6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Jajan Berlebihan

0
kompas.com

Seruni.id – Kalian salah satu orang tua yang sedang mencari jalan keluar bagaimana cara mengatasi anak yang suka jajan berlebihan? Tak perlu khawatir, karena kali ini Seruni akan sharing tentang hal tersebut, yang nantinya bisa langsung kamu terapkan pada buah hati tercinta.

Related image
tempo.co

Sebenarnya, di masa pertumbuhan, kebutuhan nutrisi dan nafsu makan anak memang sedang tinggi-tingginya. Maka itu, jika anak suka jajan, hal ini bukanlah masalah, selama frekuensinya tidak berlebihan. Jika sudah berlebihan? Bukan tak mungkin justru menjadi pemicu timbulnya risiko kegemukan, hingga obesitas.

Di sisi lain, camilan atau jajanan memang bisa membantu menyumbang gizi untuk anak. Namun, terlalu banyak ngemil juga bisa membuat anak kehilangan nafsu makan saat jam makan siang pun malam tiba.

Seperti dilansir dari Washington Post, dokter spesialis anak dari rumah sakit Maryland, Amerika Serikat, Daniel H. Feldman, menjelaskan bahwa kebiasaan makan saat tidak lapar adalah masalah besar yang terjadi pada anak-anak di Amerika.

Kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat obesitas anak di negara tersebut. Jadi, ada baiknya terapkan 6 cara mengatasi anak yang suka jajan berlebihan, dengan tips di bawah ini:

Introspeksi

Sudah bukan rahasia lagi kalau anak cenderung meniru kebiasaan orang tuanya. Jadi, sebelum sibuk mencari cara mengatasi anak yang suka jajan, kita perlu introspeksi diri terlebih dahulu.

Apakah kita dan keluarga lainnya juga hobi jajan? Kalau iya, maka kita pun perlu mengerem kebiasaan ini. Karena anak akan melihat kebiasaan ini sebagai hal yang boleh dilakukan.

Jadi, sesering apa pun kita menasihati dan melarangnya untuk jajan, ia akan tetap meminta. Sama juga bohong kalau mengharapkan anggrek tumbuh dari akar mawar. Paham, kan?

Berikan Pengertian

Selain memberi contoh, kita juga perlu memberi pengertian tentang bahaya dan risiko jajan berlebihan pada anak. Apalagi jika jajanan favorit anak adalah makanan yang kurang sehat, misalnya digoreng dengan minyak jelantah, tidak dicuci bersih, atau makanan cepat saji yang tinggi kolesterol. Maka, kita perlu mengajarinya untuk memilah makanan berdasarkan gizinya, dan memberikan edukasi untuknya tentang kandungan dari jajanan favoritnya.

Buatkan Camilan Sehat

Jangan hanya sibuk melarangnya jajan, tapi siapkan juga pilihan camilan alternatif yang lebih sehat, tapi tetap enak dan menarik! Ini cara mengatasi anak yang suka jajan paling efektif.

Baca Juga: 18 Resep Cilok Super Enak, Mulai dari Camilan Keluarga, Hingga Peluang Bisnis Anda

Namun, kita juga harus kreatif, karena anak cenderung cepat bosan, dan lebih tertarik pada makanan yang menarik secara visual. Selain itu, menyiapkan bekal camilan sehat untuk anak juga menjadi pencegah agar dia tidak jajan sembarangan saat di sekolah.

Batasi Uang Saku

Cara mengatasi anak yang suka jajan selanjutnya adalah dengan membatasi uang sakunya. Jika sebelumnya kita terbiasa memberi uang saku besar, mulailah untuk menghitung ulang kebutuhan makan dan jajan harian anak kita. Jangan lupa berikan juga pengertian padanya, mengapa kita mengurangi uang jajan dari nominal sebelumnya.

Atur Waktu Makan dan Ngemil

Selanjutnya, cara mengatasi anak yang suka jajan berlebihan adalah dengan disiplin mengatur waktu makan dan ngemil si anak. Hindari memberi waktu ngemil menjelang makan siang atau makan malam.

Jika ia merengek untuk minta jajan sebelum waktu yang ditetapkan, mintalah dia untuk menunggu sampai waktu kesepakatan tiba. Dengan begini, kita juga bisa melatih kedisiplinan pada anak.

Makan Sebelum Pergi

Sebelum pergi ke mal, taman, rumah saudara, pun bermain bersama teman, selalu ajak anak untuk makan lebih dulu. Apalagi, jika waktu bermain keluar tersebut, berdekatan dengan jam makan siang. Ini cara yang efektif, karena saat kenyang, ia tidak akan tergoda untuk jajan secara berlebihan.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi anak yang suka jajan?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.