7 Cara Sederhana Lindungi Anak dari Pedofilia!

0
publika.md

Seruni.id – Orangtua mana yang tidak khawatir dengan maraknya kasus pedofilia? Di mana kekerasa seksual semakin merajalela, seolah tidak lagi mengenal waktu. Pagi, siang, sore, dan malam, ada saja berita tentang kasus pelecehan ini. Lantas, bagaimana orangtua bisa mendapat cara sederhana lindungi anak dari pedofilia?

Related image
hellodoktor.com

Hati-hati dengan Media Sosial

Apa hubungannya cara sederhana lindungi anak dari pedofilia dengan berhati-hati di media sosial? Jangan salah, banyak dari mereka mengincar anak-anak via media sosial. Karena, mereka tahu jika di zaman sekarang, mereka bisa mendapatkan segala informasi tentang sosok yang ia incar. Maka, jangan sembarangan menyebar informasi di media sosial, apalagi segala hal yang berhubungan dengan anakmu, baik itu foto, kegiatan, atau lain sebagainya.

Ajarkan Anak untuk Tegas

Ajarkan anak untuk bersikap tegas terhadap orang asing yang ditemuinya saat tanpa pengawasan orangtua juga bisa menjadi cara sederhana lindungi anak dari pedofilia. Sampaikan jika seramah apa pun orang tersebut, jika tidak ada pendampingan dari orangtua, sebaiknya ajarkan anak untuk menjauh dari orang tersebut.

Jangan lupa untuk bawa anak saat acara kumpul keluarga, kenalkan anak pada keluarga satu per satu, jangan lupa untuk kenalkan anak dengan teman-teman dari orangtua. Agar meminimalisir para penjahat ini mengaku sebagai sosok yang mengenal kamu dan keluarga.

Beritahu Anak Tentang Anggota Tubuh

Sedini mungkin, ajarkan anak untuk mengenal anggota tubuh dan juga organ intimnya adalah cara sederhana lindungi anak dari pedofilia. Karena, dengan memberi informasi pada anak, bahwa ada beberapa anggota tubuh dan bagian organ yang intim, di mana sama sekali tidak boleh disentuh pun dilihat oleh orang asing.

Ajarkan anak untuk bertindak tegas pada orang lain yang menyentuh anggota tubuhnya, selain orangtua. Dan melakukan hal di luar batas wajar. Ajarkan juga anak untuk berteriak atau menghindari orang tersebut jika ada unsur pemaksaan.

Baca Juga: Moms, Waspada! Kekerasan Seksual pada Anak Semakin Mengerikan!

Bangun Kepercayaan

Meskipun kita mengkhawatirkan keselamatan anak, memberi kepercayaan pada anak juga hal yang penting. Rasa percaya yang dibangun, tentu akan membuat anak merasa percaya diri.

Selain itu, rasa percaya yang orangtua dan anak bangun, akan membangun keterbukaan antara anak dan orangtua. Jadi, biarkan anak bercerita mengenai hari-hari yang dilewati di sekolah pun yang dilaluinya tanpa pendampingan orangtua, di manapun ia berada.

Awasi Pergaulan Anak

Tidak ada salahnya untuk mengenal lebih banyak teman-teman yang menjadi lingkungan pergaulan anak, ini salah satu cara sederhana lindungi anak dari pedofilia. Kita harus tahu siapa saja gurunya di sekolah atau di tempat les. Namun, bukan berarti kita mengekang pergerakannya, ya.

Ajarkan Ilmu Agama

Mengajarkan ilmu agama juga merupakan cara sederhana lindungi anak dari pedofilia, karena dengan begini, anak akan menjadi dewasa secara psikologis, sehingga anak akan lebih mudah mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Mereka pun bisa menjaga dirinya sebaik yang mereka mampu.

Ajarkan Kesopanan

Ajarkan anak untuk selalu berlaku sopan di mana pun ia berada. Ingatkan juga agar anak tidak berganti pakaian di depan umum.

Related image
hurriyetdailynews.com

Semoga, anak-anak kita terhindar dari manusia-manusia jahat berkedok pedofilia. Aamiin.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.