Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil

0
www.go-dok.com

Seruni.id – Uisia kehamilan yang semakin tua bisa menyebabkan sang ibu merasakan kaki kram. Hal ini tentu sangat membuat sang ibu menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktivitas apapun. Karena bukan hanya bisa membuat cepat lelah, hal ini juga bisa mengurangi waktu tidurnya.

Image result for kaki kram saat hamil
nakita.grid.id

Salah satu penyebab kaki kram adalah kurangnya kalsium, magnesium dan kalium menjadi penyebab kram otot. Selain itu, besarnya perut saat hamil juga mempengaruhi kram pada kaki saat hamil. Berikut ini cara mengatasi kram tersebut.

1. Perlahan-lahan anda dapat meluruskan tumit dan kaki sehingga lebih rileks selanjutnya Anda dapat menekuk tumit dan jari.

2. Lakukan pijatan otot kaki yang sedang kram secara perlahan dan lembut.

3. Apabila Anda mengalami kram ketika duduk atau tidur maka anda dapat menggerakan jari-jari kaki ke arah atas secara perlahan. Kemudian Anda dapat bangun secara perlahan, beberapa menit memberikan waktu untuk kaki anda rilek hingga rasa kram berkurang.

Itulah dia cara-cara yang dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa kram pada kaki yang sering kali membuat Anda tidak nyaman selama kehamilan. Anda juga dapat melakukan pencegahan dengan beberapa langkah.

Berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan :

1. Konsumsi air putih yang cukup sehingga dapat membantu menghindari diri dari dehidrasi dan juga melancarkan darah.

2. Mulailah mengatur makanan yang mengandung mineral dan kalsium yang cukup. Kalsium yang bisa anda dapatkan dari susu, yogurt dan sayuran hijau dapat mengurangi kram yang terjadi tiba-tiba.

3. Hindari menggunakan sepatu yang berhak tinggi. Sepatu dengan hak tinggi akan memberikan tekanan pada ujung kaki dan juga betis sehingga beresiko kaki kram.

4. Hindari berdiri terlalu lama, selama kehamilan beban Anda menjadi dua kali dibandingkan keadaan normal sehingga berdiri terlalu lama akan memicu kaki kram.

5. Lakukan peregangan kaki, sesekali Anda dapat memutar persendian searah jarum jam ataupun sebaliknya sehingga dapat meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.

Baca Juga: Ibu Hamil, Jangan Tidur di Pagi Hari! Ini 14 Alasannya!

Untuk membuat Anda nyaman selama kehamilan dan mengurangi keluhan kehamilan terutama bagi Anda yang sering mengalami kaki kram, tips di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi dan melakukan pencegahan kram pada kaki. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.