mendorong rasa semangat dan rasa kepercayaan diri bahwa anak tersebut mampu dan bisa menjalaninya. Apresiasi yang diberikan tidak hanya berupa pujian saja. Anda bisa memberikan apresiasi secara fisik dan non fisik.

Anda bisa memberikannya makanan kesukaan saat sahur dan berbuka sehingga anak memiliki dorongan untuk melakukannya hingga waktu yang tepat. Selain itu, dengan adanya pujian bahwa masih kecil bisa berpuasa juga bisa memberikan rasa bangga terhadap diri sendiri. Sehingga si kecil mau dan terus memiliki dorongan untuk berpuasa.

Mengajarkan Rukun-rukun dalam Islam

Image result for Mengajarkan Rukun-rukun dalam Islam
ihaveasweetsmile.blogspot.com

Selain memberikan apresiasi dan membagi tahapan saat berpuasa, Anda bisa mendidik anak untuk berpuasa dengan mengajarkan anak mengenai rukun-rukun dalam Islam serta mengamalkannya. Mengajarkan anak berpuasa dengan menanamkan nilai-nilai agama sejak kecil dapat menjadi langkah awal untuk menjalankan puasa. Tidak mudah untuk mengajak dan menanamkan nilai-nilai agama yang terkandung dalam rukun Islam serta rukun Iman.

Mengajak anak berpuasa dengan mengajarkan nilai-nilai agama sejak kecil juga dapat mempengaruhi pola pikir, mental, serta moral si kecil. Dengan selalu memperhatikan, mengajak, dan mengajarkan anak untuk senantiasa mengerti agamanya, dapat membantu si kecil menjadi lebih menghargai agamanya.

Baca Juga: Bolehkah Membayar Hutang Puasa di bulan Sya’ban?

Moms, itulah cara mendidik anak untuk berpuasa sejak dini dengan mudah. Dengan mengajarkan nilai-nilai agama sejak kecil, maka mentalitas anak akan terbentuk dengan baik. Selain itu, keluarga merupakan tempat pertama untuk memperoleh pendidikan sehingga sangat tepat mengajarkan puasa sejak kecil.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.