7 Cara Mengenali Bakat Anak Sejak Dini

0
kanal247.com

Seruni.id – Memasuki usia anak yang keempat tahun, biasanya anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda minat dan bakatnya. Dan, salah satu hal penting yang perlu orang tua lakukan adalah mengenali bakatnya sejak dini. Hal ini diharapkan akan membantu mengembangkan karier anak di masa mendatang. Meski orang tua tidak akan mengetahui seratus persen, setidaknya menerapkan 8 cara mengenali bakat anak di bawah ini adalah jalan terbaik.

Beri Kebebasan pada Anak

Related image
sidomi.com

Banyak orang tua yang salah paham dengan bakat anak, hingga meminta anak untuk melakukan hal lain, tanpa membicarakannya secara terbuka satu sama lain. Padahal, cara mengenali bakat anak adalah dengan menghindari hal ini, agar anak tidak merasa kesulitan menemukan bakat yang sebenarnya ia miliki.

Untuk itu berikan kebebasan pada anak agar bisa memilih, memainkan, dan melakukan sendiri hal-hal yang dia sukai. Selama hal tersebut wajar dan memiliki dampak positif, sebagai orang tua, kamu harus tetap mendukungnya.

Jangan sampai larangan kita pada anak justru membuatnya tidak berkembang. Namun, jika kegiatan tersebut memberikan dampak negatif pada anak, maka kita harus memberikan penjelasan pun pengertian yang baik, agar ia tidak melanjutkan hal tersebut.

Berikan Waktu untuk Bersosialisasi

Related image
okezone.com

Dengan memberikannya waktu yang cukup untuk bermain bersama teman-teman sebayanya, maka kemampuan dan bakat biasanya juga akan terlihat. Mereka akan saling menunjukkan keahlian atau beragam hal yang mereka sukai pada satu sama lain.

Ini salah satu cara mengenali bakat anak, sebab perlu diingat jika bakat bukan melulu perihal akademis atau olahraga. Kepandaian anak dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain juga merupakan bakat.

Dukung Hobinya

Related image
pojoksatu.id

Jika anak memiliki hobi yang positif, ada baiknya orang tua tidak menghalanginya. Karena, cara mengenali bakat anak adalah dengan menghargai hobi yang anak lakukan, dengan begitu kita akan menumbuhkan rasa percaya dirinya untuk melakukan hobinya dengan sungguh-sungguh.

Jika anak suka menggambar atau melukis, maka orang tua wajib menyiapkan beragam perlengkapan menggambar dan mewarnai. Jika anak suka bermain air, tidak ada salahnya agar mulai mendaftarkan anak mengikuti les renang. Selain itu, jika di tengah jalan anak merasa bosan, orang tua harus menghargai keputusannya tersebut.

Baca Juga: 8 Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Membangun Komunikasi Positif

Image result for alyssa soebandono dan anak
okezone.com

Cara mengenali bakat anak juga bisa melalui pertanyaan yang kita lontarkan pada anak tentang hal-hal yang menjadi kegemarannya, cita-cita, hobi, ataupun hal-hal yang ingin dilakukan. Melalui komunikasi yang positif ini, maka akan membuat kita lebih mudah mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak.

Melalui komunikasi yang positif pula, kita bisa membentuk ikatan emosional antara orang tua dengan anak, hingga nantinya anak bisa merasa lebih dekat dengan orang tua. Kondisi ini juga yang akan membuat kita lebih leluasa untuk bisa mengetahui hal-hal apa saja yang berkaitan dengan si anak.

Mengajak Anak Berkompetisi

Image result for alyssa soebandono dan anak
goodminds.id

Mengajak anak mengikuti berbagai perlombaan juga bisa jadi cara mengenali bakat anak yang tepat. Namun, pastikan agar hal ini dilakukan sesuai dengan persetujuannya, ya. Karena, jika perlombaan tersebut merupakan salah satu minatnya, akan anak melakukan dengan senang hati tanpa merasa terbebani. Orang tua juga tidak boleh memaksakan agar anak memenangkan pertandingan. Sebab, hal ini akan membuatnya merasa tertekan dan merasa trauma saat kegagalan menyapanya.

Mengajarkan Tentang Kerja Keras

Related image
tribunnews.com

Mengajarkan anak tentang kerja keras juga merupakan salah satu cara mengenali bakat anak. Karena, saat ia belajar tentang kerja keras, ia akan menghargai apa pun yang ia lewati. Saat ia bisa lancar mengendarai sepeda setelah bekerja keras, ia akan lebih bersyukur dan merasa terus ingin meningkatkan kemampuannya. Dan, tentu saja dia juga akan lebih menghargai kerja keras orang lain.

Perhatikan Kebiasaan dan Kesukaannya

Related image

Memperhatikan kebiasaan dan kesukaan anak juga menjadi cara mengenali bakat anak. Karena kebiasaan yang mereka lakukan biasanya akan menunjukkan seberapa besar dia menaruh minat terhadap suatu aktivitas.

Apabila dia sering melakukan kegiatan menggambar, dan merasa senang melakukannya, dan dia tidak menemukan kesulitan yang berarti, bisa jadi hal ini merupakan potensi yang anak miliki, dan harus dikembangkan. Sebagai orang tua yang baik, semua kegiatan yang anak lakukan harus kita perhatikan dengan baik.

Jadi, setelah mengetahui cara mengenali bakat anak, semoga anak kita bisa berkembang tepat waktu, dengan langkah terbaik. Aamiin.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.