DAMPAK TEGUR SAPA

0

Seruni.id – Tegur sapa adalah salah satu kebiasaan baik yang mulai pudar di kalangan  kita belakangan ini. Dengan adanya gadget yang memudahkan segala macam aktivitas kita, kadang membuat kita enggan lepas dari benda satu ini sehingga sampai lupa dengan keadaan sekitar kita , bahkan sampai malas menyapa orang di sebelah kita.

Nah, sebelum kita terbuai dengan teknologi ini dan akhirnya melupakan nilai dan tradisi masyarakat kita yang terkenal ramah dan senang bertegur sapa, ada baiknya kita simak cerita inspiratif tentang dampak dari tegur sapa berikut ini ,

Juan bekerja di sebuah pabrik pendistribusian daging.

Suatu hari, ia pergi ke ruangan pendingin daging untuk memeriksa sesuatu.
Sayang, nasib buruk menimpanya,
pintu ruangan itu menutup dan ia pun terkunci di dalamnya tanpa seorangpun yang melihatnya.

Karena ruangan pendingin daging itu kedap udara, maka orang-orang yang di luar tidak mungkin mendengar teriakan dari dalam ruangan itu.

Lima jam kemudian, saat Juan berada di ambang kematian karena kedinginan, penjaga keamanan pabrik membuka pintu dan menyelamatkan nyawanya.

Juan meminta penjaga keamanan itu menceritakan padanya bagaimana ia bisa membukakan pintu ruangan pendingin daging itu, karena  pekerjaan itu bukan bagian dari rutinitas pekerjaannya.

Penjaga keamanan itu menjelaskan begini: “Ratusan pekerja datang dan keluar setiap harinya, tapi Anda adalah salah satu dari sedikit yang selalu menyapa saya  di pagi hari danmengatakan selamat tinggal kepada saya setiap malam ketika meninggalkan tempat ini setelah jam kerja usai. Banyak yang memperlakukan saya seolah-olah saya tak terlihat. Hari ini seperti biasanya Anda menyapa saya saat masuk kerja tapi setelah jam kerja berakhir saya  belum mendengar Anda mengucapkan kata ‘selamat tinggal sampai ketemu besok’.

Oleh karena itu saya memutuskan untuk memeriksa di sekitar pabrik,
Saya masih berharap mendengar kata ‘Hai’ dan ‘Bye’ dari Anda setiap hari.

Karena tidak mendengar kata ‘selamat tinggal’ dari Anda, saya tahu bahwa sesuatu telah terjadi, lalu sayapun berusaha mencari dan akhirnya menemukan Anda!”.

A simple hello could lead to million things, right? Jadi jangan sekali-sekali menyepelekan tegur sapa ya, karena dampaknya begitu luar biasa bagi kehidupan kita.

Semoga bermanfaat.

 

*cerita diambil dari broadcast WA yang tidak disebutkan siapa penulis pertamanya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.