6 Cara Menghilangkan Cegukan pada Orang Dewasa

0
SolusiSehatku.com

Seruni.id – Kalian pasti pernah mengalami cegukan. Entah saat sedang makan atau tiba-tiba saja tanpa penyebab yang jelas. Nah, Sebenarnya bagaimana cara menghilangkan cegukan yang paling ampuh?

Image result for cegukan
merdeka.com

Cegukan atau (hiccup: bahasa Inggris) terjadi karena pita suara menutup secara tiba-tiba akibat terpicu oleh kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan. Cegukan biasa dialami oleh bayi hingga orang dewasa lanjut usia. Durasinya bermacam-macam, ada yang sebentar dalam beberapa menit, tapi ada juga yang mengalaminya selama berhari-hari.

Banyak orang yang memberikan berbagai macam petunjuk bagaimana cara menghilangkan cegukan. Mungkin Anda akan merasa bingung karena terlalu banyak cara menghentikan cegukan. Memang cara menghentikan cegukan bermacam-macam. Karena efek dari cara yang berbeda pada setiap orang. Ada orang yang biasa menghentikan cegukan dengan menahan napas, ada juga yang menghentikan cegukan dengan cara minum air. Berikut di bawah ini ada beragam cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa.

Baca Juga: Sering Cegukan? Coba Ketahui Beberapa Hal Mengenai Cegukan Berikut Ini

Menahan Napas

Image result for cara menghilangkan cegukan
lifestyle.kompas.com

Cara menghilangkan cegukan yang paling umum adalah dengan menahan napas. Menahan napas dipercaya sebagai cara menghilangkan cegukan karena kadar karbondioksida dalam tubuh akan bertambah. Caranya dengan Anda menahan napas langsung selama yang Anda kuat.

Minum Air Putih

Related image
lifestyle.okezone.com

Minum air putih juga menjadi cara menghilangkan cegukan berkepanjangan yang paling mudah dan banyak dipraktekan. Cukup dengan menarik napas kemudian buang, setelah itu minumlah air putih secara perlahan. Air putih sebaiknya bersuhu hangat kuku agar memberikan sensasi rileks pada otot perut. Anda tidak perlu meminum terlalu banyak air putih, cukup minum segelas air putih hangat saja, ya.

Kaget

Related image
tampilcantik.com

Cara menghilangkan cegukan yang satu ini mungkin sedikit mengerikan namun paling banyak dipercaya oleh masyarakat kita. Dengan merasa kaget biasanya cegukan akan berhenti. Namun hal ini tentu saja tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Anda membutuhkan teman yang bersedia untuk mengagetkan Anda secara alami atau Anda juga bisa mencoba menonton film horor yang penuh dengan adegan yang mengagetkan.

Jeruk Nipis atau Lemon

Image result for Jeruk Nipis atau Lemon
wolipop.detik.com

Buah yang rasanya kecut atau masam bisa menjadi cara menghilangkan cegukan dalam 5 detik termasuk waktu yang paling cepat. Makanan asam bisa mengalihkan perhatian otot yang sedang mengalami kontraksi diperut. Caranya mudah saja, Anda hanya tinggal memeras jeruk nipis atau lemon kemudian campurkan air perasan tersebut dengan 3/4 gelas air putih hangat. Minumlah perlahan dan beberapa menit kemudian cegukan akan mulai hilang.

Konsumsi Madu

Image result for Konsumsi Madu
style.tribunnews.com

Madu bersifat menenangkan karena kandungan gula alaminya. Mengonsumsi madu mampu mengatasi cegukan Anda secara alami. Caranya dengan encampurkan satu sendok makan madu kedalam 3/4 air putih hangat, kemudian minum air tersebut dan tunggulah sampai cegukan mereda. Jika Anda mau, Anda juga bisa menelan satu sendok makan madu secara langsung tanpa mencampurkannya dengan air hangat.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Tersembunyi Madu Untuk Bibir

Gula

Image result for Gula
news.idntimes.com

Cara menghilangkan cegukan yang terakhir adalah dengan gula pasir, caranya sangat mudah. Siapkan satu sendok gula pasir dan penuhi mulut Anda dengan gula. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi cegukan karena gula di dalam mulut akan mengirimkan sinyal lewat serabut saraf yang mengganggu lengkung refleks cegukan. Saat menelan gula irama pernafasan akan berubah. Inilah yang membuat cegukan segera berhenti. Dalam hitungan detik saja cegukan Anda akan segera hilang.

Cegukan yang mengganggu memang membutuhkan penanangan yang terkadang sedikit aneh dan tidak biasa. Meskipun begitu, tidak ada salahnya cara-cara diatas dicoba saat Anda mengalami cegukan. Untuk mencegah terjadinya cegukan, pastikan untuk makan atau minum tidaj tergesa-gesa. Semoga beberapa cara menghilangkan cegukan diatas bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY