Efek Menunda Tidur

0

Seruni.id Tidur merupakan salah satu hal yang dibutuhkan manusia untuk merecovery tubuh karena tidur menjadi proses penting yang mempengaruhi segala fungsi system di dalam tubuh.

Kurang tidur akibat begadang tidak bisa dilunasi dengan tidur secara marathon pada hari berikutnya meskipun menurut Dr. Lawrence J Epstein direktur medis sleep health centers ‘jika anda melewatkan 10 jam tidur selama seminggu tambahkan 3-4 jam tidur pada akhir pecan dan 1-2 jam ekstra permalam pada minggu berikutnya sampai utangnya lunas.

Waktu tidur yang ideal adalah selama 8 jam, namun kita harus tetap memperhatikan kualitas tidur. Jika anda merasakan segar setelah bangun tidur, bisa jadi anda memiliki kualitas tidur yang baik.

Efek dari kurang tidur dalam jangka pendek dapat menyebabkan pikiran berkabut, penglihatan memburuk, tidak focus, dan sulit mengingat. Hal ini disebabkan karena ketika kita tidur maka akan terjadi proses pembaharuan sel dan perbaikan otot serta memberikan waktu bagi otak mensintesis semua informasi sepanjang hari oleh karena itu ketika tidur berkurang maka akan timbul kelelahan yang menyebabkan hal tersebut.

Sedangkan dalam jangka panjang kurang tidur dapat menyebabkan diabetes (karena metabolisme tubuh berkurang dan menurun sehingga mengurangi kemampuan tubuh mencerna glukosa), penyakit jantung, stroke dan demensia.

Oleh sebab itu mulai sekarang jangan pernah menunda tidur karena akan mengacaukan fungsi normal tubuh.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.