5 Cara Merawat Kulit Tangan Agar Tetap Lembut dan Lembab

0
rebanas.com

Seruni.id – Tangan adalah aset utama dalam mengerjakan berbagai hal. Dari tangan pula, orang bisa menebak umur, loh. Makanya tangan harus dirawat dengan baik, seperti beberapa cara merawat kulit tangan dibawah ini.

Related image
freefarma.it

Bagi seorang wanita, apalagi ibu rumah tangga, mencuci piring, mencuci baju dan sebagiannya adalah sebuah bagian dari kehidupan. Bagaimana tidak, sama halnya dengan minum obat, cuci piring itu sehari tiga kali. Mencuci piring adalah satu dari banyak kegiatan kita, yang butuh keuletan, kekuatan, dan ketahanan tangan. Lalu gimana dong, dengan kehalusan dan kelembutan kulit tangan? Padahal tangan itu bisa dipakai untuk menilai umur kita yang sebenarnya, loh.

Kalau kulit tangan kering dan keriput, kira-kira orang akan menebak di umur berapa ya? Jangan panik dulu ya karena akan ketahuan umurnya. Nah, jika tanganmu ingin tetap halus dan cantik meskipun melakukan banyak aktivitas, ikuti aja yuk cara merawat kulit tangan berikut ini:

Gunakan Sarung Tangan Saat Mencuci Piring

Image result for Gunakan Sarung Tangan Saat Mencuci Piring
Beautynesia.id

Ini hal penting yang pertama. Mencuci piring pasti membuat tangan terkena air untuk waktu yang cukup lama. Keadaan itu akan membuat kulit tangan keriput. Menurut dokter Arnold Fernando di blog Alodokter, “Mekanisme tersebut sebenarnya adalah mekanisme alami tubuh yang berfungsi sebagai suatu adaptasi tubuh di lingkungan atau kondisi basah, dalam kondisi telapak tangan dan kaki yang berkerut maka akan membantu meningkatkan kemampuan menggenggam atau memegang suatu objek dalam kondisi basah.”

Jadi sebetulnya wajar saja jika kulit berkerut terkena air. Namun masalahnya, kulit akan kering jika terlalu sering terkena sabun cuci piring. Campuran berbagai bahan kimia yang terkandung dalam sabun cuci piring memang khusus diformulasikan untuk menghilangkan minyak dan bau. Oleh karena itu, jenis sabunnya lebih keras daripada sabun cuci tangan biasa. Apalagi jika kamu menderita penyakit kulit seperti eksim, kondisinya bisa lebih parah karena bisa mengakibatkan pengelupasan kulit, gatal dan iritasi.

Jadi, agar kulit tangan terlindungi saat mencuci piring, sebaiknya menggunakan sarung tangan saat mencuci piring, agar kelembaban dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Cuci Tangan dengan Cara Benar

Image result for cuci tangan
arimbadesign.co

Cara merawat kulit tangan agar tetap lembut juga bisa dengan mencuci tangan. Tapi, ingat! Mencuci tangan juga ada caranya, loh. Untuk merawat kulit tangan agar terlihat lebih muda, tentu tidak boleh sembarangan mencuci tangan. Perlu cara dan sabun yang benar. Sabun yang baik untuk kulit tangan adalah sabun cuci tangan biasa. Tidak perlu untuk selalu menggunakan sabun antibakteri, apalagi disinfektan.

Disinfektan atau pembersih tangan berbahan alkohol yang praktis dan dapat ditemui di mana-mana itu tidak boleh digunakan sebagai pengganti air dan sabun, loh. Menurut Centers fod Disease Control and Prevention (CDC), bahan tersebut memang dapat mengurangi jumlah kuman, tapi tidak serta merta mengurangi penyebaran virus. Lagipula, pemakaian alkohol yang terlalu sering malah akan membuat kulit kering dan mudah iritasi.

Oleh karena itu, mencuci tangan dengan sabun cair atau batang biasa, apalagi dengan air hangat yang suam-suam kuku, akan lebih baik bagi kesehatan tubuh, begitu pula dengan kulit tangan.

Scrubbing

Related image
tipscantika.com

Cara merawat kulit tangan selanjutnya kamu juga perlu melakukan scrubbing. Scrubbing kulit tangan itu perlu untuk meluruhkan sel kulit mati akibat banyaknya kontaminasi yang diterima. Ada beberapa langkahnya yang saya kutip dari situs Beauty Health Tips. Yang pertama, rendam dulu kedua tangan di air hangat, untuk membuka pori-porinya, lalu keringkan dengan handuk lembut. Potong dua satu buah jeruk lemon, peras dan campurkan dengan satu sendok teh gula pasir.

Mulai gosokkan campuran itu di kulit tangan, dengan gerakan memutar di seluruh jari. Ini akan membantu meluruhkan sel kulit mati yang menempel. Setelah itu, bilas dengan air hangat lagi, dan keringkan. Lalu oleskan sedikit minyak (olive, atau VCO) supaya kulit tangan kembali lembut, dan balut dengan handuk atau sarung tangan. Lakukan ini sebelum tidur, agar keesokan paginya, kulit tangan kamu cantik dan bebas dari kekasaran sel kulit mati.

Gunakan Tabir Surya

Image result for Gunakan Tabir Surya
Meetdoctor.com

Kesal kan kalau kulitmu belang atau ada bintik hitam pada kulit tangan? Kulit belang atau bintik hitam pada kulit muncul akibat sering terpapar sinar matahari. Tidak hanya itu, Dr. Wendy Roberts pada Huffingtonpost berkata, bahwa paparan sinar matahari yang lama tidak akan memproduksi vitamin D yang dibutuhkan, dan malah memberikan efek buruk radiasi sinar ultraviolet, termasuk kanker kulit. Nah, cara merawat kulit tangan dan mencegah si dark spot datang, pakailah tabir surya atau lotion anti matahari.

Terutama di tangan, karena jika kamu menggunakan jaket atau cardigan, bagian lengan masih bisa tertutup dengan aman. Apalagi jika mengendarai sendiri mobil atau motor, di mana posisi tangan selalu di depan tanpa perlindungan. Oleskan setiap 4 jam sekali atau setidaknya setiap kali kamu akan pergi keluar rumah. Bagi kamu yang outdoor enthusiast, oleskan tabir surya setiap dua jam sekali pada saat matahari sedang berada di titik atas.

Pijat Tangan

Related image
jarijaritangan – WordPress.com

Pijat tangan juga bisa kamu lakukan sebagai cara merawat kulit tangan. Seperti yang dilansir oleh situs Reflexology-Research, tangan terdiri dari berbagai titik acupressure dan reflexiology yang terhubung dengan organ-organ dan bagian-bagian tubuh lain. Masuk akal bukan, mengingat tangan adalah aset utama dalam mengerjakan berbagai hal. Oleh karena itu, sering-sering memijat tangan akan membuahkan banyak manfaat positif.

Terlebih lagi jika memijatnya dengan minyak yang lembut bagi tangan, seperti olive oil, virgin coconut oil, atau berbagai moisturizing cream yang banyak beredar di pasaran. Jadi, untuk merawat kulit tangan, pijatlah setidaknya setiap malam sebelum tidur, untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah yang mengarahkan pada kesehatan yang lebih baik, dan membuat kulit tangan lebih lembut, awet muda, dan cantik bersinar.

Baca Juga: Jangan Tunda Lakukan 6 Cara ini Kalau Kulit Kamu Sudah Jamuran!

Itulah 5 Cara merawat kulit tangan yang sangat sederhana dan bisa kamu lakukan dirumah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.