Doula Si Pendamping Ibu Hamil

0

Seruni.id – Hai para ibu hamil, butuh pendampingan? Selain suami, mungkin anda membutuhkan jasa Doula.

Daoula merupakan seorang professional terlatih yang memberikan dukungan baik fisik, emosional dan informasi berkesinambungan kepada seorang ibu, sebelum, selama serta pasca melahirkan untuk membantunya mencapai pengalaman palling sehat dan memuaskan.

Sumber. Google

Yang harus diketahui Doula bukanlah professional medis sehingga tidak melakukan tugas klinis seperti memberi saran atau mendiagnosa klien serta tidak membantu persalinan.

Peran Doula dalam proses persalinan justru untuk memberikan dukungan emosional, membantu ibu agar merasakan nyaman dengan menggunakan tindakan kenyamanan, pernapasan, relaksasi, gerakan, perubahan posisi serta memberikan informasi kepada ibu hamil dan ibu bersalin tentang kehamilan dan persalinan hingga membantu memberikan informasi berbagai pilihan kelahiran.

Keuntungan dari menggunakan Doula ini adalah untuk mengurangi komplikasi kelahiran dan mempercepat lahirnya bayi tanpa rasa sakit yang berlebihan. Berdasarkan peneliltian Hodnett ED pada jurnal NCBI di 2012 yang melibatkan 15.288 wanita hamil mampu melahirkan secara vaginal dan merasa puas selain itu, nilai APGAR (ukuran tingkat kesehatan bayi yang baru lahir) rendah di 5 menit kelahiran.

Jadi moms, untuk meningkatkan mental apakah anda akan membutuhkan jasa Doula?

-dari berbgai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.